Cara Top Up E-Money Mandiri

TutorBisnis.com – Bagaimana cara top up e-Money Mandiri? Bank Mandiri adalah salah satu bank penyedia uang elektronik yang bernama e-Money berupa sebuah kartu yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi dan pembayaran tol, kereta, TransJakarta, dan belanja di toko retail.

Dengan teknologi RFID, kartu e-Money dapat digunakan bertransaksi melalui sentuhan dalam hitungan detik. Kartu e-Money dapat dimiliki oleh semua masyarakat Indonesia meskipun belum bergabung menjadi nasabah Bank Mandiri.

Cara Top Up E-Money Mandiri

Cara Top Up saldo E-Money Mandiri

Hal yang pertama harus diperhatikan saat akan bertransaksi menggunakan e-Money adalah ketersediaan saldo pada kartu e-Money yang digunakan. Jika saldo tidak mencukupi, maka lakukan pengisian ulang saldo atau top up e-Money melalui salah satu dari beberapa cara berikut ini.

1. Kantor Cabang Bank Mandiri

Pengisian saldo atau top up e-Money dapat dilakukan melalui kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Selain itu juga bisa membuat kartu e-Money jika belum memilikinya. Pengisian saldo e-Money akan dibantu oleh petugas Bank Mandiri.

2. ATM Mandiri

Bagi nasabah Mandiri dapat melakukan top up e-Money melalui gerai ATM Mandiri terdekat dengan cara sebagai berikut:

  1. Datang ke gerai ATM Mandiri terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu dengan posisi benar.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar untuk menghindari pemblokiran karrtu ATM secara otomatis oleh sistem karena kesalahan memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Pilih menu Uang Elektronik, lalu pilih e-Money.
  6. Tempelkan kartu e-Money pada tulisan e-Money yang berada di bawah layar ATM.
  7. Kemudian pilih Top Up
  8. Pilih jumlah top up yang diinginkan, jika jumlah tersebut tidak tertera di layar, pilih Jumlah Lainnya.
  9. Masukkan jumlah top up e-Money lalu pilih Benar.
  10. Setelah itu akan ditampilkan detail transaksi top up e-Money. Periksa kembali, jika data tersebut sudah benar, pilih YA.
  11. Setelah transaksi berhasil, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti top up e-Money telah dilakukan.
  12. Ambil struk tersebut dan kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM Mandiri.

BACA JUGA: Cara Transfer Virtual Account Mandiri

3. ATM Bersama

Jika tidak memiliki kartu debit Mandiri untuk digunakan top up e-Money, pemilik kartu e-Money dapat melakukan top up di gerai ATM Bersama dengan cara sebagai berikut:

  1. Datang ke gerai ATM Bersama.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu dengan posisi benar.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar untuk menghindari pemblokiran karrtu ATM secara otomatis oleh sistem karena kesalahan memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Pilih menu Transaksi Lainnya lalu pilih Mandiri Prabayar.
  6. Pilih jumlah top up e-Money yang diinginkan, jika jumlah tersebut tidak tertera di layar, pilih Jumlah Lainnya. Masukkan jumlah top up lalu pilih Benar.
  7. Setelah itu akan ditampilkan detail transaksi top up e-Money. Periksa kembali data tersebut, jika sudah benar, pilih YA.
  8. Jika transaksi berhasil, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti top up e-Money telah dilakukan.
  9. Ambil struk tersebut dan kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM Bersama.

4. Mandiri Online

Apabila nasabah Mandiri sudah memiliki akun di aplikasi Mandiri Online, maka top up e-Money juga bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Mandiri Online yang terpasang di smartphone lalu login ke akun Mandiri Online yang telah dibuat.
  2. Pilih menu e-Money, lalu pilih Isi Ulang e-Money.
  3. Masukkan data yang dibutuhkan beserta jumlah top up yang diinginkan pada kolom yang tersedia. Setelah itu klik Lanjut.
  4. Kemudian akan ditampilkan konfirmasi detail transaksi. Periksa kembali, jika data yang ditampilkan sudah benar, klik Konfirmasi.
  5. Masukkan PIN Mandiri Online dengan benar.
  6. Setelah top up berhasil, akan muncul resi bukti transaksi top up e-Money di aplikasi Mandiri Online.
  7. Perbarui jumlah saldo di menu e-Money dan pilih Perbarui Saldo.
  8. Letakkan kartu e-Money di belakang smartphone, lalu secara otomatis saldo yang dibeli masuk ke kartu e-Money tersebut.

5. Merchant E-Money

Pengguna e-Money yang tidak memiliki kartu debit untuk top up e-Money, maka bisa melakukan top up e-Money melalui merchant seperti Alfamart, Indomaret, Lawson, Dandan dan Family Mart, Gramedia, dan Toko Buku Gunung Agung. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke Indomaret atau Alfamart dengan membawa kartu e-Money
  2. Sampaikan ke kasir bahwa ingin melakukan pengisian ulang saldo e-Money.
  3. Kemudian kasir akan menanyakan nomor kartu e-Money, berikan kartu tersebut ke kasir.
  4. Lalu kasir akan menanyakan jumlah top up e-Money yang diinginkan.
  5. Berikan sejumlah uang untuk membayar top up e-Money ke kasir.
  6. Setelah pembayaran dan top up e-Money berhasil, kasir akan memberikan kartu e-Money dan struk bukti pembayaran top up e-Money.

6. Kantor Pos

Cara lainnya adalah melakukan top up e-Money melalui Kantor Pos. prosesnya sangat mudah, cukup memberikan uang tunai dan kartu e-Money yang akan diisi saldo ke petugas Kantor Pos. Selanjutnya top up e-Money akan diproses sesuai jumlah yang diinginkan.

Transaksi top up e-Money melalui Kantor Pos dikenakan biaya sebesar Rp. 1.500 dengan jumlah top up minimal sebesar Rp. 20.000 dan maksimal sebesar Rp. 2.000.000.

7. E-Commerce

Jika memiliki smartphone dengan fitur NFC, maka top up e-Money dapat dilakukan melalui layanan e-commerce, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Blibli.com. Ikuti instruksi yang diberikan pada aplikasi tersebut untuk melakukan top up e-Money.

BACA JUGA: Syarat Pinjaman Mandiri Syariah

8. LinkAja

Keuntungan dari top up e-Money melalui LinkAja yaitu biaya administrasi lebih murah, hanya sebesar Rp. 1.000. Cukup dengan mengakses fitur Kartu Uang Elektronik yang tersedia di aplikasi LinkAja.

Jika top up e-Money sudah berhasil, selanjutnya harus melakukan update saldo di gerai ATM Himbara (BNI, BRI, BTN, Mandiri) atau mini market seperti Alfamart dan Indomaret.

9. Public Area

Pengguna kartu e-Money yang juga nasabah Mandiri dapat melakukan top up e-Money di public area, seperti Commuterline, halte TransJakarta, dan beberapa gerbang tol tertentu.

10. Transfer

Bagi pengguna kartu e-Money yang merupakan non nasabah Bank Mandiri, juga bisa melakukan top up dengan cara yang telah dijelaskan di atas. Jika melakukan top up e-Money melalui ATM Link dan ATM Bersama, harus memasukkan nomor tujuan transfer 008 diikuti dengan nomor kartu e-Money. Kemudian melakukan update saldo di ATM.

BACA JUGA: Maksimal Tarik Tunai ATM Mandiri

Demikian penjelasan mengenai cara top up e-Money Mandiri. Semoga informasi tadi dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya pengguna kartu e-Money yang ingin melakukan pengisan saldo kartu e-Money.

Artikel Terkait