Cara Daftar Mobile Banking BCA

TutorBisnis.com – Bagaimana cara daftar mobile banking BCA melalui Hp? Bank BCA menyediakan berbagai fasilitas perbankan yang modern dan canggih, salah satunya adalah layanan mobile banking.

Nasabah BCA berhak menikmati layanan mobile banking untuk digunakan bertransaksi finansial dan non finansial, seperti transfer dan pengecekan saldo atau mutasi rekening. Untuk dapat menggunakan layanan mobile banking, nasabah harus melakukan pendaftaran dan aktivasi mobile banking BCA.

Cara daftar mobile banking BCA sangat mudah. Apalagi jika nasabah membuka rekening BCA secara online akan langsung mendapatkan fasilitas internet banking dan mobile banking.

Cara Daftar Mobile Banking BCA di ATM

Mobile banking atau m-banking BCA dapat digunakan bertransaksi jika nasabah telah melakukan pendaftaran mobile banking di ATM BCA. Hal yang harus diketahui nasabah BCA adalah smartphone yang dimiliki oleh nasabah mendukung aplikasi mobile banking yaitu BCA Mobile.

Aplikasi BCA Mobile ditujukan bagi nasabah BCA untuk dapat melakukan transaksi melalui smartphone. Aplikasi tersebut bisa diunduh di PlayStore atau AppStore. Selain itu, nasabah harus memiliki nomor handphone yang aktif karena nomor tersebut digunakan untuk aktivasi mobile banking. Ikuti langkah berikut ini untuk mendaftar mobile banking BCA:

  1. Datang ke gerai ATM BCA terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu yang tersedia dengan posisi yang benar. Lalu masukkan 6 digit PIN dengan benar.
  3. Pilih menu Daftar E-Banking.
  4. Lalu pilih Mobile Banking.
  5. Selanjutnya akan ditampilkan ketentuan registrasi mobile banking BCA. Pilih YA.
  6. Masukkan nomor Hp yang aktif untuk didaftarkan di layanan mobile banking BCA.
  7. Pilih YA.
  8. Buat 6 digit PIN mobile banking BCA.
  9. Masukkan sekali lagi PIN tersebut untuk proses konfirmasi.
  10. Tunggu beberapa saat hingga mesin ATM mengeluarkan struk bukti pendaftaran mobile banking BCA.

BACA JUGA: Cara Bayar Tagihan Indihome Lewat ATM BCA

Cara Aktivasi Mobile Banking BCA Lewat Hp

Cara Aktivasi Mobile Banking BCA Lewat Hp

Setelah pendaftaran mobile banking BCA berhasil, berikutnya nasabah tinggal melakukan aktivasi melalui aplikasi BCA Mobile. Berikut ini adalah cara aktivasi mobile banking BCA melalui Hp:

  1. Unduh aplikasi BCA Mobile di PlayStore atau AppStore.
  2. Setelah terpasang di smartphone, buka aplikasi tersebut lalu pilih menu m-BCA.
  3. Kemudian akan ditampilkan Syarat dan Ketentuan m-BCA. Klik Accept.
  4. Masukkan 16 digit nomor yang tertera di kartu ATM BCA lalu klik OK.
  5. Setelah itu secara otomatis akan menerima SMS notifikasi di nomor handphone yang didaftarkan tadi. Kirim SMS tersebut untuk melanjutkan aktivasi mobile banking, lalu kembali ke aplikasi BCA Mobile.
  6. Aplikasi BCA Mobile akan melakukan verifikasi secara otomatis pada SMS yang dikirim. Buat kode akses m-BCA berupa 6 karakter kombinasi huruf dan angka. Klik OK.
  7. Selanjutnya akan ditampilkan informasi jika Syarat dan Ketentuan m-BCA telah disetujui dengan nomor handphone sebagai ID beserta nomor kartu ATM BCA. Periksa kembali, jika sudah benar, klik Send.
  8. Masukkan PIN m-BCA yang telah dibuat.
  9. Berikutnya akan muncul pop up yang berisi notifikasi bahwa aktivasi m-BCA sudah berhasil. Klik OK supaya layanan m-BCA bisa langsung digunakan.
  10. Secara otomatis akan masuk ke menu utama m-BCA dan transaksi sudah bisa dilakukan di aplikasi BCA Mobile.

BACA JUGA: Cara Cetak Rekening Koran BCA Melalui Internet Banking

Cara Aktivasi Finansial Mobile Banking BCA

Nasabah yang telah melakukan cara tadi dapat menggunakan aplikasi BCA Mobile hanya untuk transaksi non finansial seperti cek saldo dan mutasi rekening. Supaya aplikasi BCA Mobile dapat digunakan untuk transaksi finansial, nasabah harus melakukan aktivasi di kantor cabang atau melalui Halo BCA dengan cara sebagai berikut:

  1. Hubungi Halo BCA di nomor 1500888 untuk mengajukan permohonan aktivasi transaksi finansial mobile banking BCA.
  2. Kirim dokumen persyaratan pengajuan aktivasi transaksi finansial berupa foto KTP, foto selfie sambil memegang KTP, dan permohonan pengajuan aktivasi yang telah ditandatangani ke email [email protected]. Pastikan ukuran file yang dikirim tidak melebihi 5 MB.
  3. Kemudian petugas Halo BCA akan melakukan peninjauan data tersebut. Jika memenuhi kriteria, maka aktivasi transaksi finansial mobile banking BCA dapat dilakukan.

Bagi nasabah yang tidak memiliki cukup waktu luang untuk datang ke kantor cabang BCA saat jam kerja, dapat menghubungi Halo BCA untuk proses aktivasi finansial mobile banking BCA. Setelah aktivasi finansial berhasil, maka nasabah dapat melakukan transfer, membayar tagihan, dan membeli pulsa di aplikasi BCA Mobile.

BACA JUGA: Cara Cek Saldo Flazz BCA

Demikian penjelasan mengenai cara daftar mobile banking BCA melalui handphone. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan, dan investasi.

Photo of author

Kripa Rani

Content writer di Tutor Bisnis. Suka travelling, dengerin musik, dan teh. Masih kuliah dengan Jurusan Akuntansi.