Syarat Home Credit

TutorBisnis.com – Ingin melakukan pengajuan ke Home Credit? Sudah tahu syarat Home Credit? Simak yuk hingga selesai di sini. Home Credit menyediakan layanan pembiayaan di toko dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membeli barang di toko tersebut hanya dengan uang muka dan tanpa kartu kredit.

Salah satu dari berbagai kemudahan yang diberikan dalam layanan Home Credit adalah tidak perlu mengumpulkan dokumen seperti slip gaji, rekening koran, melainkan hanya dengan KTP dan 1 dokumen lain.

Pembiayaan Home Credit bekerjasama dengan berbagai toko mitra yang dapat diketahui melalui website resmi HomeCredit. Untuk dapat menikmati layanan dari Home Credit, maka penuhi terlebih dahulu persyaratan yang ditetapkan oleh Home Credit.

Cara Pengajuan dan Syarat Home Credit

Syarat Home Credit

Syarat-syarat yang ditetapkan oleh Home Credit tergolong sangat mudah jika dibandingkan finance konvensional seperti BAF, Adira, dan lain-lain. Berikut ini adalah persyaratan bagi yang ingin mendapatkan layanan pembiayaan dari Home Credit:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Memiliki KTP yang masih berlaku.
  • Berusia minimal 21 tahun jika belum menikah.
  • Berusia minimal 19 tahun jika telah menikah.
  • Berpenghasilan tetap.
  • Domisili di area mitra Home Credit.

BACA JUGA: Cara Bayar Home Credit Via Mobile Banking Mandiri Online

Dokumen Persyaratan

Seluruh syarat Home Credit akan diproses secara online dan ditentukan untuk menerima atau tidak pada pengajuan yang dibuat. Selain syarat tadi, juga harus melengkapi 2 dokumen berikut ini:

  • KTP sebagai dokumen utama.
  • NPWP, SIM, BPJS, Kartu Keluarga, Paspor, slip pembayaran listrik, kartu debit/kredit (pilih salah satu).

Cara Pengajuan Home Credit

Perbedaan Home Credit dengan layanan finance lainnya adalah tidak dibutuhkan survei, melainkan dengan melihat BI Checking. Proses pengajuan Home Credit membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan cara sebagai berikut:

  1. Kunjungi toko yang menyediakan mitra Home Credit dan menjual barang yang ingin dibeli.
  2. Pilih barang yang diinginkan di toko tersebut.
  3. Selanjutnya sampaikan pada sales agent jika ingin membeli barang tersebut dengan menggunakan layanan Home Credit. Sales agent akan memberikan penjelasan mengenai uang muka dan jumlah cicilan tiap bulan. Bisa juga melihat ilustrasi cicilan melalui Simulasi Kredit Home Credit Indonesia.
  4. Apabila setuju dengan ilustrasi uang muka dan jumlah cicilan tiap bulan, sales agent akan melakukan proses pengajuan dengan mengisi data diri konsumen pada sistem aplikasi Home Credit.
  5. Barang yang dibeli bisa dibawa pulang setelah pengajuan disetujui oleh Home Credit. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk informasi disetujui atau tidaknya pengajuan tersebut.
  6. Setelah pengajuan disetujui, sales agent akan memberikan penjelasan perjanjian pembiayaan, informasi cicilan tiap bulan, dan cara membayar cicilan.
  7. Barang dapat dibawa setelah pembayaran uang muka dan biaya administrasi.

Pengajuan Home Credit sangat mudah dan cepat tanpa adanya survei. Jika riwayat BI Checking tidak ada masalah, maka besar kemungkinan pengajuan akan diterima. Jangka waktu kredit dapat dipilih sesuai kemampuan membayar cicilan dengan bunga yang jauh lebih murah dibandingkan layanan finansial konvensional.

BACA JUGA: Cara Bayar Home Credit Via BRI

Demikian penjelasan mengenai syarat Home Credit. Semoga informasi tadi dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang ingin menggunakan layanan kredit dari Home Credit.

Sebagai penulis di TutorBisnis. Hobi nyemil, gambar, jalan-jalan, dengerin musik, sama baca novel (apapun). Mahasiswi dari salah satu Universitas Negeri di Indonesia dengan Jurusan Perbankan. Saat ini sedang seru-serunya mendalami Ekonomi Pasar Modal, Manajemen Keuangan Bank, Reksadana, Manajemen Risiko Perbankan dan Pasar Modal, Ekonomi Lembaga Keuangan, dll.
close
Shopee Promo