Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak

TutorBisnis.com – Bagaimana memilih asuransi pendidikan terbaik yang bagus? Mencari asuransi pendidikan anak merupakan cara orang tua mempersiapkan biaya dana sekolah anak. Berdasarkan riset, rata-rata kenaikan biaya pendidikan 10 – 15% per tahun di Indonesia, sehingga dibutuhkan perencanaan yang tepat bagi orang tua.

Memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Berikut ini tips memilih asuransi pendidikan anak terbaik untuk mendapatkan asuransi pendidikan yang bagus:

1. Jumlah Dana Sesuai Target Biaya Pendidikan

Mengambil asuransi pendidikan anak bertujuan untuk menyediakan simpanan yang cukup untuk membayar uang sekolah anak ketika masuk sekolah. Supaya dana dari asuransi tersebut sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak, maka orang tua sebaiknya melakukan hal berikut:

  • Memiliki bayangan anak akan masuk sekolah mana. Sebab dengan mengetahui sekolah yang akan dituju maka orang tua dapat menghitung berapa biaya untuk masuk sekolah tersebut.
  • Mengetahui jumlah kenaikan biaya sekolah tersebut. Info penting yang dibutuhkan yaitu biaya sekolah ketika anak masuk.
  • Menghitung jumlah biaya sekolah ketika anak masuk sekolah.

2. Memahami Resiko Asuransi Pendidikan

Dalam asuransi pendidikan, perusahaan asuransi akan menginvestasikan pembayaran premi yang dilakukan orang tua ke instrumen investasi tertentu. Instrumen tersebut dipilih oleh orang tua atau dibantu dipilihkan oleh agent asuransi.

Hal yang penting dimengerti orang tua yaitu setiap pilihan instrumen memiliki resiko. Mungkin saja target dana yang tercantum di proposal asuransi pendidikan anak tidak tercapai. Besar resikonya tergantung pada jenis instrumen yang dipilih, saham merupakan instrumen resiko paling tinggi sedangkan pasar uang paling rendah.

Memilih instrumen harus sesuai dengan kemampuan menerima resiko. Jika tidak sanggup menerima fluktuasi keuntungan maka jangan ambil instrumen dengan resiko tinggi. Berikut ini tabel resiko yang ditampilkan oleh salah satu perusahaan asuransi:

Resiko Asuransi Pendidikan

3. Jangan Mudah Percaya Agen Asuransi

Semua informasi yang disampaikan agent mengenai asuransi untuk anak sebisa mungkin dicarikan pilihan kedua. Melalui internet bisa mencari informasi tentang asuransi pendidikan untuk anak sebagai bahan cross checking.

Biasanya karena motivasi untuk closing menyebabkan agent cenderung menyampaikan fakta dan informasi yang bagus saja, sedangkan resiko yang sebenarnya dihadapi oleh pemegang polis saat membeli asuransi pendidikan tidak dijelaskan secara gamblang. Meskipun tidak semua agent seperti itu.

Perusahaan asuransi memberikan kesempatan 14 hari bagi nasabah untuk membaca polis asuransi pendidikan. Dalam 14 hari tersebut nasabah dapat membatalkan polis tanpa dikenakan biaya dan premi dikembalikan 100%.

BACA JUGA: Asuransi Kesehatan Syariah

4. Jumlah Uang Pertanggungan Asuransi

Resiko yang diproteksi dalam polis asuransi pendidikan anak adalah musibah untuk orang tua sebagai pencari nafkah yang tidak dapat membiayai uang sekolah. Sehingga asuransi pendidikan membuat kelanjutan sekolah anak terjamin.

Jumlah yang ditanggung perusahaan asuransi tercermin dalam uang pertanggungan yang dapat dilihat dalam buku polis asuransi pendidikan tersebut. Namun banyak orang tua tidak memperhatikan dengan teliti jumlah uang pertanggungan saat memilih asuransi pendidikan. Hanya melihat dana yang diterima dari asuransi ketika anak masuk sekolah.

Beberapa cara untuk meningkatkan nilai uang pertanggungan:

  • Ambil asuransi sejak dini sebab dengan usia masuk lebih muda, pemegang polis akan memperoleh uang pertanggungan lebih besar dengan premi lebih murah.
  • Gunakan asuransi jiwa murni atau tradisional atau term life yang mana memberikan uang pertanggungan tertinggi dengan premi paling murah.
  • Mintalah agent untuk meningkatkan jumlah uang pertanggungan sebab terdapat asuransi tambahan yang khusus meningkatkan nilai uang pertanggungan di setiap asuransi.

