Cara Mendapatkan Kartu Brizzi

TutorBisnis.com – Bagaimana cara mendapatkan kartu Brizzi? Adanya uang elektronik membuat pembayaran dan transaksi bisa dilakukan secara mudah dan cepat. Banyak masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial yang menggunakannya.

Bank BRI adalah salah satu perusahaan perbankan di Indonesia yang menyediakan layanan uang elektronik yang bernama Brizzi. Pengguna kartu Brizzi tidak perlu menyediakan uang tunai saat bertransaksi. Hanya dengan cara menempelkan kartu Brizzi ke mesin EDC, transaksi selesai dengan cepat.

Keunggulan Kartu Brizzi

Keunggulan Kartu Brizzi

Siapapun dapat memiliki kartu Brizzi, tidak hanya kalangan nasabah BRI saja. Kartu Brizzi bisa didapatkan di berbagai merchant. Selain itu, terdapat banyak keunggulan yang bisa dirasakan oleh pengguna katu Brizzi, yaitu:

  • Semua orang bisa memiliki dan menggunakan kartu Brizzi walaupun bukan nasabah BRI.
  • Saldo di kartu Brizzi dapat diisi ulang dengan mudah.
  • Pengisian saldo bisa melalui rekening BRI, bank lain, dan merchant yang bekerjasama dengan Brizzi.
  • Kartu Brizzi dapat digunakan untuk pembayaran jalan tol dan bertransaksi di merchant yang bekerjasama dengan Brizzi.
  • Kartu Brizzi dapat mengakomodasi pembayaran transaksi mulai dari Rp. 1 hingga Rp. 2.000.000.
  • Pengguna kartu Brizzi berkesempatan menikmati berbagai promo.
  • Pembayaran dengan kartu Brizzi dilakukan dengan cara menempelkan kartu Brizzi pada mesin EDC. Sehingga mempermudah dan mempersingkat waktu transaksi.
  • Pemilik kartu Brizzi tidak dikenakan biaya administrasi tiap bulan.

Fungsi Kartu Brizzi

Kartu Brizzi memiliki beberapa fungsi dalam berbagai transaksi berikut ini:

  1. Bisa digunakan untuk membayar transportasi umum seperti MRT, KRL, hingga TransJakarta.
  2. Bisa digunakan untuk membayar e-Toll area Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang, Bali, Surabaya, Palikanci, dan Makassar.
  3. Bisa digunakan untuk membayar bahan bakar kendaraan di SPBU.
  4. Bisa digunakan untuk membayar parkir di Tempat Parkir Elektronik (TPE).
  5. Bisa digunakan untuk membayar makanan di restoran.
  6. Bisa digunakan untyuk membayar tiket wahana wisata.
  7. Bisa digunakan untuk transaksi di berbagai toko yang bekerjasama dengan Brizzi.

Cara Mendapatkan Kartu Brizzi

Cara Mendapatkan Kartu Brizzi

Cara mendapatkan kartu Brizzi cukup mudah, karena bank BRI telah menyediakan beberapa cara yang dapat dipilih dan dilakukan oleh masyarakat yang berminat untuk memiliki kartu Brizzi. Berikut ini adalah daftar lokasi di mana kartu Brizzi bisa didapatkan:

  1. Kantor cabang bank BRI terdekat.
  2. Alfamart dan Indomaret terdekat.
  3. Sales Representative Brizzi di gerbang toll tertentu.
  4. Stasiun kereta api terdekat.
  5. Halte TransJakarta.
  6. Berbagai merchant dan marketplace yang bekerjasama dengan Brizzi.
  7. Vending Machine untuk e-Money.
  8. Berbagai toko online, seperti Shopee, Tokopedia, BliBli, dan lain-lain.

Harga Kartu Brizzi

Masyarakat dapat membeli kartu Brizzi dengan harga yang murah, yaitu Rp. 25.000. Harga tersebut adalah harga kartu Brizzi saja yang belum terisi saldo. Tersedia juga kartu Brizzi edisi khusus tetapi harganya lebih mahal.

Harga kartu Brizzi tergantung dari edisi yang dipilih. Pada marketplace seperti Tokopedia juga menyediakan kartu Brizzi Custom yang dapat dicetak gambar sesuai keinginan pemilik kartu. Harga kartu Brizzi custom sekitar Rp. 45.000 hingga Rp. 65.000.

