Bunga Shopee PayLater

TutorBisnis.com – Shopee adalah sebuah aplikasi marketplace yang menyediakan layanan cicilan tanpa kartu kredit yang bernama Shopee PayLater. Layanan tersebut memudahkan penggunanya dalam membeli barang dan membayarnya dengan sistem cicilan. Selain itu juga dikenakan bunga cicilan.

Shopee PayLater memberikan pinjaman dalam bentuk limit kredit bagi pengguna Shopee yang telah memenuhi syarat dan kriteria yang ditetapkan oleh pihak Shopee. Tidak semua pengguna Shopee mendapatkan layanan tersebut.

Setiap akun akan ditinjau kelayakannya untuk mendapatkan pinjaman Shopee PayLater. Jika dinilai layak, maka Shopee PayLater dapat diaktifkan dan mendapatkan limit kredit untuk belanja di Shopee.

Terdapat 2 jenis layanan Shopee PayLater, yaitu cicilan 1x atau Beli Sekarang Bayar Nanti dan program cicilan 2x, 3x, 6x, dan 12x. PT. Lentera Dana Nusantara dan PT. Commerce Finance adalah perusahaan pembiayaan yang bekerjasama dengan Shopee untuk menghadirkan program tersebut dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga terjamin aman.

Syarat dan Ketentuan Shopee PayLater

Syarat dan Ketentuan Shopee PayLater

Terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pengguna Shopee untuk mendapatkan layanan Shopee PayLater. Berikut ini adalah syarat dan ketentuan untuk mengaktifkan Shopee PayLater:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Calon pendaftar Shopee PayLater berusia minimal 17 tahun.
  • Memiliki KTP.
  • Calon pengguna Shopee PayLater wajib bertanggungjawab atas dana yang dipinjam dan memiliki batas pengembalian sebulan ke depan.
  • Mengisi formulir pendaftaran Shopee PayLater melalui situs resmi.
  • Telah melakukan aktivasi dan verifikasi ShopeePay.
  • Akun Shopee telah aktif selama 3 bulan.
  • Sering berbelanja di aplikasi Shopee.
  • Menggunakan aplikasi Shopee versi terbaru.
  • Pengguna bisa melakukan checkout sebanyak mungkin sesuai limit pinjaman yang diberikan.
  • Tidak bisa mengubah metode pembayaran dan membatalkan pesanan selama proses pengajuan penambahan limit.
  • Pengguna tidak bisa menggunakan Shopee PayLater untuk membeli produk digital.
  • Pengguna tidak bisa menggunakan Shopee PayLater untuk membeli produk dengan kategori Voucher.
  • Pemilik toko online di marketplace Shopee wajib memiliki rekening pribadi.

Jika sudah memenuhi seluruh syarat tadi, nantinya secara otomatis akan muncul menu untuk mengaktifkan Shopee PayLater.

BACA JUGA: Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan

Limit Shopee PayLater

Limit Shopee PayLater

Pengguna yang telah mengaktifkan Shopee PayLater akan mendapatkan limit kredit yang besarnya berbeda-beda. Pengguna baru Shopee PayLater  biasanya mendapatkan limit di bawah Rp. 1.000.000.

Limit secara otomatis bertambah jika pengguna sering bertransaksi menggunakan Shopee PayLater dan tidak terlambat saat membayar tagihan. Limit maksimal Shopee PayLater mencapai Rp. 6.000.000.

Limit tersebut terpotong sesuai jumlah harga barang yang dibelanjakan. Jika sudah membayar cicilan, limit aka kembali seperti semula. Pengguna Shopee PayLater dikenakan bunga dan biaya penanganan sebesar 1%.

Bunga Shopee PayLater

Pengguna Shopee PayLater dikenakan bunga paling kecil 2,95% per bulan yang berlaku pada metode cicilan 2, 3, 6, dan 12 bulan. Ada juga metode pembayaran Beli Sekarang Bayar Nanti yang pembayarannya dilakukan di bulan berikutnya.

Bunga Shopee PayLater dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dari Shopee. Juga berlaku biaya penanganan sebesar 1% per transaksi yang membuat harga barang yang dibeli dengan menggunakan Shopee PayLater menjadi lebih mahal dibandingkan membeli secara cash. Gunakan kartu kredit jika tidak ingin mendapatkan bunga Shopee PayLater.

Tanggal Jatuh Tempo

Pengguna Shopee PayLaterwajib membayar cicilan tepat waktu karena jika terlambat membayar akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 5% dari total tagihan.

Rincian tagihan akan diberikan pada tanggal 25 dan harus dibayar sebelum jatuh tempo di tanggal 5 setiap bulannya. Bagi pengguna yang mendapatkan rincian tagihan pada tanggal 1 hars membayar paling lambat di tanggal 11 setiap bulannya.

BACA JUGA: Cara Cicilan di Shopee

Cara Membayar Tagihan

Supaya pengguna Shopee PayLater tidak mendapatka denda, maka bayar tagihan Shopee PayLater secara tepat waktu. Berikut ini cara untuk membayar tagihan Shopee PayLater:

  1. Masuk ke akun Shopee.
  2. Klik profil di akun tersebut.
  3. Pilih menu Shopee PayLater, kemudian akan ditampilkan jumlah tagihan yang harus dibayarkan.
  4. Pilih Bayar Sekarang lalu pilih metode pembayaran, antara lain ATM, I-Banking, M-Banking, atau lewat Indomaret atau Alfamart.

Jika mengalami masalah ketika mengaktifkan Shopee PayLater atau memiliki pertanyaan seputar bunga Shopee PayLater, hubungi Call Center Shopee di nomor 1500702 atau di alamat help.shopee.co.id/s/article/shopeepaylater.

Demikian penjelasan mengenai bunga Shopee PayLater. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya penguna Shopee yang ingin menikmati layanan cicilan Shopee PayLater.

Content writer TutorBisnis.com. Lulusan mahasiswi Ilmu Ekonomi di salah satu Universitas di Indonesia.
close
Shopee Promo