Cara Membuat ATM BNI Syariah

Cara Membuat ATM BNI Syariah – Bank merupakan lembaga yang mengurus keuangan bagi masyarakat luas. Tidak hanya mengamankan uang, bank berfungsi sebagai tempat mengirimkan uang, meminjam uang untuk modal usaha, dan lain-lain.

Ada 2 jenis tabungan, yaitu tabungan konvensional dan tabungan syariah. Tabungan konvensional merupakan jenis tabungan yang menggunakan sistem umum. Tabungan syariah adalah jenis tabungan menggunakan sistem perbankan syariah berdasarkan ketentuan Al-Qur’an dan hadist.

Tabungan syariah merupakan tabungan yang dipilih oleh umat Islam, salah satunya bank yang menyediakan tabungan syariah adalah BNI Syariah. Tabungan BNI Syariah yang dikenal dengan tabungan iB Hasanah merupakan produk simpanan BNI Syariah yang bisa digunakan seperti tabungan bank umumnya.

Jenis Tabungan BNI Syariah

1. iB Akad Wadiah

Rekening iB Akad Wadiah merupakan rekening yang tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. Wadiah berarti titipan .Sehingga nasabah hanya menitipkan uangnya di BNI Syariah tanpa pengambilan bunga oleh pihak bank.

2. iB Akad Mudharabah

Jenis rekening ini dikenakan biaya pengelolaan rekening sebesar Rp. 5.000 per bulan. Nasabah dengan rekening ini bisa membagi nisbah (bagi hasil) dari uang tabunngan yang dikelola dan besar nisbah adalah 22:78. Artinya 22% untuk nasabah dan 78% untuk pihak bank.

BACA JUGA: Cara Transfer BNI Ke BCA

Keuntungan Tabungan BNI Syariah

Sebelum memutuskan untuk membuka rekening tabungan di BNI Syariah, sebaiknya perhatikan berbagai keuntungan yang bisa dimiliki. Keuntungan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan buku tabungan.
  2. Mendapatkan kartu ATM atau debit card silver.
  3. Memperoleh fasilitas e-Banking, seperti ATM, SMS Banking, internet banking, dan mobile banking.
  4. Kartu ATM tersebut bisa digunakan di gerai ATM Bersama, ATM Link, ATM Prima & Cirrus. Di samping itu, bisa dipakai untuk belanja di merchant berlogo MasterCard di seluruh dunia.
  5. Selain itu bisa digunakan untuk transaksi menabung, transfer, menarik uang tunai, dan lain-lain, di seluruh bank BNI konvensional dan syariah.
  6. Ketika membuat rekening tabungan BNI Syariah, otomatis nasabah melakukan infaq sebesar Rp. 500.

Syarat Membuat Tabungan BNI Syariah

Syarat yang wajib dilengkapi saat akan membuka rekening BNI Syariah yaitu:

  1. Kartu identitas yang asli (KTP/Paspor) yang masih berlaku.
  2. Kartu NPWP.
  3. Uang sebesar Rp. 100.000 untuk setoran awal.

Cara Membuat Kartu ATM

Jika telah mengetahui berbagai hal tentang tabungan BNI Syariah, tentu nasabah akan tertarik untuk membuatnya. Simak cara berikut ini untuk membuat kartu ATM BNI Syariah.

  1. Datang ke kantor cabang BNI Syariah terdekat dengan membawa persyaratan yang telah disebutkan tadi.
  2. Ambil antrian yang menuju Customer Service lalu tunggu hingga nomor antrian tersebut dipanggil.
  3. Setelah nomor antrian tersebut dipanggil, datang ke petugas Customer Service dan sampaikan maksud untuk membuat rekening BNI Syariah. Petugas Customer Service akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai beberapa jenis rekening BNI Syariah dan keuntungannya.
  4. Pilih salah satu jenis tabungan tersebut. Kemudian petugas Customer Service akan meminta untuk mengisi formulir yang diberikan.
  5. Isi formulir dengan benar dan sesuai dengan yang tertera di kartu identitas. Petugas Customer Service akan membuat rekening atas nama nasabah yang mendaftar dan mengaktifkan kartu ATM BNI Syariah.
  6. Sebelum meninggalkan kantor bank tersebut, mintalah petugas Customer Service untuk melakukan registrasi SMS Banking dan internet banking untuk mempermudah transaksi.

BNI Syariah menawarkan layanan membuat rekening online yang dapat menjadi solusi bagi calon nasabah yang tidak sempat untuk mendatangi kantor cabang BNI. Caranya sangat mudah karena cukup mengikuti seluruh langkah dan prosesnya secara benar.

BACA JUGA: Kode Bank BCA ke BNI

Demikian penjelasan tentang cara membuat ATM BNI Syariah serta kelebihan dan kelemahannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan , dan Bitcoin.

Artikel Terkait