Cara Menghasilkan Uang Lewat Handphone Bagi Pemula

TutorBisnis.com – Hanya dengan bermodal handphone dapat menghasilkan uang mungkin terdengar seperti hal yang mustahil. Tetapi jangan memandang sebelah mata lebih dulu karena sekarang telah banyak cara menghasilkan uang dengan menggunakan handphone. Tentu juga dengan koneksi internet untuk melakukannya di handphone.

Pada artikel ini akan dijelaskan cara menghasilkan uang dengan menggunakan handphone bagi pemula. Apabila dapat menerapkan strategi yang tepat maka akan mudah meraup keuntungan. Sebab handphone kini merupakan bagian yang tidak terpisahkan bagi mayoritas penduduk Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan data dari WeAreSocial, pada Januari 2020 ada 175 juta pengguna internet di Indonesia dengan penetrasi internet hingga 64% dari masyarakat. Pengguna internet meningkat tajam dari tahun 2019 ke 2020 sebanyak 25 juta atau naik sekitar 17%.

Sehingga peluang pasar luar biasa besar, seiring bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia maka pasar online akan ikut bertumbuh. Adanya pandemi pada awal 2020 menunjukkan besarnya potensi pasar online. Sebagian besar orang terpaksa tinggal di rumah memberikan peluang yang makin besar saat menjual produk secara online.

Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari pasar online yang sangat besar? Hal baiknya adalah menghasilkan uang dari pasar online yang besar ternyata mudah dan tidak memerlukan modal besar. Cukup dengan memiliki handphone dan koneksi internet sudah dapat menghasilkan uang dengan mudah bagi pemula.

Berikut ini adalah cara untuk menghasilkan uang dari handphone yang bisa dicoba oleh siapa saja khususnya bagi para pemula dalam berbisnis secara online. Simak penjelasannya di bawah ini hingga selesai.

1. Admin Media Sosial

Di era serba digital sekarang ini hampir semua bisnis menerapkan strategi digital marketing. Salah satunya adalah menjalankan social media marketing yang sangat membutuhkan manajemen media sosial. Maka dari itulah tercipta lowongan pekerjaan pada bagian manajemen media sosial.

Syarat yang dibutuhkan yaitu memiliki beberapa skill seperti copywriting, membuat konten untuk caption, dan riset konten sesuai dengan kebutuhan bisnis. Tugas yang dilakukan antara lain:

  • Membuat konten untuk postingan di sosial media.
  • Membuat konten strategi.
  • Membalas komentar audiens.
  • Mengumpulkan data (list building).
  • Meningkatkan jumlah followers di sosial media.
  • Meningkatkan engagement.

Semuanya itu dapat dipelajari dan jika tertarik untuk melakukan cara ini maka pelajarilah mulai sekarang. Bermodalkan handphone saja bisa memperoleh penghasilan yang menjanjikan. Beberapa perusahaan besar berani menggaji posisi ini dengan nominal yang lumayan besar.

Maka asah terus skill dalam social media marketing dengan cara mempelajarinya melalui kursus online yang disediakan di berbagai platform seperti HubSpot Academy, Udemy Course, Masterclass, dan lain-lain.

2. Influencer

Saat ini beberapa orang mungkin bercita-cita menjadi influencer di media sosial. Pasalnya, penghasilan menjadi seorang influencer bisa sangat fantastis. Misalnya, influencer terkenal seperti Awkarin dalam sekali posting produk di Instagram storiesnya dapat meraup keuntungan sekitar 3 hingga 5 juta rupiah.

Tentu bermodalkan media sosial dan handphone, namun untuk sukses menjadi influencer membutuhkan proses yang tidak sebentar. Harus membangun personal branding yang baik, posting foto dan konten yang menarik banyak followers, dan aktif dalam bermedia sosial. Sehingga bisa mendapatkan lebih banyak followers.

Selain itu bisa dimulai dengan mereview produk yang digunakan. Jika kamu sering mereview produk kemungkinan beberapa pemilik bisnis melihat postingan tersebut akan tertarik untuk melakukan endorsement di sosial media kamu.

3. Game Online

Jika hobi bermain game online maka inilah saat hobi tersebut dapat menghasilkan uang. Hanya dengan bermain game online di handphone hingga level tertentu setelah itu akun yang digunakan bermain game tadi dijual ke orang lain. Salah satu game yang bisa dimainkan untuk dijual yaitu Mobile Legend.

Apalagi ada yang pernah melelang akun game tersebut hingga 12 juta rupiah. Umumnya spesifikasi level minimal 30 II server iOS, diamond 12.000 dan skin lebih dari 40.

