Cara Buka Toko di Tokopedia

TutorBisnis.com – Bagaimana cara buka Toko di Tokopedia? Tokopedia adalah salah satu aplikasi marketplace yang populer di Indonesia. Tokopedia memberikan kesempatan kepada penjual untuk membuka toko dan berjualan di aplikasi Tokopedia tanpa harus mengeluarkan biaya sewa toko.

Hal tersebut tentu akan menguntungkan para penjual karena akan terbantu dalam mengembangkan usaha atau bisnis yang dijalankannya. Semua produk dapat dijual di Tokopedia, seperti fashion, kosmetik, makanan, elektronik, perlengkapan rumah tangga, dan sebagainya.

Pembuatan toko di Tokopedia cukup mudah karena dapat dilakukan hanya melalui aplikasi Tokopedia yang terpasang di smartphone atau melalui PC yang terhubung dengan jaringan internet.

BACA JUGA: Cara Kredit di Tokopedia

Cara Membuat Akun Tokopedia

Membuka Toko di Tokopedia

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuka toko di aplikasi Tokopedia adalah membuat akun Tokopedia terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara buka Toko di Tokopedia melalui smartphone:

  1. Unduh aplikasi Tokopedia di PlayStore atau AppStore.
  2. Setelah terpasang di smartphone, buka aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman utama aplikasi Tokopedia, klik Mulai untuk proses pembuatan akun.
  4. Pilih salah satu metode pembuatan akun Tokopedia, misalnya menggunakan email. Masukkan alamat email dengan benar lalu klik Daftar.
  5. Isi data yang dibutuhkan pada kolom yang tersedia, lalu klik Daftar.
  6. Selanjutnya akan ada pesan masuk pada email yang berisi kode aktivasi. Buka pesan tersebut dan klik Aktifkan Akun Anda atau langsung masukkan kode aktivasi yang didapatkan ke aplikasi Tokopedia.
  7. Setelah berhasil membuat akun Tokopedia, lakukan pengecekan pada aplikasi Tokopedia jika akun sudah benar-benar terdaftar dan tertera nama pemilik akun.

BACA JUGA: Cara Daftar Mitra Tokopedia

Cara Membuka Toko di Tokopedia

Setelah berhasil membuat akun Tokopedia, maka pembuatan toko di aplikasi Tokopedia sudah dapat dilakukan. Berikut ini adalah cara untuk membuka toko di Tokopedia:

  1. Buka aplikasi Tokopedia yang terpasang di smartphone yang terhubung dengan jaringan internet yang stabil.
  2. Pilih menu Akun yang terdapat di pojok kanan bawah.
  3. Lalu pilih menu Buka Toko Gratis yang terdapat di bagian atas.
  4. Selanjutnya akan muncul informasi tentang peluang dari membuka toko online di Tokopedia. Klik Buka Toko Gratis.
  5. Kemudian masukkan info toko.
  6. Isi data berupa nama toko dan nama domain dengan kata yang mudah diingat dan tidak akan diubah. Klik Lanjut.
  7. Isi survei sinngkat dengan cara menjawab pertanyaan yang diberikan. Tujuannya adalah supaya Tokopedia dapat memberikan pengalaman berjualan yang baik. jika tidak tertarik untuk survei, klik Lewati.
  8. Masukkan alamat tolo secara lengkap supaya kurir ekspedisi lebih mudah saat mengambil dan mengantarkan barang ke alamat tersebut.
  9. Setelah itu akan muncul pemberitahuan jika pembuatan toko di Tokopedia sudah berhasil.
  10. Masuk ke halaman toko yang telah dibuat. Status toko belum aktif. tambahkan produk untuk dijual dengan cara klik pada tanda +. Status toko berubah menjadi aktif.

Kemudian unggah produk yang dijual ke toko tersebut. Jika dalam jangka waktu 90 hari setelah toko berhasil dibuka tetapi tidak mengunggah produk, maka Tokopedia berhak menonaktifkan toko dengan cara melakukan penutupan pada toko tersebut.

BACA JUGA: Cara Bayar Tokopedia di Indomaret

Demikian penjelasan mengenai cara buka Toko di Tokopedia. Semoga informasi tadi dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang ingin mencoba menggunakan aplikasi Tokopedia untuk menjual produk.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo