Gadai BPKB Mobil

TutorBisnis.com – Apa saja yang harus diperhatikan ketika mengajukan pinjaman dana dengan cara ini? Cara kerja pinjaman ini sangat sederhana, yaitu menjaminkan dokumen kepemilikan kendaraan ke bank atau multifinance.

Ada 2 jenis gadai BPKB mobil:

  • Mobil sudah lunas dan BPKB sudah dimiliki, tinggal bawa ke bank atau multifinance untuk dijaminkan.
  • Mobil masih kredit, hanya dapat diajukan ke bank atau multifinance di tempat melakukan kredit.

Bank dan Perusahaan Pembiayaan Gadai BPKB

Berikut ini daftar bank dan lembaga pembiayaan yang menyediakan pinjaman dana dengan jaminan BPKB

1. Adira Finance

Adira Finance

Perusahaan multifinance terbesar di Indonesia yang terkenal dengan pembiayaan mobil dan motor baru dan bekas, serta memiliki produk refinancing. Cabang Adira tersebar hingga ke lokasi pelosok Indonesia. Adira dimiliki oleh Bank Danamon  sehingga sumber pendanaan lebih murah akibatnya bunga pinjaman di Adira lebih rendah.

2. BFI Finance

Suatu perusahaan multifinance dengan fokus di gadai BPKB kendaraan roda dua dan empat, dengan berbagai macam produk pinjaman. Ketentuan Kredit Agunan BPKB Mobil yaitu:

  • Suku bunga mulai dari 0,95% flat per bulan.
  • Plafon mulai dari Rp. 10 juta.
  • BPKB Passenger (Sedan, Jeep, Minibus) dengan tenor 1 hingga 4 tahun.
  • BPKB Commercial (Pick Up, Single, Mega, Double Cabin, Truk, dan Bus) dengan tenor 1 hingga 3 tahun.

3. Mandiri Tunas Finance

Mandiri Tunas Finance

Merupakan salah satu anak perusahaan dari Bank Mandiri yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor. Salah satu produknya yaitu KKB Multiguna yang menyediakan pembiayaan untuk pembelian barang dan jasa dengan agunan kendaraan berupa mobil kategori Passenger car atau sepeda motor atas nama nasabah dengan syarat dan ketentuan berikut ini:

  • Maksimum jangka waktu kredit mobil: 4 tahun.
  • Maksimal plafon sebesar Rp. 500 juta untuk mobil.
  • Maksimum usia kendaraan mobil: 15 tahun ketika kredit berakhir.

Tersedia mobile application yang menyediakan simulasi kredit pembiayaan yang diinginkan.

BACA JUGA: Pengajuan KPR

4. Pegadaian

Pegadaian menawarkan kredit kepada pengusaha mikro dan pengusaha kecil yang membutuhkan dana untuk pengembangan usaha dengan jaminan gadai BPKB mobil. Ada 2 jenis produk kredit:

  • Kreasi Ultra Mikro: Kredit yang diberikan kepada pengusaha mikro dan pengusaha kecil dengan jangka waktu tertentu dengan jaminan gadai untuk pengembangan usaha dengan pinjaman dana Rp. 10 juta ke bawah.
  • Kreasi Fleksi: Kredit yang diberikan kepada pengusaha mikro dan pengusaha kecil dengan jangka waktu tertentu dengan jaminan gadai untuk pengembangan usaha yang mana angsuran dilakukan secara sekali bayar atau secara berjangka.

Syarat gadai BPKB mobil di Pegadaian:

  • Legalitas Usaha (SIUP, SITU, Surat Keterangan Usaha) atas nama Pemohon, Legalitas Kendaraan (BPKB, STNK, Faktur, Kuitansi) atas nama Pemohon, Kartu Keluarga, KTP (suami istri jika pemohon sudah berkeluarga).
  • Usaha atas nama Pemohon dan telah berjalan efektif minimal 1 tahun yang memiliki legalitas usaha (SIUP/SITU/Surat Keterangan Usaha).
  • Jaminan BPKB mobil atas nama Pemohon dengan umur mobil makksimal 20 tahun beserta surat lengkap.

Pengajuan dapat dilakukan di seluruh Pegadaian konvensional, agen Pegadaian, dan aplikasi Pegadaian Digital Service secara online. Sedangkan di Pegadaian Syariah dapat dilakukan dengan Pembiayaan ARRUM (Ar Rahn Untuk Usaha Mikro) untuk pengembangan UMKM dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor. Fiturnya adalah:

  • Proses transaksi berprinsip Syariah yang adil dan menentramkan sesuai fatwa DSN – MUI.
  • Pilihan jangka waktu pinjaman dari 12, 18, 24, dan 36 bulan.
  • Tarif menarik dan kompetitif.
  • BPKB disimpan pihak Pegadaian dan kendaraan bisa digunakan nasabah.
  • Marhun Bih (uang pinjaman) mulai dari Rp. 1 juta hingga Rp. 400 juta.