Selain menjual akun game, juga bisa dengan menjadi joki atau bermain game untuk akun orang lain. Tugasnya adalah untuk menaikkan level dan skill akun tersebut. Jadi jika kamu sangat suka bermain game online, coba gunakan cara ini untuk mendapatkan uang dari handphone.

4. Berita Artikel

Dengan membaca berita atau artikel pun bisa menghasilkan uang. Modal yang dibutuhkan hanya handphone dan koneksi internet untuk mengunduh aplikasi tertentu. Aplikasi tersebut seperti Baca Plus, Kubik News, dan sejenisnya. Jalankan beberapa misi di aplikasi tersebut, seperti login dan membaca berita setiap hari.

5. Download Aplikasi Handphone

Ada banyak aplikasi di handphone Android yang bisa menghasilkan uang, contohnya yaitu aplikasi Whaff. Download aplikasi tersebut kemudian selesaikan misi yang tersedia. Beberapa misi yang harus dikerjakan yaitu mengunduh aplikasi, membaca artikel, bermain game, dan membagikan link kode referral.

Apabila telah berhasil menyelesaikan misi maka akan mendapatkan reward. Reward yang didapatkan berupa poin yang bisa ditukarkan dengan sejumlah uang atau gift. Selain Whaff juga ada beberapa aplikasi lainnya yang menghasilkan uang. Tetapi cek lebih dulu apakah aplikasi tersebut termasuk scam atau tidak.

6. Bisnis Online

Cara selanjutnya adalah dengan mendaftar di salah satu e-commerce untuk berjualan secara online. Jika tidak memiliki modal untuk membeli produk maka gunakan sistem dropship.

Selain memasarkan produk melalui e-commerce, juga bisa memasarkannya melalui Instagram Shop atau Facebook Marketplace. Tidak memerlukan modal yang banyak cukup dengan handphone dan kemampuan untuk melakukan social media marketing.

Menjual produk secara online seperti pakaian, makanan, atau produk lainnya yang sedang laris di pasaran. Supaya lebih detail maka lakukan beberapa riset atau pengamatan dari media internet seperti melalui Google, Trends, Instagram, dan media lainnya.

7. Jasa Titip

Ketika sedang bepergian ke daerah tertentu terutama ke luar negeri, bukalah jasa titip pembelian barang tertentu kepada teman-teman melalui media sosial. Contohnya ketika pergi ke Bali maka buka jasa titip produk di Bali seperti pakaian khas Bali, lulur Bali, dan produk khas Bali yang lainnya.

Ambil keuntungan dengan patokan harga tertentu, misalnya per produk dipatok dengan keuntungan 10 ribu hingga 20 ribu rupiah. Bisa juga dengan sistem persenan untuk meraup keuntungan yang lebih besar.

Namun untuk produk di luar negeri perlu memperhatikan kebijakan bea cukai. Karena umumnya bea cukai memberlakukan pajak untuk produk dari luar negeri yang dapat dicek melalui website resmi bea cukai.

8. Reseller

Banyak jenis produk yang dijual secara online menyediakan program reseller, seperti snack ringan, frozen food, pakaian, dan sebagainya. Pilihlah produk yang berkualitas dengan harga terbaik sehingga dapat dijual lagi dengan keuntungan yang lumayan.

Beberapa produk sudah memiliki image dan reputasi yang baik sehingga bergabung dengan reseller akan lebih mudah. Maka tak perlu lagi susah payah untuk branding produk dari nol. Cukup memasarkan kembali produk tersebut dan mendapatkan keuntungan dari menjadi reseller.

9. Dropshipper

Jika belum memiliki cukup modal untuk membeli produk maka bisa mencoba sistem dropship terlebih dahulu. Sistem dropship yaitu menjual produk dari supplier tanpa harus membelinya di awal. Bahkan produk tersebut dijual dengan mengatasnamakan bisnis yang kamu miliki. Kemudian pengiriman barang yang dipesan oleh customer akan dikirim langsung oleh supplier.

Meski keuntungannya tidak sebesar dengan memiliki produk sendiri namun hasilnya tetap menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk bisa sukses menjadi dropshipper:

  • Pilihlah produk yang ramai pembeli.
  • Carilah supplier dengan reputasi yang baik.
  • Bandingkan harga produk antar supplier.
  • Tentukan tempat berjualan seperti website, media sosial, marketplace, dan sebagainya.

Bisa juga bergabung dengan platform dropship yang memudahkan dalam memilih produk dropship. Selain itu juga dapat menjual produk dropship melalui e-commerce dan media sosial dari handphone kamu.

10. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah pemasaran online dengan sistem bayaran komisi apabila berhasil menjualkan suatu produk atau layanan. Setiap produk yang berhasil dijual dengan link referral akan mendapatkan komisi dari pemilik bisnis. Komisi yang diberikan beragam, mulai dari 10% hingga 80% dari harga produk.

