Cara Mengaktifkan ShopeePinjam

TutorBisnis.com – Bagaimana cara mengaktifkan ShopeePinjam di aplikasi Shopee? ShopeePinjam adalah layanan pinjaman dana bagi pengguna aplikasi Shopee hingga maksimal Rp. 3.000.000 yang dapat digunakan untuk berbelanja.

Untuk dapat mengaktifkan ShopeePinjam, pengguna Shopee harus menggunakan aplikasi Shopee versi terbaru untuk mendaftar dan melakukan verifikasi data diri dan wajah.

ShopeePinjam berbeda dengan Shopee PayLater karena pinjaman dana dari ShopeePinjam yang berhasil diproses akan ditransfer ke rekening pengguna. Sehingga dana tersebut dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan berbelanja.

Pengajuan pinjaman minimal sebesar Rp. 200.000 dan maksimal Rp. 3.000.000. Walaupun relatif kecil, tetapi syarat pengajuan pinjaman pada ShopeePinjam jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan pengajuan pinjaman ke bank.

Syarat Pengajuan

Pengajuan pinjaman dapat dilakukan hanya bagi pengguna Shopee yang terpilih yang telah mengaktifkan ShopeePinjam. Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mengajukan pinjaman di ShopeePinjam yaitu:

  • KTP yang masih berlaku.
  • Verfikasi wajah.
  • Memiliki rekening bank atas nama pribadi untuk menerima transfer dana pinjaman.
  • Menyiapkan kontak darurat.
  • Menggunakan aplikasi Shopee versi terbaru yang dapat diunduh melalui PlayStore dan AppStore.

BACA JUGA: Shopee Gratis Ongkir

Cara Mengaktifkan ShopeePinjam

ShopeePinjam

Jika pengguna Shopee telah memenuhi semua syarat yang dibutuhkan, maka selanjutnya dapat mengaktifkan ShopeePinjam. Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan fitur ShopeePinjam di aplikasi Shopee.

  1. Buka aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone.Buka aplikasi Shopee
  2. Pilih menu Saya, lalu pilih ShopeePinjam.menu ShopeePinjam
  3. Kemudian pilih Aktifkan Sekarang.Aktifkan Sekarang
  4. Selanjutnya masukkan nomor handphone jika belum ada nomor handphone yang terdaftar di akun Shopee, lalu klik Lanjut.
  5. Setelah itu akan muncul kode verifikasi yang dikirim ke nomor handphone yang dimasukkan tadi. Masukkan kode verifikasi tersebut di kolom yang disediakan, lalu klik Lanjut.
  6. Isi 2 kontak darurat secara benar, lengkap dengan nama kontak, status hubungan, dan nomor handphone. Klik Kirim.
  7. Klik Mulai Verifikasi Wajah.
  8. Arahkan wajah pada frame yang disediakan dan pastikan posisi wajah nampak jelas. Jika proses verifikasi wajah telah berhasil, akan muncul pemberitahuan bahwa pengajuan aktivasi Shopee Pinjam sedang diproses.
  9. Tunggu hingga pengajuan disetujui dan muncul pop up yang berisi,”Selamat! Kamu telah berhasil mengaktifkan Shopee Pinjam.”.
  10. Klik menu ShopeePinjam, lalu akan muncul menu untuk mengajukan pinjaman. Klik Ajukan lalu tentukan jumlah pinjaman.

Jika fitur ShopeePinjam telah aktif, pengguna Shopee dapat mengajukan pinjaman dana sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Apabila pengajuan pinjaman telah disetujui, dana akan dikirimkan ke rekening pengguna yang telah didaftarkan di aplikasi Shopee.

Denda dan Suku Bunga

Pinjaman dana dari ShopeePinjam dikenakan suku bunga terkecil sebesar 2,45% per bulan dan biaya penanganan sebesar 3% per transaksi. Sedangkan bagi pengguna ShopeePinjam yang terlambat membayar akan dikenakan denda sebesar 5%.

Bayarlah tagihan tepat waktu, paling lambat tanggal 5 setiap bulan, supaya terhindar dari denda keterlambatan. Pengguna ShopeePinjam juga dapat mengajukan lebih dari 1 pinjaman selama limit pinjaman masih tersisa.

Tetapi untuk dapat melakukan hal tersebut, pengguna tidak pernah terlambat dalam membayar tagihan ShopeePinjam dan Shopee PayLater. Karena jika track record buruk, maka pengajuan pinjaman akan ditolak oleh pihak Shopee. Pinjaman dana dari ShopeePinjam telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga aman.

BACA JUGA: Kenapa Shopee Paylater Tidak Muncul

Demikian penjelasan mengenai cara mengaktifkan ShopeePinjam di aplikasi Shopee. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca khususnya penggguna aplikasi Shopee yang ingin mendapatkan pinjaman dana dari fitur ShopeePinjam.

Sebagai penulis di TutorBisnis. Hobi nyemil, gambar, jalan-jalan, dengerin musik, sama baca novel (apapun). Mahasiswi dari salah satu Universitas Negeri di Indonesia dengan Jurusan Perbankan. Saat ini sedang seru-serunya mendalami Ekonomi Pasar Modal, Manajemen Keuangan Bank, Reksadana, Manajemen Risiko Perbankan dan Pasar Modal, Ekonomi Lembaga Keuangan, dll.
close
Shopee Promo