Pengelolaan Keuangan

TutorBisnis.com – Hal yang sangat menentukan kelancaran suatu bisnis adalah manajemen keuangan dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan. Tetapi yang terjadi justru pebisnis terkesan asal-asalan dengan hal tersebut.

Jika dibiarkan maka lama kelamaan akan mengganggu kesehatan keuangan perusahaan yang bahkan mungkin bisa berujung kebangkrutan. Tentu kejadian tersebut harus diantisipasi oleh pebisnis manapun. Berikut ini adalah kesalahan dalam perencanaan keuangan yang harus dihindari.

1. Tidak Ada Perencanaan Keuangan

Hal yang utama dan penting saat mengelola bisnis adalah perencanaan keuangan, baik yang bertaraf kecil, menengah, hingga besar. Perencanaan keuangan yang baik akan membantu dalam mengatur dan mengelola keuangan bisnis sehingga resiko kerugian bisa dihindari.

Untuk mempertahankan bisnis, maka susunlah laporan keuangan yang jelas dan rinci. Karena akan memudahkan dalam mengukur sehat atau tidak kondisi keuangan pada usaha yang dijalankan.

2. Mencampur Uang Pribadi dan Bisnis

Mungkin nampak sepele, namun justru hal tersebut menjadi penyebab utama gagalnya sebuah bisnis. Jangan pernah mencampur aduk uang pribadi dengan bisnis, apalagi menggunakan kas usaha untuk kepentingan pribadi. Karena selain membuat cashflow berantakan, juga akan mempersulit saat menyusun laporan keuangan.

3. Cashflow Berantakan

Cashflow atau arus kas sangat berpengaruh pada perkembangan sebuah bisnis. Kesulitan keuangan yang terjadi pada kebanyakan perusahaan umumnya dikarenakan kondisi cashflow yang berantakan dan tidak jelas.

Maka sebaik mungkin patuhilah anggaran yang telah disusun, mencatat semua pemasukan, membuat pengeluaran yang logis, dan pertimbangkan secara matang sebelum membuat kebijakan. Karena secara tidak langsung regulasi akan berpengaruh pada kondisi keuangan bisnis yang dikelola.

4. Tidak Memahami Akuntansi

Akuntansi merupakan hal dasar yang harus dikuasai oleh setiap pebisnis karena memudahkan dalam membuat proses perencanaan dan pengelolaan keuangan suatu bisnis. Sehingga waktu, tenaga, dan pikiran bisa dimanfaatkan untuk fokus ke hal lainnya yang juga penting, seperti mengatur strategi supaya bisnis lebih berkembang.

Demikian informasi tentang beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan pada bisnis yang dijalankan. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi pembaca TutorBisnis.com.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo