Cara Transfer ShopeePay ke Rekening Bank

TutorBisnis.com – Bagaimana cara transfer ShopeePay ke rekening bank? Shopee adalah sebuah aplikasi marketplace yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Shopee menyediakan dompet digital atau uang elektronik bernama ShopeePay.

ShopeePay tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran belanja di aplikasi Shopee saja, tetapi juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi di berbagai merchant yang bekerjasama dengan Shopee.

Bagi pemilik merchant yang menyediakan pembayaran melalui ShopeePay, maka saldo ShopeePay yang terkumpul dari penjualan akan tersimpan di dompet ShopeePay dan dapat ditarik ke rekening bank.

Penarikan saldo ShopeePay ke rekening bank sangat mudah dilakukan. Selain itu, dapat ditujukan ke berbagai bank yang telah bekerjasama dengan Shopee. Bank tersebut adalah Bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan lain-lain.

Syarat dan Biaya Penarikan

Penarikan saldo ShopeePay tentu harus mengikuti ketentuan supaya proses penarikan berhasil dilakukan. Berikut ini adalah persyaratan untuk melakukan penarikan saldo ShopeePay ke rekening bank:

  • Pengguna wajib melakukan verifikasi akun ShopeePay dengan menggunakan KTP.
  • Penarikan atau transfer minimal sebesar Rp. 5.000.
  • Jika melakukan penarikan saldo ShopeePay di bawah Rp. 50.000 ke rekening bank, dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000.
  • Sedangkan penarikan saldo ShopeePay di atas Rp. 50.000 tidak dikenakan biaya.

BACA JUGA: Cara Top Up ShopeePay Lewat ATM

Cara Verifikasi Akun ShopeePay

Pengguna ShopeePay harus melakukan verifikasi akun ShopeePay terlebih dahulu. Tujuannya adalah menjaga keamanan akun tersebut dari tindak kejahatan atau penyalahgunaan. Verifikasi akun ShopeePayakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone yang terhubung dengan jaringan internet yang stabil.
  2. Pilih menu Isi Saldo ShopeePay.
  3. Selanjutnya pilih Transfer, lalu akan muncul notifikasi Verifikasi KTP/KITAS. Lakukan verifikasi dengan memilih Verifikasi.
  4. Isi data sesuai yang tertera di KTP. Setelah itu lanjutkkan dengan klik Konfirmasi.
  5. Kemudian pihak Shopee akan melakukan verifikasi pada identitas yang telah diberikan selama kurang lebih 2 x 24 jam.

Cara Transfer ShopeePay ke Rekening Bank

Setelah verifikasi akun ShopeePay berhasil, maka penarikan saldo ShopeePay ke rekening bank bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee, lalu pilih menu Isi Ulang ShopeePay.
  2. Pilih menu Transfer.
  3. Selanjutnya pilih Penarikan ke Rekening Bank.
  4. Kemudian pilih jenis rekening yang akan menerima penarikan saldo ShopeePay, lalu masukkan jumlah saldo yang ingin ditarik, minimal Rp. 5.000. Pilih Lanjutkan.
  5. Setelah itu akan ditampilkan detail transaksi penarikan saldo ShopeePay. Periksa kembali, jika sudah benar, klik Konfirmasi.
  6. Masukkan PIN ShopeePay dengan benar atau menggunakan autentikasi sidik jari.
  7. Lalu akan ditampilkan rincian penarikan saldo ShopeePay tersebut sudah berhasil.

BACA JUGA: Cara Bayar Shopee PayLater

Lama Penarikan Saldo ShopeePay

Saldo ShopeePay yang ditarik ke rekening bank secara otomatis akan masuk ke rekening tujuan. Penarikan saldo ShopeePay tentu membutuhkan waktu hingga saldo masuk ke rekening tersebut. Lama penarikan saldo ShopeePay berdasarkan pada jenis rekening bank yang dipilih.

  • BCA: 1 hari kalender
  • BNI: 1 hari kalender
  • BNI Syariah: 1 hari kerja
  • BRI: 1 – 2 hari kalender
  • Mandiri: 1 hari kalender
  • Bank Lainnya: 1 – 4 hari kerja

Jika saldo ShopeePay yang ditarik tidak juga masuk ke rekening tujuan melebihi lama penarikan yang telah disebutkan di atas, hubungi Call Center Shopee di nomor 1500702 atau melalui email help.shopee.co.id.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan ShopeePinjam

Demikian penjelasan mengenai cara transfer ShopeePay ke rekening bank. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca TutorBisnis.com.

Saat ini masih menjadi mahasiswi Jurusan Akuntansi di salah satu Universitas di Indonesia. Sedang mendalami materi tentang entitas berdasarkan performa keuangan, pelaporan informasi keuangan organisasi, akuntansi manajerial, dll.
close
Shopee Promo