Daftar Manajer Investasi Reksadana

TutorBisnis.com – Tertarik untuk memulai reksadana namun masih bingung dalam memilih yang terbaik? Pertanyaan itu akan dijawab pada artikel ini dengan membahas Manajer Investasi reksadana yang layak beli dan terpercaya.

Banyaknya kasus investasi bodong menngakibatkan banyak orang ketakutan untuk berinvestasi. Namun investasi wajib dilakukan untuk mewujudkan tujuan keuangan. Sebab tanpa investasi cita-cita keuangan akan hancur.

Reksadana merupakan suatu instrumen investasi yang paling sesuai bagi orang awam dengan dana yang terbatas. Sebab instrumen ini mudah dan murah. Karena banyak yang ingin mencoba namun bingung memilih reksadana terbaik, maka solusinya adalah lihat Manajer Investasi mana yang mengelola reksadana tersebut.

Manajer Investasi Terbaik di Indonesia

Berikut ini beberapa Manajer Investasi terpercaya yang tentunya memiliki track record yang baik dan selalu mendapatkan award dari berbagai lembaga sebagai reksadana terbaik di Indonesia.

1. Schroders

Manajer Investasi Schroders

Schroders adalah Manajer Investasi yang mengelola dana terbesar di Indonesia dengan total dana mencapai Rp. 88 Triliun. Hingga kini kinerjanya pun tidak mengecewakan. Beberapa produk dari Schroders yang sering mendapatkan penghargaan yaitu:

  • Schroders Dana Prestasi Plus. Reksadana Saham sejak tahun 2000 dengan total dana yang dikelola sebesar Rp. 16 Triliun dan total keuntungan hingga 24% per tahun sejak diluncurkan.
  • Schroders Dana Prestasi. Reksadana Saham sejak tahun 1997 dengan total dana yang dikelola sebesar Rp. 4 Triliun dan total keuntungan hingga 20% per tahun sejak diluncurkan.
  • Schroders Dana Mantap Plus II. Reksadana Campuran sejak tahun 1997 dengan total dana yang dikelola sebesar Rp. 4 Triliun dan total keuntungan hingga 20% per tahun sejak diluncurkan.

2. BNP Paribas

BNP Paribas merupakan Manajer Investasi dari Prancis yang masuk di 5 besar dalam hal dana yang dikelola di Indonesia, yaitu total dana sebesar Rp. 32 Triliun. Banyak reksadana di BNP Paribas yang menerima award. Produk yang ditawarkan cukup spesifik dengan target investasi ke sektor tertentu.

Contohnya infrastruktur, sehingga tepat bagi yang ingin berinvestasi dengan tingkat keuntungan yang lebih tinggi serta siap menerima resiko yang lebih besar. Beberapa yang bisa dicoba:

  • BNP Paribas Ekuitas. Reksadana Saham sejak tahun 2001 dengan total dana yang dikelola sebesar Rp. 2 Triliun dan total keuntungan hingga 19,59% per tahun sejak diluncurkan.
  • BNP Paribas Infrastruktur. Reksadana Saham Infrastruktur sejak tahun 2007 dengan total dana yang dikelola sebesar Rp. 3 Triliun dan total keuntungan hingga 11,47% per tahun sejak diluncurkan.
  • BNP Paribas Ekuitra. Reksadana Pendapatan Tetap sejak tahun 2005 dengan total dana yang dikelola sebesar Rp. 72 Miliar dan total keuntungan hingga 11,68% per tahun sejak diluncurkan.

BACA JUGA: Keuntungan dan Kerugian Reksadana

3. Manulife

Manulife

Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) merupakan bagian dari perusahaan asuransi Manulife yang berasal dari Canada. MAMI mengelola sejumlah reksadana dengan total dana yang dikelola sebesar Rp. 32 Triliun di Indonesia.

Hingga kini kinerjanya cukup konsisten dan juga memiliki reksadana syariah yang kinerjanya juga baik. Investasi bisa dilakukan secara online di website www.klikmami.com dengan minimal investasi mulai dari Rp. 100.000. beberapa reksadana unggulan dari Manulife antara lain:

  • Manulife Dana Saham. Reksadana Saham sejak tahun 2003 dengan total dana yang dikelola sebesar Rp. 890 Miliar dan total keuntungan hingga 19,49% per tahun sejak diluncurkan.
  • Manulife Syariah Sektoral Amanah. Reksadana Saham sejak tahun 2009 dengan total dana yang dikelola sebesar Rp. 488 Miliar dan total keuntungan hingga 17,13% per tahun sejak diluncurkan.
  • Manulife Dana Kas II. Reksadana Pasar Uang sejak tahun 2009 dengan total dana yang dikelola sebesar Rp. 394 Miliar dan total keuntungan hingga 5,36% per tahun sejak diluncurkan.

