Cara Daftar LinkAja

TutorBisnis.com – Bagaimana cara daftar LinkAja? Dompet digital sudah semakin dikenal oleh masyarakat dan sudah ada beberapa dompet digital yang muncul di Indonesia. Salah satu dompet digital yang digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah LinkAja.

LinkAja adalah sebuah aplikasi dompet digital atau dikenal dengan istilah e-wallet yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi keuangan non tunai. Seperti kartu debit, LinkAja juga bisa digunakan untuk melakukan transfer, pembayaran tagihan, pembelian barang dan pulsa, serta pencairan kartu prakerja.

Aplikasi LinkAja bekerjasama dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga penggunaan dompet digital ini cukup aman. Dulu LinkAja bernama T-Cash yang merupakan hasil kerjasama dengan Telkomsel. Sekarang, LinkAja berkolaborasi bersama Pertamina, Jiwasraya, dan bank BUMN.

Cara Daftar LinkAja

Cara Daftar LinkAja

Pengguna dompet digital LinkAja akan mendapatkan keuntungan, seperti banyaknya promo yang ditawarkan oleh LinkAja. Selain itu penggunaannya juga mudah dan cepat, hanya dengan melakukan registrasi atau pendaftaran akun pada aplikasi LinkAja yang terpasang di smartphone, sudah dapat digunakan untuk bertransaksi.

Cara daftar LinkAja dapat dilakukan pada smartphone yang mendukung aplikasi LinkAja. Cara mendaftar LinkAja sangat mudah, pengguna tinggal memasukkan data diri dan nomor handphone yang aktif. Berikut ini adalah cara daftar LinkAja:

  1. Unduh aplikasi LinkAja di PlayStore atau AppStore.
  2. Setelah terpasang di smartphone, buka aplikasi tersebut lalu mendaftar. Saat membuka aplikasi LinkAja, akan muncul tulisan Ijinkan Link/aja untuk melakukan dan mengelola panggilan?. Pilih Izinkan.
  3. Selanjutnya akan ditampilkan berbagai keunggulan dari dompet digital LinkAja. Geser ke kanan hingga ditampilkan Syarat dan Ketentuan. Klik Lanjut.
  4. Kemudian akan ditampilkan tulisan Izinkan LinkAja untuk mengakses lokasi perangkat ini? Klik Izinkan.
  5. Masukkan nomor handphone yang aktif lalu klik Mulai.
  6. Setelah itu akan muncul SMS yang berisi kode verifikasi.
  7. Masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam kolom yang disediakan.
  8. Berikutnya lengkapi data diri yang diminta beserta foto profil untuk akun LinkAja. Klik Lanjut.
  9. Masukkan alamat email yang aktif, lalu klik Kirim.
  10. Buat 6 digit angka PIN untuk akun Linkaja yang dibuat.
  11. Masukkan lagi PIN tadi untuk proses konfirmasi.
  12. Setelah pendaftaran berhasil, akun LinkAja sudah dapat digunakan untuk bertransaksi.

Hal yang perlu diperhatikan adalah setelah mendaftar LinkAja, pengguna harus memiliki saldo pada akun LinkAja supaya dapat digunakan untuk melakukan transaksi. Untuk menambahkan saldo, maka pengguna LinkAja harus melakukan pengisian saldo atau top up.

Batas Jumlah Saldo LinkAja

Pengisian saldo LinkAja bisa dilakukan pada mitra yang bekerjasama dengan LinkAja, seperti Grapari, KIOSK, ATM, toko ritel, dan bank transfer. Jika pengisian saldo telah berhasil, maka akun tersebut sudah dapat digunakan untuk bertransaksi. Batas maksimal jumlah saldo pada akun LinkAja Basic Service yaitu sebesar Rp. 2.000.000.

Tetapi jika pengguna merasa kuang puas dengan batas saldo yang disediakan pada akun LinkAja Basic Service, pengguna dapat melakukan upgrade akun LinkAja menjadi Full Service yang memberikan batas maksimal jumlah saldo hingga Rp. 10.000.000.

Cara Upgrade Akun LinkAja Full Service

Cara Upgrade Akun LinkAja Full Service

Jika pengguna aplikasi LinkAja ingin mendapatkan batas maksimal jumlah saldo yang lebih besar dari akun LinkAja Basic Service, maka pengguna dapat melakukan upgrade akun LinkAja Full Service dengan cara sebagai berikut:Buka aplikasi LinkAja.

  1. Pilih menu Akun di bagian kanan bawah.
  2. Lalu pilih Tipe Akun, kemudian pilih Upgrade Sekarang.
  3. Selanjutnya klik Ambil Foto, lalu foto KTP secara jelas dan data yang tertera dapat terbaca. Gunakan KTP asli bukan Salinan. Jika sudah, lanjutkan klik Gunakan Foto.
  4. Masukkan nomor e-KTP dan nama ibu kandung. Jika sudah diisi dengan benar, klik Lanjut.
  5. Berikutnya klik Ambil Foto, lalu ambil foto wajah dan pastikan terlihat jelas tanpa kacamata dan masker. Jika sudah sesuai, klik Gunakan Foto.
  6. Klik Ya, Kirim.
  7. Tunggu pengajuan upgrade akun Linkaja diproses. Jika sudah berhasil, maka akan muncul notifikasi Upgrade Full Service Berhasil.

Keuntungan dari menggunakan akun LinkAja Full Service selain batas maksimal jumlah saldo lebih besar, pengguna bisa melakukan transaksi transfer dan tarik tunai menggunakan akun tersebut.

Demikian penjelasan mengenai cara daftar LinkAja. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi yang ingin mencoba dompet digital sebagai salah satu alat transaksi.

Baca juga:

Artikel Terkait

close
Shopee Promo