Cara Bayar Shopee Lewat ATM BRI

TutorBisnis.com – Sudah tahu cara bayar Shopee lewat ATM BRI? Kalau belum tahu, simak ulasan lengkapnya di artikel ini. Shopee adalah salah satu aplikasi e-commerce yang menyediakan berbagai pilihan produk seperti fashion, elektronik, kesehatan, kecantikan, makanan dan minuman, dan lain-lain.

Layanan Shopee dapat dinikmati melalui aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone sehingga pencarian dan pembelian barang yang diinginkan menjadi lebih mudah.

Selain itu, pengguna Shopee juga mendapatkan kemudahan dalam proses pembayaran. Karena Shopee bekerjasama dengan berbagai bank, salah satunya adalah Bank BRI.

Kerjasama antara Shopee dengan Bank BRI menghasilkan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi pembayaran oleh pengguna Shopee yang juga merupakan nasabah BRI. Pembayaran Shopee bisa dilakukan melalui transfer dari ATM BRI.

Pastikan terlebih dahulu bahwa tersedia cukup saldo pada kartu ATM BRI minimal Rp. 50.000. Jika telah tersedia cukup saldo, pengguna Shopee membutuhkan kode pembayaran dari aplikasi Shopee yang digunakan saat melakukan pembayaran melalui ATM BRI.

Cara Memilih Metode Pembayaran

Pengguna Shopee yang ingin melakukan pembayaran melalui ATM BRI, harus memilih metode pembayaran Transfer Bank BRI terlebih dahulu. Tersedia 2 metode transfer, yaitu dicek secara otomatis dan manual.

Supaya lebih praktis, pilih metode dicek otomatis karena pengguna tidak perlu mengunggah bukti pembayaran. Berikut ini adalah cara untuk memilih metode pembayaran Shopee melalui ATM BRI:

  1. Lakukan Checkout di aplikasi Shopee terlebih dahulu untuk mendapatkan kode pembayaran melalui ATM BRI. Pilih barang yang ingin dibeli di aplikasi Shopee, lalu klik Beli Sekarang.
  2. Atur barang yang ingin dibeli, meliputi jumlah barang, warna, dan ukuran. Klik Beli Sekarang.
  3. Kemudian akan masuk ke laman Keranjang Saya. Klik Checkout.
  4. Atur alamat pengiriman, opsi pengiriman, dan pilih metode pembayaran.
  5. Pilih metode pembayaran Transfer Bank, lanjutkan dengan pilih Bank BRI (Dicek Otomatis), lalu klik Konfirmasi.
  6. Klik Buat Pesanan.
  7. Setelah selesai melakukan langkah tersebut, maka akan ditampilkan kode pembayaran BRIVA. Lakukan screenshoot untuk menyimpan kode tersebut.

Jika pengguna Shopee memilih metode dicek manual, maka setelah melakukan pembayaran harus mengunggah foto bukti transfer ke rekening Shopee pada aplikasi Shopee.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Kredivo di Shopee

Cara Bayar Shopee Lewat ATM BRI

Jika sudah melakukan langkah-langkah yang telah dijelaskan tadi dan telah mendapatkan kode pembayaran, maka selanjutnya bisa melakukan pembayaran di ATM BRI dengan cara sebagai berikut:

  1. Datang ke gerai ATM BRI terdekat dengan membawa kartu ATM BRI dan kode pembayaran yang tadi telah didapatkan.
  2. Masukkan kartu ATM di slot kartu dengan benar.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan PIN dengan benar supaya terhindar dari pemblokiran otomatis karena kesalahan memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Pilih menu Menu Lainnya.
  6. Lalu pilih Pembayaran/Pembelian.
  7. Lanjutkan dengan pilih Pembayaran/Pembelian Lain.
  8. Pilih menu BRIVA.
  9. Masukkan nomor BRIVA atau kode pembayaran yang sudah didapatkan di aplikasi Shopee, lalu klik Benar.
  10. Tunggulah beberapa saat lalu akan ditampilkan detail transaksi. periksa kembali, jika data tersebut sudah benar, pilih YA.
  11. Pilih Dari Rekening Tabungan.
  12. Setelah pembayaran berhasil, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti pembayaran tagihan Shopee telah berhasil.

BACA JUGA: Cara Top Up ShopeePay Lewat ATM

Biaya Transfer

Pembayaran Shopee melalui ATM BRI dikenakan biaya penananganan sebesar Rp. 1.000 per transaksi. Sehingga jika pengguna Shopee membeli barang seharga Rp. 50.000 maka yang dibayarkan adalah sebesar Rp. 51.000.

BACA JUGA: Cara Transfer ShopeePay ke Rekening Bank

Demikian penjelasan mengenai cara bayar Shopee lewat ATM BRI. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca TutorBisnis.com.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo