Syarat Buka Rekening BSI

TutorBisnis.com – Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah bank syariah yang didirikan pada tanggal 1 Februari 2021 yang merupakan hasil kerjasama dari beberapa bank syariah, yaitu BNI Syariah, Bank Mandiri Syariah, dan BRI Syariah.

Bank BSI menyediakan beberapa jenis produk tabungan yang dapat dipilih oleh nasabah sesuai kebutuhan. Tabungan di Bank BSI menggunakan akad Wadiah dan Mudharabah.

Akad Wadiah artinya nasabah sebagai penitip dana yang memberikan amanah sepenuhnya pda pihak bank untuk memanfaatkan dana tersebut. Sedangkan akad Mudharabah artinya nasabah menitipkan dana dan juga mengijinkan pihak bank untuk mengelola dana tersebut demi tercapainya sebuah keuntungan.

Nasabah yang membuka rekening tabungan BSI akan diberikan fasilitas berupa buku tabungan dan kartu ATM yang berfungsi untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi. Pembukaan rekening BSI dapat dilakukan secara online.

Jenis Tabungan BSI

Jenis Tabungan BSI

Bagi yang tertarik untuk memiliki rekening dan menabung di Bank BSI, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis tabungan yang tersedia dan dapat dipilih di Bank BSI.

1. Easy Wadiah dan Mudharabah

Jenis tabungan ini merupakan jenis tabungan BSI yang paling unggul. Karena jenis tabungan ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu tidak ada biaya administrasi, bisa melakukan penarikan tunai di semua gerai ATM Mandiri, dan tidak dikenakan biaya penarikan tunai di gerai ATM Mandiri dan Prima.

Selain itu, nasabah BSI dapat menggunakan kartu ATM dari jenis tabungan ini di seluruh gerai ATM BSI, Mandiri, Bersama, Prima, Link, dan juga gerai ATM berlogo Visa.

2. TabunganKu

Jenis tabungan ini memiliki syarat dan cara pembukaan rekening yang mudah. Karena jenis tabungan ini memiliki tujuan meningkatkan budaya menabung masyarakat Indonesia.

Nasabah yang membuka rekening TabunganKu BSI akan diberikan fasilitas berupa buku tabungan, kartu ATM, dan layanan e-banking meliputi SMS Banking, internet banking, dan mobile banking.

3. BSI Giro

Jenis tabungan ini ditujukan bagi perorangan ataupun badan usaha dengan mata uang Rupiah. Keuntungan dari jenis tabungan ini berupa perjanjian bonus sebesar 3% dari total pengelolaan dana. Nasabah dapat melakukan penarikan tunai kapan saja asalkan saat jam kerja. Proses penarikan tunai juga harus menggunakan bilyet giro, cek atau kartu kredit.

4. Tabungan Pensiun

Jenis tabungan ini ditujukan bagi nasabah perorangan yang ingin mempersiapkan masa tuanya. Dana nasabah akan diserahkan ke lembaga pengelolaan dana pensiun  yang bekerjasama dengan BSI.

5. Tabungan Mabrur

Jenis tabungan ini ditujukan bagi nasabah yang ingin mempersiapkan keberangkatan ibadah haji atau umrah. Proses keberangkatan tersebut akan dibantu oleh Bank BSI sehingga mendapatkan porsi keberangkatan.

Syarat Buka Rekening BSI

Jika tertarik untuk membuka rekening tabungan yang tersedia di Bank BSI, maka calon nasabah wajib menyiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan dalam pembukaan rekening tabungan BSI, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Kartu identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor.
  • Memasang aplikasi BSI Mobile di smartphone untuk melakukan pendaftaran rekening tabungan BSI.
  • Smartphone yang digunakan terhubung dengan jaringan internet saat proses pembukaan rekening tabungan BRI.
  • NPWP jika ada.
  • Melakukan pembayaran setoran awal dengan jumlah yang ditentukan berdasarkan jenis tabungan yang dipilih.

Cara Membuka Rekening Secara Online

Apabila semua persyaratan tadi sudah disiapkan, maka calon nasabah dapat melakukan proses pembukaan rekening tabungan BSI secara online melalui aplikasi BSI Mobile dengan cara sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi BSI Mobile melalui PlayStore atau AppStore pada smartphone yang terhubung dengan jaringan internet yang stabil.
  2. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut dan pilih menu Buka Rekening.
  3. Pilih jenis tabungan yang diinginkan, Easy Wadiah atau Easy Mudharabah.
  4. Pilih jenis kartu ATM GPN Silver.
  5. Isi data kontak yang dibutuhkan, yaitu email dan nomor handdphone yangaktif. Lalu klik Selanjutnya.
  6. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone berupa SMS ke aplikasi BSI Mobile dengan benar.
  7. Isi data diri yang dibutuhkan pada kolom yang disediakan secara benar dan lengkap.
  8. Buat tanda tangan di atas kertas putih lalu ambil foto dan unggah foto tanda tangan tersebut.
  9. Isi data keuangan dan pekerjaan secara benar dan lengkap.
  10. Isi data terkait rekening, meliputi tujuan pembukaan rekening BSI, sumber dana, penghasilan, dan kantor cabang BSI terdekat.
  11. Lakukan konfirmasi rekening dengan memberikan tanda centang pada Syarat dan Ketentuan. Lanjutkan dengan klik Selanjutnya.
  12. Lakukan verifikasi rekening melalui video call dengan petugas Customer Service
  13. Pihak BSI akan memeriksa seluruh data yang diberikan oleh calon nasabah. Jika data tersebut sudah benar, maka akan muncul kode aktivasi melalui pesan masuk email.
  14. Pembukaan rekening tabungan BSI secara online sudah berhasil. Lakukan pengambilan buku tabungan, kartu ATM, dan melakukan penyetoran awal di kantor cabang BSI yang telah dipilih saat proses pembukaan rekening di BSI Mobile.

Biaya Tabungan BSI

Biaya Tabungan Bank BSI

Setelah pembukaan rekening tabungan BSI berhasil, maka nasabah wajib melakukan pembayaran setoran awal. Jumlah setoran awal berdasarkan jenis tabungan yang dipilih oleh nasabah.

Bank BSI menyediakan 2 jenis rekening tabungan, yaitu Easy Wadiah dan Easy Mudharabah. Biaya setoran untuk kedua jenis rekening tabungan tersebut sama, yaitu sebesar Rp. 100.000.

Demikian penjelasan mengenai syarat buka rekening BSI. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang tertarik untuk menabung di Bank Syariah Indonesia.

Baca juga:

Artikel Terkait

Cara Ganti PIN ATM BNI

Kripa Rani Dewi Dasi

Nanda Narayani

close
Shopee Promo