Syarat Pinjaman Bank Mandiri Untuk Karyawan

TutorBisnis.com – Bank Mandiri memberikan fasilitas pinjaman bernama Kredit Serbaguna Mandiri (KSM) yang ditujukan bagi masyarakat yang berprofesi sebagai karyawan. Karena KSM diberikan hanya bagi karyawan dengan penghasilan tetap.

Pinjaman tersebut tanpa agunan atau jaminan dan dapat ddigunakan untuk modal usaha, renovasi rumah, biaya pendidikan, dan lain-lain. Cara untuk mendapatkan pinjaman ini juga mudah apabila persyaratan yang dibutuhkan bisa dipenuhi.

Jangka Waktu Pinjaman

Jangka Waktu Pinjaman

Karyawan yang memiliki gaji bulanan minimal sebesar Rp. 3.000.000 dapat mengajukan pinjaman KSM. Terdapat beberapa pilihan tenor atau jangka waktu cicilan, yaitu 12, 24, 36, 48, 60 bulan, hingga 180 bulan atau 15 tahun. Jumlah maksimal pinjaman yang dapat diajukan sebesar Rp. 1 Miliar. Besarnya pinjaman berdasarkan jumlah gaji tiap bulan dan tenor yang dipilih.

BACA JUGA: Cara Transfer Mandiri ke BCA

Syarat Pinjaman Bank Mandiri Untuk Karyawan

Syarat Pinjaman Bank Mandiri Untuk Karyawan

Jika ingin mengajukan pinjaman KSM, maka penuhi terlebih dahulu semua persyaratan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah syarat pinjaman Bank Mandiri untuk karyawan.

  • Warga Negara Indonesia yang memiliki penghasilan tetap.
  • Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah.
  • Berusia maksimal 55 tahun saat kredit lunas atau sesuai ketentuan usia pensiun di perusahaan.
  • Berstatus sebagai pegawai atau karyawan tetap dengan minimal kerja selama 1 tahun.
  • Berpenghasilan minimal Rp. 3.000.000.
  • Memiliki rekening tabungan Mandiri atas nama yang bersangkutan.

Apabila telah memenuhi semua persyaratan di atas, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman KSM.

  • Isilah formulir aplikasi Kredit Tanpa Agunan secara benar dan lengkap.
  • Fotokopi KTP yang masih berlaku dan fotokopi KTP istri/suami apabila sudah berkeluarga.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi NPWP bagi calon debitur yang ingin mengajukan permohonan kredit lebih dari Rp. 50.000.000.
  • Sertakan Slip Gaji atau Surat Keterangan Kesehatan bagi nasabah non Payroll.

BACA JUGA: Cara Blokir ATM Mandiri yang Hilang

Cara Mengajukan Pinjaman KSM

Cara Mengajukan Pinjaman KSM

Pengajuan pinjaman KSM hanya dapat dilakukan di Bank Mandiri dengan membawa seluruh persyaratan yang telah disebutkan tadi. Kemudian lakukan langkah berikut ini.

  1. Datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa semua persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Cari petugas Mikro Sales Kredit (MKS) untuk melakukan pengajuan pinjaman.
  3. Petugas MKS akan meminta calon debitur mengisi formulir aplikasi kredit. Jika sudah diisi, periksa kembali data tersebut.
  4. Berikan formulir tadi beserta persyaratan yang dibawa kepada petugas MKS.
  5. Petugas MKS akan melakukan proses pengajuan pinjaman tersebut. Seluruh data calon debitur akan diperiksa oleh kepala cabang dan cluster manager. Kemudian akan melalui tahap Branch Delivery Sistem – Integrated Loan System.
  6. Jika telah lolos pada tahap tadi, maka data akan dimasukkan ke Loan Organization System. Selanjutnya akan dikirim ke pihak regional untuk tahap verifikasi.
  7. Setelah proses pengajuan disetujui, pihak bank akan menghubungi calon debitur. Proses verifikasi biasanya membutuhkan waktu 7 – 14 hari kerja.
  8. Pada tahap terakhir, debitur akan diminta untuk menandatanani kontrak kredit dengan berita acara serah terima. Pinjaman dana akan dicairkan ke rekening tabungan atau giro Mandiri yang dimiliki debitur.

Biaya dan Denda

Sebelum pengajuan pinjaman disetujui, pihak bank akan memeriksa kredit scoring terlebih dahulu berdasarkan riwayat kredit calon debitur. Jika sebelumnya tidak pernah memiliki masalah dengan cicilan bank dan pinjaman online, maka pengajuan tersebut kemungkinan besar akan disetujui.

Saat pengajuan telah disetujui, akan dikenakan biaya provisi sebesar 1% dengan biaya administrasi sebesar Rp. 100.000 dan biaya lainnya. Tetapi biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak Bank Mandiri.

Debitur wajib membayar angsuran kredit berdasarkan jangka waktu kredit yang telah dipilih ketika mengajukan pinjaman. Jika terlambat dalam melakukan pembayaran angsuran, akan dikenakan denda sebesar 2% di atas suku bunga yang berlaku dan juga dihitung dari jumlah tunggakan.

Selain itu juga akan dikenakan denda jika debitur melakukan pelunasan angsuran sebelum jatuh tempo.denda tersebut sebesar 8% dari sisa pokok pinjaman. Jika terdapat pertanyaan terkait Kredit Serbaguna Mandiri bagi karyawan, hubungi Mandiri Call di nomor 14000.

BACA JUGA: Cara Bayar Indihome Lewat Mobile Banking Mandiri Online

Demikian penjelasan mengenai syarat pinjaman Bank Mandiri untuk karyawan. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputarr bisnis, keuangan, dan investasi.

Photo of author

Made Kharisma

Sebagai penulis di TutorBisnis. Hobi nyemil, gambar, jalan-jalan, dengerin musik, sama baca novel (apapun). Beragam konten artikel telah saya rilis antara lain finansial, bisnis, tutorial, investasi, dll.