Bergabung dalam program afiliasi sangat mudah, hanya dengan mendaftar di program afiliasi pilihan. Setelah itu akan mendapatkan banner referral yang dapat diposting di media sosial, blog atau website. Apabila ada yang membeli melalui link referral tersebut maka akan mendapatkan komisi.

Cara ini dapat dilakukan dari handphone. Jangan lupa untuk melakukan riset produk beserta program afiliasinya terlebih dahulu. Jangan hanya tergiur dengan komisi yang besar namun perhatikan juga bagaimana aturan setiap produk.

11. Kursus WhatsApp

Kursus online dan kuliah melalui WhatsApp sekarang ini digemari oleh banyak orang apalagi kondisi pandemi mengharuskan mengadakan kelas secara online daripada seminar atau workshop secara offline. Ambil kesempatan ini untuk membuat kelas yang dicari oleh banyak orang seperti parenting, skill pekerjaan, dan sebagainya.

Penyajian materi tidak harus dilakukan sendiri namun dengan cara mengundang pemateri yang kompeten dalam bidangnya. Media yang bisa dipakai bisa melalui WhatsApp.

Jika sudah mendapatkan pemateri maka selanjutnya adalah mempromosikan kelas tersebut. Supaya lebih mudah, daftarkan kelas online tersebut pada platform kursus online seperti Kursusku.id.

12. Akun Media Sosial

Cara lainnya adalah dengan memelihara beberapa akun media sosial, seperti Instagram. Cara optimasi akun tersebut dengan baik yaitu:

  • Buatlah konten yang menarik.
  • Follow beberapa akun public figure di Instagram.
  • Tingkatkan jumlah followers di akun Instagram yang dipelihara.

Setelah akun tersebut memiliki banyak followers maka jual akun tersebut. Beberapa pemilik bisnis biasanya mencari akun yang sudah memiliki banyak followers lalu pemilik bisnis tinggal mengganti username, profil, dan konten-konten sesuai kebutuhan bisnisnya.

Cara ini dapat dilakukan melalui handphone dan tinggal pandai-pandai dalam memanajemen semua akun media sosial tersebut.

13. Hasil Foto

Handphone di jaman sekarang sudah memiliki kualitas kamera yang tidak kalah keren dengan kamera digital bahkan beberapa handphone memiliki kamera dengan kualitas yang lebih baik lagi.

Jika memiliki hobi membuat foto suatu objek maka hasil foto tersebut dapat dijual dengan harga yang layak. Upload foto di situs seperti Shutterstock dan Twenty20. Ada juga platform lain seperti 500px. Promosikan hasil karya fotografi kamu melalui media sosial dengan menggunakan handphone.

14. Jasa Penerjemah

Jika memiliki kemampuan bahasa asing yang bagus maka daftarkan diri kamu pada platform translate dan transkrip film, misalnya TranscribeMe dan Rev. Selain itu bisa juga memasarkan jasa terjemahan di media sosial untuk menjangkau lebih banyak orang. Dibutuhkan skill menerjemahkan dan handphone untuk memasarkan jasa ini.

15. Panel Survey Online

Cara lain untuk menghasilkan uang dari handphone adalah dengan mengisi survey online. Cara ini sangat mudah karena yang dilakukan hanya menjawab pertanyaan atau survei yang diberikan lalu mendapatkan hasil komisi. Biasanya sistem komisi tersebut bisa berupa poin yang dapat ditukar dengan uang, voucher, atau pulsa.

Beberapa perusahaan sekarang ini sangat membutuhkan suvey online dari banyak orang. Biasanya mereka mendaftarkan surveynya pada platform survey online seperti SurveyOn, YouGov Indonesia, dan lain-lain. Semakin sering mengisi survey online maka lebih banyak komisi yang bisa didapatkan.

16. Buzzer

Dalam bahasa Inggris, buzzer artinya lonceng atau alarm. Di media sosial, buzzer adalah orang yang mempromosikan sesuatu, baik orang, produk, atau layanan untuk dipilih atau dipakai oleh banyak orang.

Menjadi buzzer tidak harus memiliki banyak followers seperti influencer. Beberapa produk, layanan, atau kandidat calon pejabat umumnya mencari buzzer untuk meramaikan promo mereka supaya viral.

Targetlah para tokoh atau produk tertentu ikut meramaikan promo. Maka jangan heran jika bayaran menjadi seorang buzzer tergolong lumayan untuk bekal harian kamu.

17. Kuis dan Giveaway

Dengan menggunakan handphone bisa berburu kuis dan giveaway yang menguntungkan. Ada banyak giveaway dengan hadiah yang sangat menarik, mulai dari produk tertentu, uang tunai, voucher belanja, alat elektronik, hingga kendaraan seperti motor atau mobil.

