Cara Beli Token Listrik di Mandiri Online

TutorBisnis.com – Bagaimana cara beli token listrik di Mandiri Online? Listrik PLN terdiri atas 2 jenis, yaitu listrik pascabayar dan prabayar. Perbedaannya ada pada cara membayar tagihan.

Listrik pascabayar berlaku tagihan yang dikenakan di akhir pemakaian dengan jumlah tergantung energi listrik yang digunakan selama 1 bulan. Listrik prabayar berlaku sistem pengisian ulang token listrik.

Pengguna PLN sekarang ini lebih banyak yang menggunakan jenis listrik prabayar karena memudahkan penggunanya dalam membeli token sesuai yang diinginkan. Nominal token yang dapat dipilih adalah 20.000, 50.000, 100.000, 200.000, 500.000, dan 1.000.000.

Metode pembelian token listrik telah tersedia pada beberapa pilihan, salah satunya adalah melalui internet banking Mandiri. Pembelian token listrik dapat dilakukan oleh nasabah Bank Mandiri melalui Mandiri Online.

BACA JUGA: Kode Bank Mandiri Syariah

Cara Beli Token Listrik di Mandiri Online

Token Listrik di Mandiri Online

Mandiri Online dapat diakses lewat aplikasi atau situs resmi. Cara yang paling mudah yaitu menggunakan aplikasi yang tersedia di PlayStore atau AppStore. Tetapi nasabah harus melakukan aktivasi terlebih dahulu di kantor cabang Mandiri terdekat.

Jika Mandiri Online sudah aktif, maka bisa digunakan untuk membeli token listrik. Berikut ini adalah cara untuk membeli token listrik melalui internet banking Mandiri atau Mandiri Online.

  1. Buka aplikasi Mandiri Online atau melalui situs resmi https://ibank.bankmandiri.co.id
  2. Login dengan menggunakan User ID dan password.
  3. Pilih menu Beli.
  4. Selanjutnya pilih Buat Pembelian Baru.
  5. Kemudian pilih PLN Prabayar.
  6. Masukkan sumber rekening yang akan digunakan untuk membayar dan klik Penyedia Jasa.
  7. Pilih PLN Prabayar.
  8. Masukkan ID pelanggan PLN yang terdiri dari 12 digit angka dan pastikan nomor tersebut sudah benar.
  9. Pilih jumlah pengisian sesuai keinginan, lalu pilih Lanjut.
  10. Periksa kembali data yang telah dimasukkan tadi. Jika sudah benar, pilih Konfirmasi.
  11. Masukkan PIN Mandiri Online.
  12. Tunggu proses pembelian token listrik selesai. Jika telah berhasil, maka akan ditampilkan bukti pembayaran. Screenshoot atau pilih icon download supaya kode token pengisian ulang PLN tidak hilang. Nomor token berada di bawah tulisan Token/Stroom.

Setelah selesai membeli token listrik, simpanlah nomor token dengan baik. Karena jika nomor tersebut hilang maka tidak bisa menemukannya lagi kecuali Mandiri Online tersebut belum logout. Jika belum tersimpan atau hilang, maka satu-satunya cara adalah menghubungi Customer Service Mandiri untuk meminta bantuan.

BACA JUGA: Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Demikian penjelasan mengenai cara beli token listrik di Mandiri Online. Semoga bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah Mandiri yang ingin mencoba membeli token listrik melalui layanan internet banking Mandiri.

Artikel Terkait

Cara Buat Rekening BNI Online

Kripa Rani Dewi Dasi

Nanda Narayani

close
Shopee Promo