Tips Bagi Pengusaha Pemula

TutorBisnis.com – Kesuksesan merupakan impian semua orang dalam berbagai bidang, khususnya dalam bisnis. Di jaman sekarang ini ada banyak orang sukses di usia muda karena teknologi yang semakin canggih dan pemikiran yang semakin maju.

Tidak semua orang ingin seterusnya menjai karyawan yang memiliki ruang dan waktu yang terbatas. Oleh karena itu, mulailah untuk membuka usaha dengan kerja keras dan ketekunan hingga mencapai sukses.

Berikut ini adalah tips bagi pengusaha pemula yang dikemukakan oleh Scott Gerber yang merupakan seorang pengusaha muda, investor, dan penulis yang berasal dari Amerika Serikat.

1. Lakukan Hal yang Disukai

Saat melakukan suatu usaha yang berkaitan dengan hal yang disukai tentu akan terasa nyaman. Berbeda jika hal tersebut dipaksakan akan berdampak negatif dan hal tersebut untuk semua bidang. Memiliki pekerjaan yang disukai akan membuat pekerjaan tersebut bisa dijalankan dengan sepenuh hati, meskipun berat akan terasa ringan.

2. Fokus di Suatu Peluang Usaha

Perkembangan teknologi membuat adanya peluang usaha yang lebih banyak. Begitu banyaknya usaha yang bisa dijalankan pada berbagai bidang dalam waktu yang sama yang sama. Untuk dapat melakukan hal tersebut, diperlukan fokus yang baik. Tetapi apabila fokus diarahkan pada satu peluang usaha saja, maka ide dan pikiran tentunya menjadi lebih terarah untuk mengembangkannya.

3. Jangan Malu untuk Belajar

Selalu mencari tahu bagaimana seseorang bisa meraih keberhasilan dengan sukses. Cari kunci dari kesuksesan tersebut. Semua orang masing-masing memiliki kelebihan dan juga kekurangan, karena itu hilangkan pemikiran yang sempit. Cari teman yang sukses untuk berbagi cerita sehingga darinya bisa mendapatkan pelajaran berharga.

4. Menguasai Tentang Bisnis yang Dijalankan

Biasanya sedikit orang yang berani untuk menjadi investor pada bisnis baru. Tetapi bukan berarti tidak ada seorang investor pun yang datang. Menguasai segala hal mengenai bisnis yang dijalankan bertujuan untuk menarik investor untuk menaruh kepercayaan berinvestasi pada perusahaan tersebut.

5. Belajar dari Kegagalan

Kegagalan merupakan sesuatu yang dapat terjadi pada siapa saja, baik dalam dunia bisnis ataupun yang lainnya. Karena itu jangan menjadikan kegagalan sebagai akhir dari tujuan bisnis, tetapi malah menjadikan pelaku bisnis menjadi semakin kuat lagi. Saat terjadi kegagalan dari apa yang sudah direncanakan, maka teruslah mencoba bangun dari kegagalan dan yakin bahwa sukses ada di depan mata.

Demikian tips bagi para pengusaha pemula yang bisa dijalankan untuk mencapai kesuksesan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca yang selalu ingin semakin maju dan berkembang dalam menjalankan bisnisnya.

Content writer di Tutor Bisnis. Suka travelling, dengerin musik, dan teh. Masih kuliah dengan Jurusan Akuntansi di salah satu Universitas di Jawa Timur.
close
Shopee Promo