Cara Bayar Listrik di Indomaret dan i-Kios

TutorBisnis.com – Bagaimana cara bayar listrik di Indomaret dan i-Kios? Listrik merupakan salah satu kebutuhan yang penting di kehidupan sehari-hari. Apalagi rata-rata kegiatan yang dilakukan selalu membutuhkan listrik. Saat listrik padam, aktivitas manusia menjadi terkendala.

Sekarang PLN memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal pembayaran tagihan. Salah satu kemudahan tersebut adalah pelanggan dapat melakukan pembayaran tagihan listrik di Indomaret. Karena Indomaret telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, sehingga pembayaran tagihan listrik menjadi lebih mudah.

Cara Membayar Tagihan Listrik di Indomaret

Terdapat 2 cara bayar listrik di Indomaret, yaitu secara manual di kasir atau melalui mesin i-Kios yang disediakan oleh Indomaret. Jika ingin membayar melalui kasir, lakukan langkah berikut ini.

  1. Datanglah ke Indomaret terdekat dengan membawa kartu ID PLN.
  2. Sampaikan tujuan untuk membayar tagihan listrik ke kasir Indomaret.
  3. Berikan ID PLN kepada kasir untuk diproses.
  4. Tunggu beberapa saat hingga jumlah tagihan listrik ditampilkan di layar monitor dan disebutkan oleh kasir.
  5. Berikan uang sejumlah tagihan tersebut kepada kasir Indomaret.
  6. Kasir akan melakukan proses pembayaran tagihan listrik. Jika telah berhasil, maka kasir akan memberikan struk pembayaran tagihan listrik.

Cara membayar listrik di Indomaret sangat mudah. Pelanggan cukup memberikan nomor ID PLN ke kasir kemudian membayar tagihan listrik sesuai yang ditampilkan secara otomatis di monitor kasir.

BACA JUGA: Cara Pembayaran Shopee Lewat Alfamart

Cara Membayar Melalui i-Kios

Cara lainnya adalah menggunakan mesin i-Kios, namun tidak semua gerai Indomaret menyediakan mesin tersebut. Apabila di gerai Indomaret yang biasa ditemui tersedia mesin i-Kios, terdapat layar berukuran 21 inchi dengan fitur layar sentuh yang dapat digunakan untuk memproses pembayaran tagihan listrik.

Sehingga tidak perlu lagi menunggu kasir untuk memproses pembayaran tagihan listrik karena pengguna dapat memanfaatkan mesin i-Kios tersebut. Lakukan langkah berikut ini untuk memproses pembayaran tagihan listrik melalui i-Kios.

  1. Pada layar mesin i-Kios akan ditampilkan beberapa menu untuk dipilih. Pilih menu Pembayaran Tagihan Listrik.
  2. Ikuti instruksi yang ditampilkan di layar. Masukkan ID PLN saat diminta.
  3. Mesin i-Kios akan mengeluarkan struk yang harus dibayarkan di kasir Indomaret.
  4. Berikan struk tadi ke kasir untuk diproses. Kasir akan menyebutkan jumlah tagihan listrik yang harus dibayarkan.
  5. Berikan uang sejumlah tagihan tersebut kepada kasir.
  6. Kasir akan memberikan struk bukti tagihan listrik tersebut telah dibayar.

Cara bayar listrik di Indomaret memang sangat mudah. tetapi perlu diketahui bahwa dalam transaksi pembayaran tagihan listrik di Indomaret akan dikenakan biaya administrasi.

Biaya Administrasi

Transaksi pembayaran tagihan listrik di Indomaret akan dikenakan biaya administrasi. Biaya tersebut adalah sebesar Rp. 2.500 dan akan tertera pada struk pembayaran.

Syarat Membayar Tagihan Listrik di Indomaret

Pembayaran tagihan listrik di Indomaret tidak dapat dilakukan pada jam 23:45 hingga 00:30 sesuai ketetapan dari PLN. Sehingga pelanggan yang ingin melakukan pembayaran tagihan listrik disarankan untuk melakukan pembayaran di Indomaret sebelum jam 23:00.

BACA JUGA: Cara Bayar Angsuran FIF Melalui ATM BRI

Demikian penjelasan mengenai cara bayar listrik di Indomaret dan i-Kios. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi pembaca khususnya yang ingin mencoba melakukan pembayaran tagihan listrik di Indomaret.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo