Asuransi Kesehatan

TutorBisnis.com – Di mana asuransi kesehatan yang menawarkan hospital cash plan? Jika memiliki budget terbatas sementara kebutuhan proteksi biaya kesehatan mendesak, disarankan untuk mengambil asuransi cash plan terlebih dahulu.

Asuransi kesehatan hospital cash plan merupakan jenis asuransi dengan premi murah terjangkau yang menawarkan santunan dana harian selama rawat inap di Rumah Sakit. Keunggulannya yaitu premi terjangkau, pengajuan tanpa medical check-up dan klaim mudah. Berikut ini adalah perusahaan yang menyediakan asuransi jenis ini.

1. CIGNA

CIGNA merupakan perusahaan asuransi pionir yang menyediakan hospital cash plan dengan salah satu produknya yaitu CIGNA Proteksi Sehat, yang memberikan:

  • Manfaat Harian Perawatan Rumah Sakit jika Tertanggung dirawat inap di Rumah Sakit karena sakit atau kecelakaan diberikan santunan mulai dari Rp. 300.000 hingga Rp. 1.500.000 per hari.
  • Manfaat Pembedahan yang dibayarkan berdasarkan tipe pembedahan kecil, sedang, besar, atau khusus mulai dari Rp. 3.000.000 hingga Rp. 15.000.000 per kejadian.

Syaratnya adalah peserta berusia minimal 21 tahun dengan masa pertanggungan bisa diperpanjang hingga usia 75 tahun untuk Tertanggung Utama dan Pasangan, dan usia 23 tahun untuk Tertanggung anak. Premi dapat dibayar secara bulanan, kuartalan, semesteran, dan tahunan.

BACA JUGA: Asuransi Kesehatan Syariah

2. Simas

Asuransi Sinar Mas (Simas) menawarkan Simas Sehat yang memberikan:

  • Santunan Tunai Harian hingga Rp. 500.000 per hari selama 365 hari.
  • Santunan Pembedahan yang menyediakan ganti biaya pembedahan hingga Rp. 10.000.000 per pembedahan.
  • Cash Bonus yang menyediakan manfaat hingga Rp. 500.000 jika tidak terjadi klaim selama 12 bulan berturut-turut.
  • Santunan Meninggal Dunia dan Cacat Tetap Akibat Kecelakaan hingga Rp. 100.000.000.

Perlu diperhatikan adanya masa tunggu di Simas Sehat Income, yaitu mengecualikan penyakit yang terjadi selama:

  • 30 hari pertama sejak tanggal efektif polis kecuali karena kecelakaan.
  • 12 bulan pertama sejak tanggal efektif polis untuk penyakit yang secara medis dinyatakan kronis baru bisa dijamin apabila terjadi setelah 12 bulan dari tanggal efektif polis.

Tersedia simulasi premi Simas Sehat Income di situs Simas untuk mengetahui biaya premi yang harus dibayarkan sesuai dengan kondisi peserta.

3. Mandiri AXA

AXA Mandiri menghadirkan AXA Hospital Plan yang memberikan santunan tunai harian untuk rawat inap dan ICU akibat sakit atau kecelakaan, serta santunan cacat tetap hingga kematian dan pemakaman jika terjadi kecelakaan.

Tersedia perlindungan kesehatan dengan batasan usia 17 – 60 tahun dengan masa pertanggungan asuransi selama 1 tahun dan bisa diperpanjang dengan membayar premi. Premi mulai dari Rp. 108.333 per bulan.

4. BCA

Hospital 100% Refundable merupakan asuransi kesehatan bagi nasabah BCA dari BCA Life yang menawarkan penggantian biaya harian Kamar Rawat Inap, serta penggantian biaya harian Kamar Unit Perawatan Intensif di Rumah Sakit karena sakit atau kecelakaan.

Selain itu juga menawarkan tambahan manfaat Pengembalian Premi hingga 200% untuk manfaat meninggal dunia dan manfaat tambahan yaitu pengembalian 100% premi yang sudah dibayarkan selama 10 tahun dan polis masih berlaku.

