Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater – Shopee menyediakan layanan Shopee PayLater kepada penjual atau pemilik toko online di Shopee. Pelayanan Shopee PayLater memberikan kemudahan supaya bisa berbelanja kebutuhannya dan membayarnya kemudian hari.

Selain itu, pengguna Shopee yang sering melakukan belanja di Shopee juga bisa menikmatinya. Hal yang pertama kali dilakukan untuk dapat menikmati layanan Shopee PayLater adalah mengaktifkan terlebih dahulu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Apa Itu Shopee PayLater?

Shopee PayLater merupakan layanan dari e-commerce Shopee yang sudah tidak asing lagi di masyarakat. Shopee PayLater adalah layanan pinjaman bagi pengguna Shopee untuk dapat membayar barang yang dibeli dengan menggunakan sistem cicilan ataupun pembayaran di bulan berikutnya sesuai dengan limit transaksi yang diberikan.

Pengguna Shopee yang sudah mengaktifkan layanan Shopee PayLater dapat menikmati program cicilan dengan bunga rendah dan membayar barang belanjaan di bulan berikutnya. Tetapi perlu diketahui jika Shopee menerapkan sistem limit yang akan membatasi limit transaksi Shopee PayLater.

Besar limit yang didapatkan oleh pengguna Shopee dapat bertambah secara otomatis berdasarkan pada konsumsi dan perilaku pembayaran yang dilakukan. Shopee PayLater telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga legal dan aman.

Terdapat berbagai keuntungan setelah mengaktifkan layanan Shopee PayLater. Keuntungan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pengguna bisa membeli barang lebih dulu dan membayar setelahnya hingga batas pembayaran tanggal 5 di bulan berikutnya.
  2. Tersedia bermacam-macam cicilan dengan bunga rendah.
  3. Pengguna mendapatkan limit sampai Rp. 1.800.000 dalam waktu pengajuan 1 x 24 jam.
  4. Memberikan pinjaman dana dengan bunga pinjaman awal 0%.

BACA JUGA: Pinjaman Online Legal Terdaftar OJK

Syarat Mendaftar Shopee PayLater

Beberapa syarat berikut ini yang harus dipenuhi oleh pengguna Shopee untuk mengaktifkan Shopee PayLater supaya dapat menikmati layanan tersebut.

  1. Calon pengguna Shopee PayLater adalah Warga Negara Indonesia berusia minimal 17 tahun.
  2. Memiliki KTP.
  3. Akun Shopee yang digunakan berusia minimal 3 bulan.
  4. Sudah mengaktifkan dan melakukan verifikasi Shopee Pay.
  5. Melakukan transaksi atau belanja di Shopee secara rutin dan sering.
  6. Menggunakan aplikasi Shopee versi terbaru di handphone.

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Pengguna Shopee yang sudah memenuhi persyaratan tadi, maka dapat mengaktifkan Shopee PayLater. Cara mengaktifkannya mudah, dilakukan secara langsung dari aplikasi Shopee, seperti berikut ini.