Tarif dan Limit Kartu Brizzi

Tarif dan Limit Kartu Brizzi

Jika sudah mendapatkan kartu Brizzi, maka kartu tersebut dapat diisi saldo untuk digunakan bertransaksi. Tetapi sebaiknya ketahui terlebih dahulu tarif dan limit kartu Brizzi berikut ini.

Jenis

Jumlah
Biaya PerdanaRp. 20.000
Minimum Top UP NFC (Android)Rp. 100.000
Minimum Top Up Non NFCRp. 1
Saldo MinimumRp. 0
Saldo MaksimumRp. 2.000.000
Batas Maksimal Saldo TertundaRp. 10.000.000
Maksimum Top Up Tiap BulanRp. 20.000.000

Kartu Brizzi dapat menyimpan saldo maksimal sebesar Rp. 2.000.000 dengan maksimal top up per bulan mencapai Rp. 20.000.000. Tidak ada biaya administrasi bulanan dan saldo yang disimpan di kartu Brizzi memiliki masa berlaku hingga 10 tahun.

Jika kartu mengalami kerusakan dan tidak dapat terbaca, maka pengguna dapat mengajukan penggantian kartu Brizzi di kantor cabang bank BRI terdekat. Saldo pada kartu Brizzi yang lama akan dipindahkan ke kartu yang baru.

Penggantian kartu Brizzi akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000. tetapi jika nasabah memiliki kartu pengganti dengan kondisi bagus, maka tidak perlu membayar biaya tersebut.

Cara Top Up Saldo Kartu Brizzi

Untuk melakukan transaksi menggunakan kartu Brizzi, diperlukan saldo yang cukup. Bagi pengguna kartu Brizzi yang ingin mengisi ulang saldo, bisa melalui Indomaret atau Alfamart dengan cara sebagai berikut:

  1. Datang ke Indomaret atau Alfamart terdekat dengan membawa kartu Brizzi.
  2. Beritahukan kepada kasir untuk mengisi ulang saldo kartu Brizzi.
  3. Berikan kartu Brizzi kepada kasir untuk memproses isi ulang saldo.
  4. Beritahukan jumlah pengisian saldo kartu Brizzi sesuai yang diinginkan dan bayarkan ke kasir.
  5. Setelah proses pengisian ulang saldo Brizzi berhasil, kasir akan memberikan struk sebagai bukti transaksi.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai cara top up Brizzi, silahkan baca artikelnya dengan tap keyword yang telah disediakan.

Cara Menggunakan Kartu Brizzi

Cara Menggunakan Kartu Brizzi

Kartu Brizzi dapat digunakan untuk bertransaksi di merchant yang menerima pembayaran menggunakan kartu Brizzi. Saat bertransaksi, kartu Brizzi ditempelkan ke alat DC yang tersedia di merchant. Selain itu juga bisa melakukan pengecekan saldo.

Kekurangan dari kartu Brizzi adalah tidak dilengkapi dengan PIN seperti kartu ATM. Sehingga jika kartu tersebut hilang, maka saldo di kartu tersebut dapat digunakan oleh orang lain. Apalagi kartu yang hilang tidak dapat diblokir dan diganti dengan kartu yang baru. Sehingga disarankan untuk mengisi saldo di kartu Brizzi seperlunya saja untuk mencegah kerugian ketika kartu Brizzi tersebut hilang.

Semoga informasi tentang Cara Mendapatkan Kartu Brizzi yang TutorBisnis bagikan bisa menjadi referensi yang baik bagi teman-teman semua. Jika kalian tertarik dengan artikel bermanfaat lainnya, silahkan pilih beragam kategori di TutorBisnis, seperti Digital PaymentTutorial, Tabungan, Hingga Investasi.

Sebagai penulis di TutorBisnis. Hobi nyemil, gambar, jalan-jalan, dengerin musik, sama baca novel (apapun). Mahasiswi dari salah satu Universitas Negeri di Indonesia dengan Jurusan Perbankan. Saat ini sedang seru-serunya mendalami Ekonomi Pasar Modal, Manajemen Keuangan Bank, Reksadana, Manajemen Risiko Perbankan dan Pasar Modal, Ekonomi Lembaga Keuangan, dll.
close
Shopee Promo