Cara Mengaktifkan OVO PayLater

Cara Mengaktifkan OVO PayLater – Apa Itu OVO PayLater? OVO adalah sebuah aplikasi keuangan berbentuk dompet digital yang menawarkan cicilan tanpa kartu kredit kepada penggunanya, yaitu OVO PayLater.

OVO PayLater menyediakan limit pinjaman yang bisa digunakan untuk berbelanja terlebih dahulu dan membayar kemudian di aplikasi merchants seperti Tokopedia dan beberapa gerai yang bekerjasama dengan OVO.

Bagi pengguna OVO tentunya hal ini memberikan manfaat berupa kesempatan berbelanja tanpa harus menyediakan cash terlebih dahulu melalui OVO PayLater. Pembayaran tagihan dilakukan pada akhir bulan.

Apabila berminat dengan layanan dari OVO PayLater, dibutuhkan waktu yang tidak lama hingga pengguna bisa berbelanja menggunakan layanan tersebut. Di samping itu, sistem belanja menggunakan OVO PayLater sangat mudah dan cepat.

Aktifkan sistem layanan OVO PayLater terlebih dahulu jika ingin menikmati layanan tersebut. Cara mengaktifkan OVO PayLater sangat mudah, simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengaktifkan OVO PayLater Secara Mudah

Manfaat OVO PayLater

  1. Sistem berbelanja dengan cicilan tanpa kartu kredit.
  2. Sistem pembayaran tagihan yang dilakukan pada akhir bulan.
  3. Memiliki limit belanja hingga Rp. 1.000.000.

Syarat Mendaftarkan OVO PayLater

Semua syarat yang dibutuhkan untuk mengaktifkan OVO PayLater harus dipenuhi supaya pengajuan aktivasi OVO PayLater bisa disetujui. Berikut ini adalah syarat-syaratnya.

  1. Foto diri.
  2. KTP asli yang berlaku.
  3. Berdomisili di daerah yang sudah bergabung dengan OVO PayLater, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Palembang, Pekanbaru, Medan, Makassar, Malang, Surakarta, Semarang.
  4. Pendaftaran OVO PayLater dapat dilakukan melalui aplikasi Tokopedia dan OVO.

Cara Mendaftar OVO PayLater

Lakukan upgrade OVO terlebih dahulu ke Premier. Kemudian lakukan langkah berikut ini.

  1. Jika sudah melakukan upgrade, unggah foto KTP yang diambil secara langsung dengan kamera smartphone.
  2. Lakukan konfirmasi data diri KTP.
  3. Ambil foto selfie dengan memegang KTP.

Cara Mengaktifkan OVO PayLater

Setelah berhasil upgrade ke OVO Premier, berikutnya tinggal mengaktifkan layanan OVO PayLater. Ikuti semua langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan layanan tersebut.

  1. Pilih menu Aktifkan OVO PayLater melalui aplikasi OVO.
  2. Pilih menu Aktifkan Sekarang.
  3. Tunggu beberapa menit hingga menerima kode verifikasi yang dikirim ke nomor handphone yang didaftarkan di akun OVO.
  4. Masukkan kode verifikasi tersebut.
  5. Selanjutnya unggah foto selfie dengan memegang KTP.
  6. Setelah itu, isilah data diri secara benar dan lengkap.
  7. Bacalah syarat dan ketentuan, setelah itu beri tanda centang di bawah persyaratan tersebut.
  8. Tunggulah selama 1 x 24 jam hingga OVO PayLater bisa digunakan.

Mengaktifkan OVO PayLater sangat mudah, hanya pengajuannya diharuskan untuk memenuhi semua persyaratan di atas. Setelah aktif, pengguna dapat menggunakan OVO PayLater untuk pembayaran di berbagai merchant yang mendukung layanan ini.

Biaya OVO PayLater

Metode pembayaran OVO PayLater tidak gratis, akan dikenakan biaya layanan setiap transaksi, sebesar 5% dari nilai transaksi. Biaya layanan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada performa pengguna OVO PayLater dalam membayar tagihan.

Tidak terdapat biaya bulanan atau tahunan pada OVO PayLater, sehingga berbeda dengan kartu kredit yang dikenakan biaya per tahun. OVO PayLater menetapkan bunga tagihan bagi pengguna yang belum membayar tagihan sampai lunas. Denda tersebut sebesar 0,1% dari sisa tagihan setiap harinya yang dimasukkan ke tagihan bulan berikutnya.

Contohnya, apabila seorang pengguna memiliki tagihan sebesar Rp. 15.000 dan tagihan tersebut belum dibayar hingga batas jatuh tempo yang dihitung setiap tanggal 1. Selama tagihan belum dibayar, maka pengguna akan mendapatkan bunga tagihan sebesar 0,1% per hari atau Rp. 15 setiap harinya.

Mungkin bunga tersebut tidak terlalu terasa bagi beberapa pengguna, tetapi jika jumlah tagihan mencapai jutaan rupiah, tentu saja bunga yang wajib dibayarkan semakin besar. Disarankan untuk selalu membayar tagihan OVO PayLater secara tepat waktu.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Demikian informasi tentang cara mengaktifkan OVO PayLater yang disediakan oleh aplikasi dompet digital OVO. Semoga informasi dari TutorBisnis.com dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya pengguna aplikasi OVO yang tertarik untuk menikmati layanan OVO PayLater.

Photo of author

Made Kharisma

Sebagai penulis di TutorBisnis. Hobi nyemil, gambar, jalan-jalan, dengerin musik, sama baca novel (apapun). Beragam konten artikel telah saya rilis antara lain finansial, bisnis, tutorial, investasi, dll.