Pembayaran premi mulai dari Rp. 109.000 per bulan, dengan pilihan pembayaran secara bulanan atau tahunan melalui autodebit dari Kartu Kredit BCA. Berikut ini ringkasan premi dan manfaatnya dalam tabel.

Premi
per Bulan
Manfaat
Santunan
per hari
Rp 119,000Rp 200.000
Rp 356,000Rp 600.000

BACA JUGA: Asuransi Jiwa

5. SunLife dan CIMB Niaga

X-Tra Active Pro dan X-Tra Active Plus merupakan kerjasama CIMB Niaga dengan Sun Life Financial memberikan santunan harian rawat inap akibat penyakit menular dan kecelakaan hingga Rp. 1.600.000 per hari dan meninggal dunia hingga Rp. 80 juta.

Dibutuhkan sekali pembayaran untuk perlindungan 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun mulai dari Rp. 45.000 per 3 bulan tanpa membedakan kelompok usia. Dapat dilakukan secara online di website Sun Life Indonesia dan polis langsung aktif. Namun asuransi ini bisa dimiliki oleh nasabah CIMB Niaga dan pembayaran premi bisa dilakukan melalui kartu kredit atau rekening CIMB Niaga.

I. Asuransi X-Tra Active Plus

Asuransi X-Tra Active Plus I

II. Asuransi X-Tra Active Pro

Asuransi X-Tra Active Pro II

6. Bank Permata

Permata AVA iFamily Protection merupakan asuransi jiwa dengan santunan harian rawat inap dan pengembalian 100% premi bagi keluarga. Manfaat tambahan hospital cash plan sebagai berikut:

  • 100% uang pertanggungan untuk meninggal dunia dan tambahan 100% uang pertanggungan untuk meninggal dunia karena kecelakaan.
  • Santunan rawat harian hingga Rp. 3,5 juta dan santunan rawat harian ICU hingga Rp. 7 juta.

Premi per orang mulai dariRp. 500.000 per tahun untuk santunan harian sebesar Rp. 100.000 per hari. Berikut ini premi dan manfaatnya dalam tabel.

Premi
per Tahun
Manfaat
Santunan
per hari
Rp 500,000Rp 100,000
Rp 1,000,000Rp 300,000
Rp 9,000,000Rp 1,500,000

7. Allianz

Alllianz Dana Kesehatanku merupakan asuransi kesehatan yang memberikan manfaat tunai ketika cidera atau sakit dan dirawat inap di Rumah sakit dan Pembedahan yang berlaku di seluruh dunia. manfaat asuransi ini adalah:

  • Santunan Tunai Harian Rawat Inap Rumah Sakit Rp. 250.00 per hari (maksimum 180 hari per tahun).
  • Santunan Biaya Pembedahan, per satu periode rawat inap 50% dari biaya pembedahan, maksimum hingga Rp. 2.500.000.

Premi sebesar Rp. 450.000 untuk usia 15 hari hingga 59 tahun. Pengecualian yang berlaku adalah:

  • Tidak ada manfaat diberikan bagi rawat inap yang terjadi selama 30 hari sejak tanggal efektif polis, kecuali akibat kecelakaan.
  • Tidak akan membayar manfaat bagi penyakit atau luka yang sudah ada sebelumnya, alkohol, kehamilan, kelahiran, infertilitas, keguguran, dan komplikasinya, Penyakit Menular Seksual, AIDS, dan gangguan kejiwaan dan psikologis.

Biaya rawat inap di Rumah Sakit tentu tidak murah dan perlu dipikirkan cara mengatasi biaya tersebut. Solusinya yaitu mengambil produk asuransi kesehatan hospital cash plan dengan premi murah, mudah klaimnya, dapat dipakai untuk segala hal dan double claim.

BACA JUGA: Asuransi Pendidikan Anak

Demikian informasi tentang asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar keuangan, bisnis, dan investasi terkini.

Artikel Terkait

Gadai BPKB Mobil

Nanda Narayani

close
Shopee Promo