Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

TutorBisnis.com – Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyediakan berbagai jenis pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah atau tanah. Kupedes adalah alah satu jenis pinjaman mikro bagi UMKM yang membutuhkan pinjaman uang dengan syarat mudah dan buna yang bersaing.

Semua nasabah BRI, perorangan ataupun badan usaha, bisa mendapatkan pinjaman dari Kupedes dengan plafon yang cukup besar dan jangka waktu atau tenor yang cukup panjang.

Syarat Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

pinjaman uang jaminan sertifikat tanah di bank bri

Pada pengajuan pinjaman Kupedes terdapat 2 persyaratan yang harus dipenuhi oleh nasabah. Berikut ini adalah persyaratan untuk melakukan pengajuan pinjaman Kupedes BRI:

Ketentuan

  • Warga Negara Indonesia yang sedang tidak menanggung kredit di lembaga keuangan lainnya.
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 64 tahun saat jangka waktu berakhir.
  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal selama 1 tahun.

Persyaratan

  • KTP yang masih berlaku.
  • Kartu Keluarga.
  • Rekening koran atau fotokopi buku tabungan.
  • Fotokopi surat nikah jika sudah menikah.
  • Pas foto berukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
  • Surat Keterangan Usaha dari pemerintah desa/lurah/pasar.
  • Jaminan berupa sertifiat rumah atas nama calon debitur. Tetapi jika jaminan yang digunakan bukan milik pribadi, maka wajib menyertakan surat persetujuan dari pemilik sertifikat rumah tersebut.

BACA JUGA: Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Cara Mengajukan Pinjaman Kupedes BRI

Setelah semua persyaratan tadi telah disiapkan, maka nasabah bisa melakukan proses pengajuan pinjaman Kupedes di kantor cabang BRI terdekat dengan cara sebagai berikut:

  1. Datang ke kantor cabng BRI terdekat dengan membawa persyaratan yang telah disebutkan tadi.
  2. Ambil nomor antrian yang menuju ke Customer Service.
  3. Tunggu hingga nomor antrian tersebut dipanggil. Setelah dipanggil, datangi petugas Customer Service dan sampaikan maksud untuk melakukan pengajuan pinjaman Kupedes BRI.
  4. Petugas Customer Service akan membantu melakukan proses pengajuan pinjaman Kupedes BRI.
  5. Isi formulir permohonan pinjaman Kupedes BRI secara benar dan lengkap.
  6. Setelah diisi, berikan kembali formulir tersebut beserta persyaratan yang telah dibawa kepada petugas Customer Service untuk melanjutkan proses pengajuan pinjaman Kupedes BRI.
  7. Tungu pengajuan pinjaman Kupedes BRI diproses oleh pihak Bank BRI paling lambat hingga 1 minggu.
  8. Setelah itu pihak bank akan menghubungi calon debitur untuk memberitahukan jika pengajuan pinjaman Kupedes diterima atau ditolak. Jika diterima, segera lakukan proses persetujuan dan penandatanganan berkas pinjaman di kantor cabang BRI.
  9. Setelah melakukan tandatangan, maka tinggal menunggu dana pinjaman Kupedes BRI masuk ke rekening tabungan BRI yang telah didaftarkan. Proses pencairan pinjaman dana Kupedes membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Pengecekan pencairan dana Kupedes BRI dapat dilakukan melalui gerai ATM BRI, internet banking, atau mobile banking.

Tips Pengajuan Pinjaman Kupedes Disetujui

Supaya pengajuan pinjaman Kupedes BRI dapat disetujui oleh pihak BRI, selain memenuhi persyaratan dan melakukan cara tadi, lakukan juga beberapa tips berikut ini:

  • Rumah yang menjadi jaminan berada di lokasi yang strategis, yaitu memiliki akses transportasi yang bisa dilewati oleh kendaraan roda 4, tidak dengan posisi tusuk sate atau tidak berada di pertigaan. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah proses survei lokasi dan taksiran harga untuk jumlah pinjaman dana.
  • Rumah atau tanah yang dijadikan sebagai jaminan tidak terlibat dalam sengketa internal maupun eksternal.
  • Rumah tersebut dalam kondisi terawat dan layak huni.
  • Jaminan berupa sertifiat rumah atas nama calon debitur. Tetapi jika jaminan yang digunakan bukan milik pribadi, maka wajib menyertakan surat persetujuan dari pemilik sertifikat rumah tersebut.

BACA JUGA: Cara Membuat Rekening BRI Online

Tabel Angsuran Kupedes BRI

Berikut ini adalah tabel angsuran yang berlaku pada Kupedes BRI.

Tabel Angsuran Pinjaman Kupedas

Pilihlah jumlah pinjaman dan angsuran sesuai kebutuhan serta kemampuan untuk membayar cicilan setiap bulan, sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam membayar cicilan hingga tenor selesai. Jika masih memiliki pertanyaan mengenai Kupedes BRI, hubungi Call Center BRI di nomor 14017 / 1500017 atau datang ke kantor cabang BRI.

BACA JUGA: Saldo Rekening BRI Berkurang Sendiri

Demikian penjelasan mengenai pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah. Semoga informasi tadi dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang ingin mendapatkan tambahan dana dari Bank BRI.

Artikel Terkait