5. Gadai BPKB Mobil BRI

Gadai BPKB Mobil BRI

BRI menawarkan refinancing yang memberikan dana cepat dengan agunan kendaraan bermotor yang dimiliki nasabah. Keuntungannya adalah suku bunga yang kompetitif, tenor hingga 4 tahun, berlaku untuk semua merk dan tipe kendaraan. Suku bunga sebesar 5,50% flat per bulan. Beberapa hal yang wajib dipenuhi:

  • Mengisi formulir aplikasi KKB BRI.
  • Warga Negara Indonesia.
  • Membuka rekening BRItama.
  • Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah.
  • Lokasi tempat tinggal/lokasi bekerja/usaha/praktek debitur di kota Kantor Cabang berada.
  • Melampirkan dokumen kredit (fotokopi KTP, fotokopi KK, NPWP, pas foto suami / istri terbaru, surat keterangan gaji, dan sebagainya).

6. BCA

KKB Refinancing merupakan alternatif sumber dana dengan agunan BPKB mobil. Keuntungan mengambil KKB di BCA yaitu suku bunga flat dan fix selama waktu tenor. Selama masa kredit, jumlah angsuran tidak akan berubah. Suku bunga sebesar 4,25% flat per bulan dengan tenor paling lama 7 tahun. Syarat dan ketentuannya adalah:

  • Warga Negara Indonesia
  • Pekerjaan: karyawan tetap/wiraswasta/profesional/perusahaan dengan lama bekerja minimal 2 tahun (tetap)
  • Usia: minimal 18 tahun atau seudah menikah, dan maksimal 64 tahun (saat kredit berakhir)
  • Wajib diasuransikan melalui KKB BCA. Komprehensif untuk tahun pertama dan minimal TLO tahun berikutnya (kecuali Truk TLO selama jangka waktu kredit)
  • Pembayaran Auto debet rekening BCA

BACA JUGA: Gadai Sertifikat Rumah

Manfaat Refinancing Gadai BPKB

Beberapa manfaat dari refinancing gadai BPKB adalah:

1. Dana Tunai

Memperoleh dana tunai yang dapat digunakan untuk hal apapun, seperti biaya renovas rumah, wisata/perjalanan, pendidikan, elektronik, dan lain-lain. Berbeda dengan pinjaman mobil (KPM) yang dananya hanya ditujukan untuk membeli mobil.

2. Langsung Cair

Dana hasil gadai BPKB akan langsung cair ke rekening nasabah. Berbeda dengan kredit mobil yang pencairan dananya ke dealer mobil atau pada kasus KPR, dananya dicairkan ke developer.

3. Bunga Lebih Murah dari KTA

Bunganya jauh lebih murah, yaitu sebesar 10% flat per tahun atau 19% effective per tahun. Dibandingkan dengan bunga KTA atau pinjaman online yang mencapai 30% flat per tahun dan 24% flat per bulan.

Hal tersebut karena merupakan kredit dengan agunan maka resikonya lebih rendah dari sisi bank atau leasing, dibandingkan KTA atau pinjaman online. Apabila nasabah menunggak maka bank dapat menyita mobil untuk dilelang, hal ini tidak dapat dilakukan pada KTA dan pinjaman online.

BACA JUGA: Kredit Tanpa Agunan

4. Tenor Panjang

Menyediakan masa pinjaman hingga 3 tahun atau 36 bulan, sehingga memiliki fleksibilitas dalam menentukan jangka waktu yang paling tepat yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar. Selain itu menurunkan beban cicilan per bulan sehingga menjadi lebih ringan. Namun perhatikan bahwa bunga yang dibayarkan lebih banyak.

5. Plafon Besar

Menyediakan plafon kredit yang besar karena dihitung berdasarkan nilai kendaraan. Biasanya bank atau leasing menyediakan plafon pinjaman 70% hingga 80% dari taksiran harga mobil yang dijaminkan.

Pinjaman melalui cara gadai BPKB ke bank, multifinance, dan leasing menawarkan bunga kredit yang lebih murah dibandingkan KTA dan pinjaman online. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencari alternatif pinjaman dana terbaik.

Saat ini masih menjadi mahasiswi Jurusan Akuntansi di salah satu Universitas di Indonesia. Sedang mendalami materi tentang entitas berdasarkan performa keuangan, pelaporan informasi keuangan organisasi, akuntansi manajerial, dll.
close
Shopee Promo