Cara Mengganti PIN SMS Banking BRI

TutorBisnis.com – Bagaimana cara mengganti PIN SMS Banking BRI? SMS Banking adalah sebuah layanan yang diberikan oleh Bank BRI yang bertujuan untuk memudahkan nasabah melakukan transaksi.

Kelebihan dari SMS Banking dibandingkan layanan lainnya adalah dapat diakses pada semua jenis handphone dan tidak membutuhkan jaringan internet. Sedangkan kekurangannya adalah transaksi menggunakan layanan SMS Banking dikenakan biaya per transaksi.

Biaya tersebut akan diambil dari pemotongan pulsa berdasarkan kebijakan operator seluler yang digunakan. Biasanya pulsa dipotong saat mengirim dan menerima pesan dari nomor SMS Banking BRI. Sehingga pastikan tersedia cukup pulsa saat akan bertransaksi menggunakan SMS Banking.

Cara Registrasi

Saat nasabah lupa dengan kode PIN SMS Banking BRI, lakukan registrasi ulang di gerai ATM BRI. Karena penggantian PIN harus memasukkan PIN yang lama. Lakukan langkah berikut ini untuk registrasi SMS Banking:

  1. Datang ke gerai ATM BRI terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu dengan benar sesuai petunjuk yang tertera pada stiker yang tertempel di dekat slot kartu ATM.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar. Karena jika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut, kartu ATM akan secara otomatis terblokir oleh sistem.
  5. Pilih menu Transaksi Lainnya, lalu pilih Lainnya.
  6. Selanjutnya pilih Menu Registrasi.
  7. Kemudian pilih Mobile Banking.
  8. Masukkan nomor handphone yang ingin digunakan untuk melakukan transaksi SMS Banking, lalu pilih Benar.
  9. Buat 6 digit PIN SMS Banking, lalu pilih Benar.
  10. Masukkan kembali PIN SMS Banking yang sudah dibuat.
  11. Setelah pendaftaran layanan SMS Banking berhasil, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti registrasi berhasil. Nasabah dapat menggunakan layanan SMS Banking menggunakan PIN yang telah dibuat tadi.

BACA JUGA: Cara Setor Tunai di ATM BRI

Cara Mengganti PIN SMS Banking BRI

Jika sudah berhasil registrasi ulang dan membuat PIN yang baru, disarankan untuk melakukan penggantian PIN secara berkala untuk menjaga keamanan dalam bertransaksi menggunakan SMS Banking BRI.

Penggantian PIN SMS Banking BRI sangat mudah dan dapat dilakukan melalui aplikasi BRI Mobile. Berikut ini adalah cara untuk mengganti PIN SMS Banking BRI melalui aplikasi BRI Mobile:

  1. Unduh aplikasi BRI Mobile yang tersedia di PlayStore dan AppStore. Setelah terpasang di smartphone,buka aplikasi tersebut.
  2. Pilih menu Mobile Banking BRI.
  3. Lalu pilih Pelayanan Nasabah.
  4. Selanjutnya pilih Ganti PIN.
  5. Kemudian masukkan PIN baru SMS Banking dan ulangi memasukkan PIN tersebut. Klik OK.
  6. Masukkan PIN lama SMS Banking, lalu klik Send.
  7. Selanjutnya akan ada pembritahuan bahwa BRI Mobile akan melakukan transaksi menggunakan SMS, klik OK.
  8. Lalu secara otomatis akan beralih ke fitur SMS di smartphone dan muncul format SMS. Kirim format SMS tersebut ke nomor 3300.
  9. Jika sudah berhasil, maka PIN yang baru dapat digunakan untuk melakukan transaksi pada layanan SMS Banking BRI.

BACA JUGA: Cara Mengetahui Nomor Rekening BRI

Demikian penjelasan mengenai cara mengganti PIN SMS Banking BRI. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah BRI yang mengalami kendala lupa PIN SMS Banking BRI.

Artikel Terkait