Syarat dan Cara Menjadi Agen Wahana

TutorBisnis.com – Wahana adalah salah satu perusahaan di bidang ekspedisi logistik yang dikenal dengan kecepatan proses pengiriman barang hingga ke alamat tujuan. Karena itu, banyak orang memilih Wahana untuk mengirimkan barang sehingga menjadi ekspedisi yang aman dan terpercaya.

Kemajuan dari perusahaan Wahana menyebabkan berkembangnya agen-agen Wahana yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Agen Wahana dapat didirikan oleh perorangan sehingga bisa menjadi sebuah peluang usaha bagi masyarakat.

Keuntungan Menjadi Agen Wahana

Keuntungan Menjadi Agen Wahana

1. Komisi

Menjadi agen Wahana memberi kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar ditambah lagi dengan adanya bonus komisi. Komisi tersebut diberikan apabila agen bisa melebihi target yang ditetapkan oleh pihak Wahana terkait penghasilan tiap bulan.

Berdasarkan informasi dari situs resmi www.wahana.com/agen-wahana, komisi yang diberikan kepada agen di area Jawa Tengah dan Jawa Timur sebesar 15% dari setiap pengiriman. Sedangkan di area Jabodetabek dan Bandung sebesar 25% dari setiap pengiriman.

Setiap area mendapatkan ketentuan komisi yang berbeda. Tetapi jelas bahwa komisi yang didapatkan cukup besar sehingga dapat menjadi suatu peluang bisnis yang menguntungkan.

2. Sistem Kerja Jelas

Saat menjadi agen Wahana tidak akan ada koordinasi yang bersifat tertutup, karena segala hal yang dilakukan agen akan dijelaskan secara detail dari kontinu maupun kantor pusat Wahana.

3. Memiliki Banyak Pelanggan

Wahana bekerjasama dengan marketplace, e-commerce, hingga berbagai toko online di Indonesia. Sehingga agen Wahana tidak perlu merasa khawatir karena para pengguna dan pembeli pada pihak yang sudah bekerjasama dengan Wahana yang akan menjadi pelanggannya.

4. Adanya Tim Profesional

Usaha yang maju tentu tidak lepas dari adanya tim profesional. Komitmen Wahana tidak hanya pada kinerja yang baik, tetapi juga pelayanan yang memuaskan bagi konsumennya. Contohnya yaitu adanya platform online yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan posisi paket yang sedang dikirimkan.

5. Jaringan Luas

Wahana sudah mendirikan distributor ke seluruh daerah Indonesia dan luar negeri. Sehingga membantu para agen dalam menyelesaikan proses pengiriman paket hingga tiba di alamat tujuan.

Persyaratan Menjadi Agen Wahana

Persyaratan Menjadi Agen Wahana

Jika telah mengetahui apa saja keuntungan dari menjadi agen Wahana, tentu banyak yang tertarik untuk bergabung menjadi agen Wahana. Berikut ini adalah berbagai persyaratan untuk cara menjadi agen Wahana.

1. Syarat Administrasi

  • Mengisi surat permohonan pembukaan agen Wahana yang ditujukan kepada PT. Wahana Prestasi Logistik.
  • Fotokopi KTP dan NPWP yang masih berlaku.
  • Membayar biaya administrasi pembukaan agen ke rekening PT. Wahana Prestasi Logistik.
  • Menandatangani MoU yang menjadikan kerjasama peragenan Wahana.

2. Syarat Lokasi

  • Menyiapkan lokasi yang menampung kendaraan roda 4 dengan lebar jalan minimal 4 meter.
  • Denah lokasi strategis dan mudah dicari oleh pelanggan.
  • Luas bangunan minimal 2 x 2 meter.

3. Syarat E-System

  • Memiliki 1 unit komputer atau laptop.
  • Memiliki 1 unit printer.menyediakan jaringan internet yang stabil.
  • Menyediakan 1 unit timbangan digital yang bisa menampung beban 100kg.
  • Memiliki smartphone Android untuk mengakses aplikasi Sahabat Wahana.

Modal Awal

Persyaratan untuk menjadi agen Wahana jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan menjadi agen JNE atau J&T Express. Tetapi untuk menjadi agen Wahana perlu membayar biaya administrasi sebesar Rp. 3.800.000 dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Wahana juga memberikan cash back berupa top up saldo awal dengan besaran yang berbeda di tiap area. Contohnya, di area Jawa Tengah dan Jawa Timur mendapatkan cash back Rp. 1.000.000, sedangkan di area Jakarta dan Bandung sebesar Rp. 500.000.

Selain itu masih diperlukan biaya tambahan lagi untuk membeli perlengkapan, seperti laptop atau komputer, printer, timbangan, neon box, dan lain-lain. Jika dijumlah totalnya dapat melebihi Rp. 10.000.000.

Cara Menjadi Agen Wahana

Cara Menjadi Agen Wahana

Pendaftaran agen Wahana cukup mudah untuk dilakukan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Datang ke kantor cabang Wahana terdekat atau melalui sales marketing.
  2. Bawalah persyaratan yang dibutuhkan.
  3. Isi formulir pengajuan menjadi agen Wahana.
  4. Berikan formulir yang sudah diisi kepada petugas Wahana lalu tunggu pengajuan agen diproses selama 1 – 3 hari.
  5. Setelah pengajuan diterima, bayar biaya administrasi dengan cara transfer ke rekening PT. Wahana Prestasi Logistik.
  6. Lakukan proses pembuatan ID agen Wahana.
  7. Melakukan training system di PT. Wahana Prestasi Logistik.
  8. Setelah itu agen dapat dibuka dan beroperasi untuk mendapatkan komisi lebih dari yang ditargetkan.

Pendaftaran juga bisa dilakukan secara online dengan cara mengisi formulir pengajuan agen Wahana melalui situs www.wahana.com/agen-wahana. Isilah semua formulir yang disediakan. Kemudian pihak Wahana akan menghubungi melalui telepon. Apabila pengajuan diterima, bayarlah biaya administrasinya dengan cara berikut ini.

Cara Pembayaran

Uang pendaftaran agen Wahana hanya dapat dibayarkan secara transfer ke rekening Wahana:

Bank BCA 6580630888

a.n. PT. Wahana Prestasi Logistik           

Jika masih memiliki beberapa pertanyaan terkait syarat dan cara untuk mendaftar menjadi agen Wahana, silahkan hubungi email [email protected] atau datang langsung ke kantor cabang Wahana terdekat.

Demikian penjelasan mengenai syarat dan cara menjadi agen Wahana. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang tertarik untuk bergabung menjadi salah satu agen Wahana.

Menjadi penulis di TutorBisnis. Mahasiswi Jurusan Ekonomi Pembangunan di salah satu Universitas di Indonesia. Keuntungan terbesar dari Program Studi Ekonomi Pembangunan adalah kamu dapat mempelajari beragam ilmu ekonomi yang bisa diimplementasikan di beragam sektor ekonomi di Indonesia ataupun di luar Indonesia. Saat ini sedang mengejar gelar Sarjana Ekonomi.
close
Shopee Promo