Cara Membuat Rekening BRI Untuk Pelajar

TutorBisnis.com – Bagaimana cara membuat rekening BRI untuk pelajar? Bank BRI menyediakan 2 jenis tabungan untuk pelajar SD hingga SMA yang dapat dipilih dengan syarat yang sangat mudah. Tabungan pelajar bertujuan untuk melatih anak-anak Indonesia usia pelajar gemar menabung.

Banyak pelajar yang memanfaatkan layanan ini untuk menyimpan uangnya di BRI dengan fitur dan fasilitas menarik sesuai dengan kebutuhan. Nasabah tabunngan pelajar diberikan buku tabungan dan kartu ATM sehingga dapat melakukan berbagai transaksi. Selain itu juga memperoleh asuransi kecelakaan.

Jenis Rekening BRI Untuk Pelajar

Jenis Rekening BRI Pelajar

 

Ketahui dan pahami terlebih dahulu tentang jenis tabungan pelajar di BRI sebelum memilih dan membuat rekening tersebut. Ada 2 jenis tabungan BRI pelajar yang dapat dipilih, antara lain:

1. BRI Junio

BRI Junio adalah produk tabungan yang dikhususkan untuk anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Pembuatan rekening Junio bagi anak di bawah usia 12 tahun harus didampingi oleh orangtua atau wali yang sudah memiliki rekening BRI.

BRI Junio juga tersedia untuk nasabah berusia 12 – 17 tahun, tetapi setoran awalnya lebih besar, yaitu minimal Rp. 150.000. Bagi nasabah berusia di bawah 12 tahun, setoran awalnya sebesar Rp. 100.000.

Nasabah akan mendapatkan beragam fitur yang menarik, yaitu buku tabungan, kartu ATM, dan fasilitas e-banking (mobile banking, internet banking, SMS Banking, dan SMS Notifikasi).

Limit penarikan tunai yang didapatkan nasabah BRI Junio cukup banyak, yaitu Rp. 5.000.000, transfer ke sesama BRI Rp. 20.000.000, dan transfer ke bank lain Rp. 10.000.000.

2. SimPel (Simpanan Pelajar)

Tabungan SimPel dikhususkan bagi pelajar berusia di bawah 17 tahun yang berstatus sebagai pelajar PAUD, TK, SD, SMP, SMA, MI, MTS, dan MA. Pembuatan rekening SimPel tidak silakukan di kantor cabang BRI, melainkan di sekolah masing-masing yang bekerjasama dengan BRI.

Syarat pendaftarannya dibagi menjadi 2 berdasarkan usia calon nasabah. Bagi nasabah berusia di bawah 12 tahun, pendaftaran harus didampingi oleh orang tua atau wali. Jika berusia di atas 12 tahun, pendaftarannya bisa dilakukan dengan menyertakan kartu pelajar, akta kelahiran, KK, KTP orang tua, dan surat persetujuan orang tua.

Setoran awal rekening SimPel BRI sangat terjangkau, yaitu hanya sebesar Rp. 5.000 dan setoran selanjutnya sebesar Rp. 1.000. Rekening SimPel BRI gratis biaya administrasi bulanan, tetapi tidak mendapatkan kartu ATM. Sehingga, jika ingin mendapatkan kartu ATM, maka sebaiknya memilih tabungan BRI Junio.

BACA JUGA: Jenis Kartu ATM BRI

Persyaratan Membuat Rekening BRI Pelajar

Persyaratan Membuat Rekening BRI Pelajar

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk dapat membuat rekening BRI pelajar, antara lain:

1. BRI Junio Usia 0 – 12 Tahun

  • Orang tua calon nasabah harus memiliki rekening tabungan BRI BritAma/Simpedes.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening BRI Junio.
  • Melampirkan Kartu Keluarga atau Akta Kelahiran.
  • Menyerahkan setoran awal minimal sebesar Rp. 100.000.
  • Fotokopi NPWP (jika ada).
  • Dilakukan AFT dari rekening orang tua.

2. BRI Junio Usia 12 – 17 Tahun

  • Menyerahkan setoran awal minimal Rp. 150.000.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening BRI Junio.
  • Melampirkan Kartu Pelajar milik calon nasabah.
  • Melampirkan fotokopi KTP orang tua atau surat pernyataan setuju dari orang tua.

3. BRI SimPel

  • Menyerahkan setoran awal minimal Rp. 5.000.
  • Melampirkan fotokopi Akta Kelahiran nasabah.
  • Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga.
  • Melampirkan fotokopi KTP orang tua atau wali.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening BRI SimPel.
  • Mengisi formulir tambahan pembukaan rekening atau persetujuan orang tua atau wali.

Cara Membuat Rekening BRI Pelajar

Calon nasabah bisa membuka rekening di kantor cabang BRI terdekat dan bagi pendaftaran rekening SimPel dilakukan di sekolah dengan bantuan guru. Cara membuka rekening BRI untuk pelajar sangat mudah apalagi setoran awal dangat ringan. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Datanglah ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa persyaratan yang sudah disiapkan.
  2. Ambil nomor antrian yang menuju Customer Service.
  3. Tunggu hingga nomor antrian tersebut dipanggil.
  4. Setelah nomor antrian tersebut dipanggil, datangi petugas Customer Service dan sampaikan jika ingin membuka rekening BRI untuk pelajar.
  5. Petugas Customer Service akan menjelaskan seluruh jenis tabungan untuk pelajar beserta limitnya, setoran awal, setoran selanjutnya, hingga masing-masing keuntungannya.
  6. Calon nasabah menyerahkan persyaratan pendaftaran yang sudah dibawa kepadda petugas Customer Service untuk membuka rekening yang dipilih.
  7. Petugas Customer Service akan memproses pendaftaran rekening pelajar.
  8. Setelah pendaftaran selesai diproses, petugas akan meminta nasabah untuk membayar setoran awal pembukaan rekening.
  9. Kemudian petugas akan meminta nasabah memberikan tanda tangan di buku tabungan rekening pelajar.
  10. Nasabah akan diminta untuk membuat PIN ATM yang terdiri dari 6 digit angka.
  11. Petugas Customer Service akan menyerahkan buku rekening dan kartu ATM kepada nasabah.

BACA JUGA: Biaya Admin BRI

Demikian penjelasan cara membuat rekening BRI untuk pelajar (Junio dan SimPel) yang dikhususkan bagi nasabah berusia pelajar. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang tertarik untuk membuka rekening tabungan BRI untuk pelajar.

Artikel Terkait