  1. Buka aplikasi Shopee yang sudah terpasang di smartphone.
  2. Pilih menu Saya yang terdapat di pojok kanan bawah. Selanjutnya akan ditampilkan beberapa menu yang bisa dipilih. Untuk mengaktifkan Shopee PayLater, pilih menu Shopee PayLater.cara aktifkan shopee paylater
  3. Setelah masuk dalam menu Shopee PayLater, pilih menu Aktikan Sekarang. Umumnya ketika pertama kali mengaktifkan Shopee PayLater, akan memperoleh limit sebesar Rp. 750.000.cara aktivasi shopee paylater
  4. Kemudian Shopee akan mengirimkan SMS yang berisi kode verifikasi ke nomor yang digunakan untuk mendaftar Shopee. Masukkan kode tersebut pada kolom yang sudah tersedia, lalu pilih menu Lanjut.cara menggunakan shopee paylater
  5. Langkah berikutnya yaitu verifikasi KTP. Caranya adalah unggah KTP dengan memposisikan KTP sesuai dengan frame yang disediakan. Setelah itu masukkan nama dan NIK lalu klik Konfirmasi.verifikasi KTP shopee paylater
  6. Setelah itu isilah informasi tambahan secara lengkap, seperti nama ibu kandung, data pendidikan, data pekerjaan, penghasilan, dan kontak darurat. Setelah seluruh data terisi, klik Konfirmasi.
  7. Selanjutnya akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah dengan cara mengunggah foto diri dengan memegang KTP. Pastikan wajah dan data dalam KTP terlihat dengan jelas di foto. Caranya yaitu klik Ambil Foto dengan memegang KTP yang di bawah dagu, jangan sampai menutupi dagu, lalu ambil foto menyesuaikan dengan frame yang disediakan.
  8. Tunggu verifikasi pengajuan Shopee PayLater maksimal hingga 2 hari kerja.
  9. Jika pengajuan aktivasi Shopee PayLater telah disetujui, maka akan ada notifikasi jika sudah berhasil mengaktifkan Shopee PayLater.
  10. Setelah proses aktivasi sudah berhasil maka pengguna dapat menggunakan limit yang tersedia untuk berbelanja di Shopee.

Ikuti semua langkah tersebut supaya pengajuan aktivasi bisa disetujui. Biasanya proses aktivasi membutuhkan waktu sekitar 2 hari pada jam kerja. Jika pengajuan ditolak, pengguna Shopee dapat mencoba mengaktifkannya lagi.

BACA JUGA: Resiko Pinjaman Online

Limit Shopee PayLater

Setelah pengajuan aktivasi diterima maka limit Shopee PayLater sudah dapat digunakan untuk berbelanja secara cicilan ataupun bayar di bulan berikutnya. Besar limit yang diperoleh tergantung dari kebijakan Shopee, biasanya pengguna baru mendapatkan limit sebesar Rp. 750.000.

Limit bisa dinaikkan secara otomatis berdasarkan konsumsi dan perilaku pembayaran. Disarankan untuk membayar tagihan tepat waktu supaya limit bisa dinaikkan. Tagihan akan muncul setiap tanggal 25 dan jatuh tempo setiap tanggal 5.

Suku Bunga Shopee PayLater

Ketika berbelanja menggunakan Shopee PayLater, pastikan limit mencukupi. Sisa limit dapat dilihat pada halaman utama Shopee PayLater. Layanan pinjaman ini juga menggunakan sistem bunga.

Suku bunga Shopee PayLater yaitu sebesar 2,95% dalam jangka waktu 2, 3, dan 6 bulan. Bunga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Suku bunga tersebut juga berlaku untuk pembayaran Beli Sekarang Bayar Nanti yang diselesaikan dalam waktu 1 bulan.

Pembayaran dengan Shopee PayLater dikenakan biaya penanganan sebesar 1% per transaksi. Apabila pengguna terlambat melakukan pembayaran, akan dikenakan denda sebesar 5%. Karena itu, jangan sampai terlambat membayar tagihan setiap bulannya.

Syarat dan Ketentuan

Sebelum menggunakan Shopee PayLater, sebaiknya pengguna juga memperhatikan syarat dan ketentuan pembayaran menggunakan Shopee PayLater berikut ini.

  1. Pengguna bisa melakukan checkout sebanyak mungkin tetapi tetap sesuai dengan limit Shopee PayLater yang dipilih.
  2. Ketika proses penambahan limit, pengguna tidak bisa mengubah metode pembayaran maupun membatalkan pesanan.
  3. Limit Shopee PayLater tidak bisa digunakan untuk pembelian produk pulsa, tagihan, tiket, dan produk dalam kategori
  4. Limit Shopee PayLater tidak bisa dipakai untuk pembelian produk

BACA JUGA: Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji

Demikian informasi tentang cara mengaktifkan Shopee PayLater yang menyediakan pembayaran belanja dengan sistem cicilan tanpa kartu kredit dari TutorBisnis.com. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca khususnya pengguna aplikasi e-commerce Shopee.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo