Cara Menggunakan Aplikasi LinkAja

TutorBisnis.com – Bagaimana cara menggunakan aplikasi LinkAja? Saat ini banyak masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial, sudah terbiasa bertransaksi secara non tunai. Transaksi non tunai dilakukan melalui aplikasi dompet digital.

LinkAja merupakan salah satu dompet digital berupa aplikasi yang dikeluarkan oleh BUMN. Pengguna LinkAa bisa melakukan transaksi keuangan, seperti transfer, pembayaran tagihan, dan pembayaran merchant.

Banyak merchant yang bekerjasama dengan LinkAja sehingga pengguna LinkAja bisa berbelanja online secara mudah dan cepat. Cukup melalui aplikasi LinkAja, pengguna sudah dapat melakukan pembayaran. Tetapi untuk dapat menggunakan aplikasi LinkAja, pengguna harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Setelah pendaftaran akun LinkAja berhasil, maka dibutuhkan saldo untuk dapat melakukan pembayaran dan transaksi lainnya. Supaya tersedia saldo pada akun LinkAja, pengguna harus melakukan pengisan saldo atau top up LinkAja terlebih dahulu.

Cara Menggunakan Aplikasi LinkAja

Cara Menggunakan Aplikasi LinkAja

Setelah tersedia cukup saldo pada akun LinkAja, maka pengguna sudah dapat melakukan transaksi melalui aplikasi LinkAja. Berbagai transaksi dapat dilakukan pada aplikasi ini. Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi LinkAja untuk bertransaksi.

1. Beli Pulsa / Paket Data

Pengguna aplikasi LinkAja dapat melakukan pembelian pulsa atau paket data pada aplikasi tersebut. Sehingga transaksi menjadi lebih mudah dan praktis karena tidak perlu lagi datang ke counter pulsa. Berikut ini adalah cara menggunakan LinkAja untuk membeli pulsa atau paket data:

  1. Buka aplikasi LinkAja yang terpasang di smartphone. Login ke akun LinkAja dengan cara memasukkan nomor handphone yang didaftarkan pada akun tersebut.
  2. Pilih menu Pulsa atau Kuota yang ada pada halaman utama aplikasi Linkaja.
  3. Isi nomor tujuan pembelian pulsa atau paket data.
  4. Masukkan jumlah pengisian pulsa atau paket data yang diinginkan.
  5. Kemudian akan ditampilkan detail transaksi. Periksa kembali, jika sudah benar, klik Konfirmasi.
  6. Masukkan PIN akun LinkAja dengan benar.
  7. Setelah berhasil, pulsa atau paket data yang dibeli akan masuk ke nomor handphone tujuan.

2. Pembayaran di Merchant

Jika ingin melakukan pembayaran di merchant, pengguna LinkAja dapat melakukan pembayaran melalui aplikasi LinkAja. Hanya dengan Scan QR atau Scan Code, proses pembayaran menjadi lebih cepat dan mudah. Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi LinkAja untuk melakukan pembayaran di merchant:

  1. Buka dan login pada aplikasi LinkAja yang terpasang di smartphone. Masukkan nomor handphone yang didaftarkan pada akun LinkAja.
  2. Pilih menu Bayar yang berada di bagian bawah tengah di laman utama aplikasi LinkAja.
  3. Lakukan Scan QR dari mesin EDC atau Static QR.
  4. Masukkan jumlah pembayaran lalu klik tombil centang.
  5. Perhatikan data transaksi yang ditampilkan. Jika sudah benar, klik Konfirmasi.
  6. Masukkan PIN LinkAja dengan benar.
  7. Transaksi pembayaran sudah berhasil.

3. Belanja Online

Selain untuk membeli pulsa dan pembayaran merchant, aplikasi LinkAja juga dapat digunakan untuk berbelanja online di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau aplikasi e-commerce lainnya. Berikut ini adalah cara menggunakan LinkAja untuk belanja online:

  1. Lakukan pembelian produk di aplikasi e-commerce yang dipilih.
  2. Pilih metode pembayaran LinkAja saat melakukan proses pembayaran.
  3. Masukkan nomor handphone yang didaftarkan pada akun LinkAja.
  4. Masukkan PIN LinkAja dengan benar untuk menyelesaikan proses pembayaran.
  5. Tunggu transaksi diproses hingga berhasil. Setelah itu akan muncul SMS yang berisi notifikasi yang menyatakan jika pembayaran melalui LinkAja sudah berhasil.

4. Transfer atau Pengiriman Uang

Pengguna LinkAja juga dapat melakukan transfer seperti halnya kartu debet. Transfer dapat dilakukan ke sesama pengguna LinkAja dan rekening bank. Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi LinkAja untuk transfer:

  1. Buka aplikasi LinkAja lalu login dengan cara memasukkan nomor handphone yang didaftarkan pada akun LinkAja.
  2. Pilih menu Transfer Kirim Uang pada halaman awal aplikasi LinkAja.
  3. Pilih tujuan transfer dengan cara memasukkan nomor handphone bagi transfer ke pengguna LinkAja atau nomor rekening bank.
  4. Masukkan nomor handphone bagi transfer ke pengguna LinkAja atau nomor rekening bank tujuan transfer.
  5. Masukkan PIN LinkAja dengan benar, lalu secara otomatis transaksi berhasil.
  6. Setelah itu akan muncul SMS yang berisi konfirmasi transfer telah berhasil.

5. Membayar Tagihan

Transaksi yang juga dapat dilakukan melalui aplikasi LinkAja adalah membayar tagihan, seperti tagihan listrik, TV kabel, internet, PDAM, dan tagihan lainnya. Berikut ini adalah cara menggunakan LinkAja untuk membayar tagihan:

  1. Buka aplikasi LinkAja lalu login dengan cara memasukkan nomor handphone yang didaftarkan di akun LinkAja.
  2. Pilih menu Listrik yang terdapat di menu awal aplikasi LinkAja.
  3. Pilih jenis pembayaran listrik, yaitu PLN Postpaid untuk meteran biasa atau PLN Prepaid untuk listrik token. Kemudian masukkan nomor meteran listrik atau ID pelanggan PLN dengan benar. Klik Lanjutkan.
  4. Setelah itu akan ditampilkan detail transaksi. periksa kembali data tersebut, jika sudah benar, klik Konfirmasi.
  5. Masukkan PIN LinkAja dengan benar.
  6. Pembayaran tagihan lstrik sudah berhasil dan nomer token dapat dilihat pada menu Inbox.

linkAja merupakan dompet digital dengan fitur transaksi yang lengkap. Sehingga penggunanya dapat bertransaksi secara online ataupun offline pada merchant yang bekerjasama dengan LinkAja.

Demikian penjelasan mengenai cara menggunakan aplikasi LinkAja. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang ingin mencoba bertransaksi melalui aplikasi dompet digital.

Baca juga:

Artikel Terkait

close
Shopee Promo