Membuka rekening investasi reksadana Manulife bisa melalui klikMAMI dengan cara mengisi form aplikasi. Setelah terdaftar maka bisa membuka akun online klikMAMI kemudian bertransaksi pembelian, pengalihan, atau pencairan. Investor juga bisa memonitor transaksi, perkembangan reksadana, dan memperbarui datanya.

Ada banyak reksadana di klikMAMI yang dapat digunakan untuk berinvestasi dan dibeli. Reksadana tersebut yaitu:

  • Manulife Dana
  • Manulife Syariah Sektoral
  • Manulife Saham SMC
  • Manulife Dana Tumbuh Berimbang
  • Manulife Dana Campuran II
  • Manulife Obligasi Unggulan
  • Manulife Obligasi Negara Indonesia II
  • Manulife Pendapatan Bulanan II
  • Manulife Dana Kas II
  • Manulife Syariah Sukuk Indonesia
  • Manulife Dana Kas Syariah

Ada 2 cara untuk mengakses klikMAMI, yaitu:

  • Calon investor bisa menggunakan form aplikasi yang disediakan di klikMAMI untuk membuka rekening investasi reksadana Manulife. Jika belum menjadi investor juga bisa mengakses informasi dengan jumlah terbatas di klikMAMI.
  • Bagi yang sudah terdaftar sebagai investor dan membuka akun online di klikMAMI, bisa mengakses semua informasi dan transaksi di klikMAMI.

Persyaratan untuk menjadi anggota klikMAMI supaya dapat berinvestasi reksadana antara lain:

  • Memiliki KTP yang masih berlaku.
  • Memiliki rekening bank atas nama sendiri.
  • Bersedia membuat akun online Reksadana Manulife di klikMAMI.com.
  • Belum pernah menjadi investor Reksadana Manulife sebelumnya.

4. Mandiri Investasi

Manajer Investasi Mandiri Investasi

Mandiri Investasi merupakan Manajer Investasi yang terbesar di Indonesia saat ini dengan jumlah dana yang dikelola sebesar Rp. 70 Triliun. Mandiri Investasi berdiri sejak Desember 2004 dan bagian dari grup PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, yang berpengalaman di bidang pengelolaan portofolio investasi sejak 1993.

Produk dari Mandiri Investasi dapat dibeli secara online melalui aplikasi Most.co.id. Beragam produk dihadirkan oleh Mandiri Investasi. Masing-masing produk secara khusus dirancang untuk memenuhi berbagai tingkat kebutuhan investasi. Produk yang cukup dikenal adalah sebagai berikut:

  • Mandiri Investasi Pasar Uang. Produk reksadana pasar uang dari Mandiri Investasi sejak 2005 dengan total dana yang dikelola sebesar Rp. 8 Triliun dan total keuntungan hingga 5,49% per tahun sejak diluncurkan. Minimal pembelian Rp. 100.000 dengan toleransi resiko rendah.
  • Mandiri Saham Atraktif. Produk reksadana saham dari Mandiri Investasi sejak 2011 dengan total dana yang dikelola sebesar Rp. 4,92 Triliun dan total keuntungan hingga 6,00% per tahun sejak diluncurkan. Minimal pembelian Rp. 100.000 dengan toleransi resiko tinggi.
  • Mandiri Pasar Uang Syariah (MPUS). Produk reksadana dari Mandiri Investasi dengan tingkat likuiditas tinggi untuk memenuhi kebutuhan dana tunai pada waktu yang singkat. Juga memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik lewat investasi pada instrumen berdasarkan prinsip syariah di pasar modal. Minimal pembelian Rp. 100.000 dengan toleransi resiko rendah.
  • Mandiri Investa Atraktif Syariah (MITRAS). Produk reksadana saham dari Mandiri Investasi dengan tingkat pertumbuhan nilai investasi jangka panjang yang menarik. Investasi pada Efek Syariah Bersifat Ekuitas sesuai dengan Syariah Islam. Minimal pembelian Rp. 100.000 dengan toleransi resiko tinggi.

BACA JUGA: Cara Menghasilkan Uang

Demikian daftar Manajemen Investasi yang dapat dipercaya sehingga layak untuk dipilih dalam berinvestasi. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi investor pemula yang ingin memulai investasi reksadana.

Artikel Terkait