Jawablah pertanyaan secara aktif dan perbanyak peluang untuk mendapatkan hadiah. Tetapi hati-hati dengan penipuan dan teliti saat mengikuti kuis atau giveaway.

Jika beruntung maka hadiahnya bisa kamu dapatkan. Peluang untuk menang sebenarnya tidak bisa diprediksi. Tetappi semakin banyak dan sering mengikuti program kuis dan giveaway maka semakin besar peluang untuk mendapatkan hadiahnya.

18. Food Vlogger

Jika menggemari kuliner cobalah untuk menjadikannya sebuah konten di media sosial. Berikan review dari makanan yang baru kamu coba atau beberapa makanan yang sedang viral dan menarik untuk dinikmati oleh banyak orang.

Buatlah akun khusus review makanan atau tempat makan. Semakin sering memberikan review makanan maka berkemungkinan besar akan mendapatkan endorse dari beberapa produk makanan dan dibayar untuk mencicipi produk makanan yang mereka jual.

Lakukan review dan rekam lalu upload ke media sosial dengan menggunakan handphone. Seperti yang dilakukan oleh beberapa food vlogger yang eksis di media sosial seperti Farida Nurhan, Nanakoot, dan sebagainya.

19. Beauty Vlogger

Cara selanjutnya untuk menghasilkan uang dari handphone adalah membuat akun khusus review produk kecantikan di Instagram. Jika kamu suka menggunakan berbagai produk kecantikan maka bisa dijadikan konten di Instagram.

Membagikan review produk kecantikan akan sangat bermanfaat bagi beberapa orang yang ingin menggunakan produk tersebut. Apabila secara konsisten dalam membuat konten yang menarik maka kemungkinan bisa mendapatkan endorsement dari beberapa produk yang direview.

20. Podcast

Berdasarkan riset ada lebih dari 80% pengguna internet pasti mendengarkan podcast dan hampir 50 persennya mendengarkan melalui Spotify. Dulu podcast populer didengarkan melalui Apple Podcast. Sekarang, podcast populer didengarkan melalui Spotify dan Youtube.

Dengan bermodalkan handphone sudah bisa membuat sebuah podcast. Hal yang perlu dilakukan hanya merekam monolog atau obrolan bersama rekan kamu. Umumnya topik yang paling diminati adalah topik hiburan dan disusul dengan topik lifestyle.

Sumber penghasilan yang diperoleh dari Podcast pun beragam, bisa didapatkan dari endorse atau sponsor. Biasanya beberapa produk juga menggunakan podcast dalam strategi promosi mereka.

21. Freelancer

Tertarik untuk menawarkan jasa secara lepas waktu, seperti jasa input data, content writing, atau desain, maka freelance terbilang menarik untuk dicoba. Karena bisa bekerja secara fleksibel di mana saja. Agar lebih cepat mendapatkan proyek, bergabunglah dengan beberapa platform, seperti Upwork, Sribulancer, dan lain-lain.

Tentu terlebih dahulu harus mendaftarkan diri melalui handphone. Jangan lupa untuk menyertakan portofolio agar klien bisa melihat karya kamu sehingga lebih cepat mendapatkan proyek.

22. Barang Preloved

Jika memiliki barang yang tidak terpakai namun masih layak pakai, misalnya pakaian, sepatu, produk skincare, make up, atau buku bacaan, coba untuk dijual lagi sebagai barang preloved. Jual barang preloved tersebut melalui beberapa platform, seperti Carousel, OLX, Tokopedia, dan sebagainya.

Tentu harga barang tersebut akan lebih murah dari harga saat membelinya karena barang tersebut merupakan barang bekas. Namun setidaknya dari barang bekas tersebut bisa menghasilkan uang.

Cobalah untuk memasarkannya di akun sosial media juga, yaitu Instagram atau Facebook. Jika setelah beberapa hari belum ada yang menawar produk tersebut maka terapkan penurunan harga secara berkala.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang melalui handphone. Dari cara-cara yang cukup banyak tadi sebaiknya pilih yang paling sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Manfaatkan juga beberapa platform dan media sosial yang mendukung skill tersebut. Semoga sukses!

Sebagai penulis di TutorBisnis. Hobi nyemil, gambar, jalan-jalan, dengerin musik, sama baca novel (apapun). Mahasiswi dari salah satu Universitas Negeri di Indonesia dengan Jurusan Perbankan. Saat ini sedang seru-serunya mendalami Ekonomi Pasar Modal, Manajemen Keuangan Bank, Reksadana, Manajemen Risiko Perbankan dan Pasar Modal, Ekonomi Lembaga Keuangan, dll.
close
Shopee Promo