5. Tidak Hanya Asuransi Pendidikan

Fitur asuransi pendidikan terdiri atas 2 komponen utama, yaitu investasi untuk membiayai uang sekolah dan asuransi untuk melindungi anak dari resiko orang tua tertimpa musibah. Keduanya tidak harus dibeli melalui asuransi pendidikan, bisa dilakukan lewat cara:

  • Melakukan investasi sendiri tanpa menggunakan asuransi pendidikan. Banyak pilihan investasi, salah satunya adalah Reksadana. Keuntungan melakukan investasi sendiri yaitu tidak perlu membayar komisi ke perusahaan asuransi. Sehingga uang yang diinvestasikan lebih banyak.
  • Membeli asuransi untuk proteksi jiwa orang tua alih-alih terjadi resiko kematian. Asuransi yang dibeli yaitu asuransi murni atau tradisional tanpa embel-embel investasi. Keuntungannya yaitu premi murah dengan uang pertanggungan tinggi.

Daftar Asuransi Pendidikan

Berikut ini beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi pendidikan:

Asuransi Pendidikan Manulife

Manulife Education Protector menyediakan jaminan pendidikan anak dengan fleksibilitas dalam memilih Masa Pembayaran Premi antara 5 atau 10 tahun, sesuai rencana keuangan dan usia masuk anak. Manfaat terjadwal diberikan sesuai dengan usia masuk sekolah anak sebesar persentase dari Target Dana Pendidikan.

Apabila terjadi resiko Tutup Usia atau Cacat Total Tetap terhadap diri Tertanggung maka Ahli Waris akan menerima Uang Pertanggungan ditambah Manfaat Pembebasan Premi atau Nilai Polis ditambah 100% Target Dana Pendidikan (tergantung dari Tertanggung dan waktu Tutup Usia / Cacat Total Tetap).

Asuransi Pendidikan BNI

Asuransi Pendidikan dari BNI yaitu Solusi Pintar yang memberikan jaminan Dana Pendidikan di semua tingkatan pendidikan mulai dari SD hingga Perguruan Tinggi dengan skema:

  • Masuk SD mendapatkan 20% Uang Pertanggungan.
  • Masuk SMP mendapatkan 30% Uang Pertanggungan.
  • Masuk SMA mendapatkan 40% Uang Pertanggungan.
  • Masuk Perguruan Tinggi mendapatkan 100% Uang Pertanggungan.

Jika Tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi dan polis masih berlaku, ahli waris akan dibayarkan 100% Uang Pertanggungan, polis bebas premi dan Dana Pendidikan tetap dibayarkan sesuai jadwal.

Asuransi Pendidikan Prudential

Asuransi Pendidikan Prudential memberikan manfaat bulanan hingga anak berusia 18/25 tahun sesuai hasil kinerja investasi yang dipilih. Apabila terjadi resiko meninggal dunia atas pencari nafkah, anak akan mendapatkan manfaat pembayaran sekaligus dan manfaat bulanan yang meningkat setiap 3 tahun kemudian.

Asuransi Pendidikan BCA

Proteksi Edu Maksima (Edu Plan) merupakan asuransi pendidikan BCA. Dengan membayar premi 5, 10, dan 15 tahun, akan mendapatkan total manfaat pendidikan yang dijamin sebesar total 200% dari Uang Pertanggungan saat anak berusia 18 hingga 21 tahun.

Pembebasan pembayaran premi jika Pemegang Polis meninggal atau menderita cacat tetap total. Apabila meninggal karena kecelakaan, diberikan manfaat tambahan meninggal akibat kecelakaan untuk Tertanggung sebesar 100% Uang Pertanggungan. Berlaku pengecualian sebagai berikut:

  • Manfaat meninggal tidak akan dibayarkan jika Tertanggung meninggal antara lain karena virus HIV, tindak kejahatan asuransi, melukai diri sendiri dengan sengaja atau bunuh diri.
  • Manfaat tambahan meninggal akibat kecelakaan tidak akan dibayarkan jika Tertanggung meninggal antara lain karena terlibat dalam perlombaan ketangkasan atau adu kecepatan kendaraan bermotor, terlibat dalam penerbangan pesawat kecuali sebagai penumpang pada penerbangan yang memiliki jadwal penerbangan yang tetap dan memiliki ijin.

Asuransi Pendidikan AXA Mandiri

Asuransi Mandiri Elite Plan Pendidikan menawarkan proteksi jiwa sekaligus mengelola investasi. Komposisi 50% dana diinvestasikan pada pembayaran premi tahun pertama dan 100% dana diinvestasikan pada tahun berikutnya,maka hasil investasi akan lebih maksimal untuk menyediakan jaminan finansial yang lebih baik kepada anak cucu.

Walaupun asuransi pendidikan paling banyak dicari sebab diyakini dapat membantu orang tua mengatasi persoalan uang masuk sekolah, namun orang tua perlu kritis mengenai asuransi ini. Demikian tadi tips yang perlu diperhatikan oleh orang tua.

Ikuti informasi di TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar keuangan, bisnis, dan investasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencari asuransi pendidikan anak.

Content writer TutorBisnis.com. Lulusan mahasiswi Ilmu Ekonomi di salah satu Universitas di Indonesia.
close
Shopee Promo