Tabungan Pendidikan Anak BCA

TutorBisnis.com – Apa saja jenis tabungan pendidikan anak BCA? Bank Central Asia (BCA) merupakan bank swasta yang terpercaya dan aman untuk menyimpan uang. Bagi masyarakat yang ingin menyiapkan dana untuk pendidikan anak di masa depan, tabungan pendidikan anak BCA merupakan salah satu solusi yang tepat.

Apalagi seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, biaya pendidikan anak akan semakin mahal. Pada tabungan pendidikan anak BCA, nasabah dapat mempersiapkan biaya pendidikan di masa depan secara aman. Selain itu, nasabah juga memperoleh berbagai keuntungan berupa layanan dan fasilitas.

Jenis Tabungan Pendidikan Anak BCA

Jenis Tabungan Pendidikan Anak BCA

Terdapat banyak pilihan produk tabungan yang disediakan di Bank BBCA. Tetapi bagi nasabah yang memiliki tujuan keuangan untuk biaya pendidikan anak, maka nasabah sebaiknya memilih jenis tabungan pendidikan anak BCA yang bernama Tahapan Berjangka.

Baca juga: Cara Kredit Motor di BCA

Tahapan Berjangka BCA ditujukan bagi nasabah yang memiliki niat menabung secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Pada tabungan Tahapan Berjangka, nasabah menabung dengan mata uang Rupiah dengan jangka waktu menabung 12 hingga 24 bulan.

Ketika dalam masa proses menabung, nasabah tidak dapat melakukan penarikan terhadap uang yang telah disetorkan sewaktu-waktu. Nasabah dapat menarik saldo tabungannya saat jangka waktu menabung sudah selesai.

Keunggulan Tahapan Berjangka BCA

Keunggulan Tahapan Berjangka BCA

  • Nasabah bisa mencapai tujuan keuangan yang diinginkan melalui menabung secara rutin pada tabungan Tahapan Berjangka BCA.
  • Terbentuknya kebiasaan pada nasabah untuk menabung secara rutin.
  • Adanya suku bunga lebih besar dibandingkan dengan jenis tabungan BCA reguler beserta imbal hasil yang menarik bagi nasabah.
  • Nasabah bisa menambah dana sewaktu-waktu di luar setoran bulanan.
  • Nasabah berhak atas asuransi jiwa selama jangka waktu menabung.

Baca juga: Suku Bunga Deposito BCA

Syarat Buka Rekening Tahapan Berjangka BCA

Jika tertarik dengan jenis tabungan pendidikan anak BCA, maka pilihlah rekening tabungan Tahapan Berjangka BCA. Perhatikan Syarat dan Ketentuan untuk membuka rekening Tahapan Berjangka BCA berikut ini:

  • Warga Negara Indonesia berusia minimal 12 tahun dan maksimal 60 tahun.
  • Jangka waktu maksimal untuk menabung hingga nasabah berulang tahun di usia 65 tahun.
  • Sudah memiliki produk tabungan BCA Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau Tapres BCA.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening tabungan Tahapan Berjangka.
  • Julah setoran minimal sebesar Rp. 500.000 per bulan dengan kelipatan Rp. 50.000.
  • Jangka waktu menabung minimal hingga 12 bulan dan maksimal hingga 240 bulan.
  • Menyetujui Syarat dan Ketentuan pembukaan rekening beserta Syarat dan Ketentuan produk asuransi jiwa.
  • Menyetujui jika nasabah tidak dapat melakukan penarikan dana selama jangka waktu menabung.

Baca juga: Cara Bayar BFI Lewat ATM BCA

Suku Bunga Tahapan Berjangka BCA

Hal yang paling menarik dari Tahapan Berjangka BCA dibandingkan jenis tabungan pendidikan anak BCA lainnya adalah suku bunga yang lebih tinggi. Tetapi suku bunga tersebut berdasarkan jumlah setoran rutin setiap bulan. Perhatikan tabel di bawah ini.

Jumlah Setoran per BulanSuku Bunga
1 – < 3 tahun3 – < 5 tahun5 – < 10 tahun≥ 10 tahun
< Rp. 1.000.0002,75%3,25%3,50%3,75%
≥ Rp. 1.000.0003,25%3,50%3,75%3,75%

Suku bunga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu (floating). Jika ingin mengetahui jumlah suku bunga terbaru pada Tahapan Berjangka BCA, datang ke kantor cabang BCA terdekat atau hubungi Halo BCA di nomor 1500888.

Baca juga: Cara Setor Tunai BCA Tanpa Kartu ATM

Biaya Administrasi

Setelah mengetahui syarat membuka rekening tabungan Tahapan Berjangka BCA, kelebihan, serta suku bunganya, tentu juga ingin mengetahui biaya administrasi pada jenis tabungan pendidikan anak BCA tersebut. Berikut ini biaya administrasi Tahapan Berjangka BCA:

  • Biaya transaksi penyetoran melalui counter: GRATIS
  • Biaya administrasi bulanan: GRATIS
  • Biaya gagal debet: GRATIS
  • Biaya premi asuransi: GRATIS
  • Penutupan rekening sebelum tanggal jatuh tempo: 1% x saldo akhir pada rekening minimal Rp. 50.000 atau maksimal sebesar akumulasi bunga yang telah dibayarkan kepada nasabah.

Cara Buka Rekening Tahapan Berjangka BCA

Cara Buka Rekening Tahapan Berjangka BCA

Jika sudah memenuhi dan melengkapi persyaratan yang telah disebutkan di atas, maka pembukaan rekening Tahapan Berjangka BCA dapat dilakukan. Bawa semua persyaratan tersebut ke kantor cabang BCA terdekat lalu datangi petugas Customer Service.

Petugas Customer Service akan membantu melakukan proses pembukaan rekening Tahapan Berjangka BCA hingga berhasil. Setelah itu, nasabah wajib melakukan penyetoran setiap bulan sesuai jangka waktu yang sudah dipilih. Penyetoran dilakukan secara autodebit dari rekening sumber dana dengan jumlah minimal sebesar Rp. 500.000.

Apabila nasabah tidak melakukan pendebitan dana selama 3 bulan berturut-turut, maka rekening Tahapan Berjangka BCA milik nasabah tersebut akan ditutup secara otomatis dan dananya akan dikembalikan ke rekening sumber dana. Sedangkan jika tidak tersedia dana saat tanggal pendebitan, maka pendebetan ulang akan dilakukan di akhir bulan berjalan.

Baca juga: Cara Mengatasi KeyBCA Ke Lock

Demikian penjelasan mengenai jenis tabungan pendidikan anak BCA. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang ingin berinvestasi untuk biaya pendidikan anak di masa depan.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo