Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

TutorBisnis.com – Bagaimana cara mendapatkan uang dari Facebook? Terdapat banyak cara untuk mendapatkan uang dari Facebook, bahkan beberapa cara bisa dilakukan tanpa modal.

Aplikasi Facebook telah digunakan oleh banyak orang di dunia sebagai alat komunikasi atau pencarian informasi. Ternyata Facebook tidak hanya berfungsi sebagai media sosial saja, tetapi juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang.

Sudah banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan Facebook sebagai sumber penghasilan hingga mencapai ratusan juta Rupiah. Facebook memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk memanfaatkan fitur yang tersedia untuk menambah penghasilan.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Cara menghasilkan Uang dari Facebook

Bagi yang tertarik mencoba menggunakan Facebook untuk menambah penghasilan, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pengguna Facebook untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

1. Monetisasi Video Facebook

Pada aplikasi Facebook terdapat program monetisasi video yang bernama Ad Break. Pengguna Facebook akan mendapatkan penghasilan dari mengunggah video di fitur Halaman atau Fanspage.

Facebook Ad Break menjadi alternatif selain Youtube dengan potensi penghasilan yang sangat besar. Untuk mendapatkan monetisasi pada Ad Break, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Fanspage yang digunakan memiliki minimal 10.000 pengikut.
  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Memiliki video dengan jam tayang mencapai 30.000 jam selama jangka waktu 60 hari dalam tayangan 1 menit pada video dengan durasi minimal 3 menit.
  • Memenuhi kebijakan monetisasi partner.

Apabila ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara menghasilkan uang dari Video Facebook atau Ad Break, buka halaman facebook.com/creators/tools/in-stream-ads.

2. Menjadi Gamer di Facebook Gaming

Program monetisasi lainnya yang tersedia di Facebook adalah menjadi gamer pada fitur Facebook Gaming. Pengguna Facebook bisa menambah penghasilan dengan cara bermain game di aplikasi Facebook secara streaming.

Cara ini hampir sama dengan Ad Breaks yang mana pengguna Facebook harus membuat Halaman atau Fanspage terlebih dahulu yang digunakan untuk streaming. Syarat dari program ini dapat dilihat di halaman facebook.com/fbgaminghome/.

3. Membuka Toko Online (Online Shop)

Cara yang paling mudah adalah membuka online shop atau toko online di aplikasi Facebook. Pengguna Facbeook dapat menjual produk melalui akun pribadi ataupun fanspage. Supaya lebih mudah dalam mendapatkan pelanggan, sebaiknya buka toko online di fanspage yang dapat terhubung dengan Facebook Ads atau iklan Facebook.

Pengguna Facebook juga tidak harus menyediakan barang sendiri karena dapat melakukan sistem dropship dari supplier. Penjualan secara dropship di fanspage Facebook akan meminimalisir kerugian dan tidak membutuhkan modal yang besar.

4. Jasa Pemasangan Iklan Facebook

Pemasangan iklan Facebook atau Facebook Ads merupakan salah satu solusi untuk menambah penghasilan dari Facebook. Tetapi cara ini termasuk sulit sehingga tidak semua pengguna Facebook dapat melakukannya.

Selain itu cara ini juga membutuhkan modal yang cukup besar sebagai saldo iklan. Apabila terjadi kesalahan iklan, maka saldo tersebut dapat habis dan sia-sia. Karena itu pastikan terlebih dahulu bahwa jasa ini dapat digunakan sebelum mencobanya.

5. Menjual Jasa

Cara lainnya adalah menjual jasa berdasarkan keahlian atau skill yang dimiliki. Jasa tersebut seperti desain grafis, penulis artikel, atau keahlian yang lainnya. cara ini dapat dilakukan melalui fitur Marketplace yang terdapat di aplikasi Facebook. Siapapun dapat menggunakan fitur tersebut dan tidak dikenakan biaya.

6. Berjualan di Group

Bagi pemilik usaha dapat melakukan pemasaran produk pada fitur Group, seperti group jual beli. Supaya lebih efisien, carilah group Facebook yang memiliki target pasar atau domisili yang sama. Misalnya, jika memiliki usaha dalam bisang elektronik, bergabunglah dengan group yang memiliki ketertarikan terhadap elektronik.

7. Jasa Tambah Likes

Fanspage menjadi lebih dipercaya oleh konsumen dengan banyaknya jumlah Suka atau Like pada fanspage tersebut. Pemilik fanspage membutuhkan jasa penambah likes untuk meningkatkan profesionalitas fanspage tersebut.

Karena itu jasa penambahan likes merupakan salah satu cara untuk menddapatkan tambahan penghasilan dari Facebook. Cara ini bisa dilakukan oleh pengguna Facebook yang memiliki pengetahuan dan tools yang mumpuni.

8. Influencer

Profesi influencer tak hanya terdapat di Instagram atau Youtube saja, di Facebook juga terdapat influencer yang membuat berbagai konten kreatif yang selalu baru. Banyak fanspage yang membutuhkan influencer untuk mengembangkan usahanya. Caranya yaitu dengan mencari pengguna Facebook dengan jumlah pengikut, postingan, dan suka dalam jumlah banyak.

Bagi pengguna Facebook yang memiliki bakat untuk membuat konten kreatif dan memiliki banyak pengikut dan suka, bisa mencoba cara ini untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari Facebook.

9. Buzzer

Buzzer adalah orang atau akun media sosial yang bisa melakukan promosi suatu produk, menyebarkan isu atau tokoh untuk dipilih oleh masyarakat. Buzzer dapat menjadi salah satu strategi marketing dalam berbisnis. Banyak pengusaha yang sukses dan trending dengan bantuan buzzer dalam mempromosikan produk.

10. Menjual Akun Facebook dan Fanspage

Penjualan akun Facebook dapat dilakukan pada orang yang membutuhkan akun sebagai ladang bisnis. Syarat menjual akun Facebook adalah akun tersebut memiliki banyak pengikut atau teman. Harga penjualan akun Facebook berdasarkan kesepakatan pennjual dan pembeli.

Sedangkan pada penjualan akun fanspage harus memenuhi syarat monetisasi Ad Break. Harga yang didapatkan dari penjualan akun fanspage cukup tinggi apabila fanspage tersebut memiliki jumlah likes minimal 10.000.

BACA JUGA: Cara Menghasilkan Uang Lewat Handphone Bagi Pemula

Demikian cara mendapatkan uang dari Facebook. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang ingin mencoba menambah penghasilan.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo