Cara Bayar Angsuran FIF Melalui ATM BRI

TutorBisnis.com – Bagaimana cara bayar angsuran FIF melalui ATM BRI? Salah satu cara membayar angsuran FIF adalah melalui ATM BRI. Jika memiliki rekening BRI tentu akan lebih mudah dan cepat jika menggunakan cara tersebut.

Federal International Finance atau FIF adalah perusahaan pembiayaan yang menjadi bagian dari Astra Group. FIF menyediakan berbagai jenis pembiayaan, seperti motor baru, multiproduk, multiguna, serta Haji dan Umroh.

FIF menjadi solusi tepat bagi yang ingin membeli motor secara kredit. Karena bunga yang ditawarkan rendah dan proses pembiayaannya cepat dan mudah. Di samping itu, FIF bekerjasama dengan ribuan dealer motor Honda di seluruh Indonesia.

Proses pengajuan pembiayaan di FIF bisa dilakukan dengan mendatangi dealer motor Honda terdekat dan membawa persyaratan seperti fotokopi KTP dan slip gaji selama 3 bulan terakhir. Selanjutnya pihak FIF akan melakukan survei untuk menentukan nantinya pengajuan kredit disetujui atau tidak.

Jika pengajuan kredit telah disetujui, maka akan mendapatkan nomor kontrak yang berfungsi sebagai nomor pelanggan untuk membayar angsuran. Nomor tersebut akan digunakan ketika membayar angsuran FIF melalui ATM BRI.

BACA JUGA: Cara Transfer M-Banking BCA ke BRI

Cara Membayar Melalui ATM BRI

Membayar angsuran FIF melalui ATM BRI sangat mudah, cukup memasukkan kode finance FIF, lalu nomor kontrak pembayaran angsuran. Kemudian muncul detail angsuran yang harus dibayar. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Datang ke gerai ATM BRI terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu dengan benar sesuai dengan petunjuk pada stiker yang tertempel dekat slot kartu.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit angka PIN ATM dengan benar. Jika salah memasukkan PIN selama 3 kali berturut-turut, maka secara otomatis kartu ATM akan diblokir oleh sistem.
  5. Pada layar monitor akan ditampilkan beberapa pilihan transaksi. Pilih Menu Lainnya.
  6. Pilih Pembayaran/Pembelian.
  7. Lalu pilih Pembayaran/Pembelian Lain.
  8. Selanjutnya pilih Angsuran.
  9. Masukkan Kode Finance FIF (1001) atau bisa dilihat di menu Daftar Kode Institusi.
  10. Masukkan nomor kontrak FIF. Apabila sudah mengisi dengan benar, pilih Benar.
  11. Setelah itu akan ditampilkan detail data transaksi yaitu nomor kontrak, nama, jatuh tempo, angsuran, dan jumlah tagihan. Periksa kembali, jika sudah benar pilih Ya.
  12. Pilih jenis rekening yang digunakan untuk membayar angsuran tersebut. Pilih Dari Rekening Tabungan.
  13. Tunggu transaksi diproses hingga berhasil dan mesin akan mengeluarkan struk bukti transaksi sudah berhasil.
  14. Jangan lupa mengambil kartu ATM agar tidak tertelan di mesin ATM.

Jika mengalami kendala ketika membayar angsuran FIF di ATM BRI, hubungi Call Center FIF di nomor 1500-343 atau melalui WhatsApp di nomor 0895 21500 343.

Biaya Administrasi

Hal yang penting untuk diketahui adalah setiap pembayaran angsuran akan ddikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 3.000. Bayarlah angsuran secara tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo. Karena apabila terlambat membayar angsuran, maka akan dikenakan denda.

Di samping itu, motor dapat dicabut jika tidak membayar cicilan selama beberapa bulan. Membayar angsuran dengan tepat waktu menjadi kewajiban yang harus dilakukan.

BACA JUGA: Cara Transfer BRI ke BNI

Demikian penjelasan mengenai cara bayar angsuran FIF melalui ATM BRI. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan, dan investasi.

Artikel Terkait