20+ Cara Deposito Mandiri Online : Jenis, Syarat, Hingga Keuntungan

TutorBisnis.com – Peluang investasi yang dapat memberikan keuntungan dan kemudahan bagi investor, salah satu contohnya adalah dengan melakukan deposito. Mandiri merupakan salah satu bank di Indonesia yang menawarkan layanan investasi berupa deposito Mandiri.

Deposito Mandiri adalah tabungan atau deposito berjangka dalam mata uang rupiah. Bergabung dengan Mandiri Deposito tidak hanya memungkinkan kamu untuk berinvestasi, tetapi kamu juga dapat memperoleh keuntungan dari suku bunga yang menarik dan berbagai keuntungan lainnya.

Suku bunga Mandiri Deposito sangat kompetitif, sehingga investasi kamu akan tumbuh lebih cepat. Selain itu, Mandiri Deposito memiliki jangka waktu yang dapat dipilih nasabah sesuai dengan kebutuhannya.

Karena suku bunga dan pilihan jatuh tempo yang berbeda, Mandiri Deposito dapat dijadikan sebagai alternatif investasi bagi nasabah. Saat membuka rekening Mandiri deposito, bank memberikan kemudahan untuk para nasabahnya karena dapat dilakukan melalui aplikasi Mandiri online.

Syarat dan Cara Buka Deposito Mandiri Online

Cara Buka Deposito Mandiri

Pembukaan rekening Mandiri Deposito melalui Mandiri Online sangat cocok bagi kamu yang tidak memiliki waktu luang karena nasabah dapat melakukan pendaftaran dalam waktu 24 jam tanpa gangguan dan wajib terhubung dengan jaringan internet.

Baca juga: Cara Cek Saldo E-Money Mandiri

Selanjutnya nasabah hanya perlu mengeluarkan modal Rp 1.000.000 saat membuka rekening deposito melalui Mandiri Online, sedangkan minimal deposit saat membuka rekening deposito di cabang adalah Rp 10.000.000.

Jenis Deposito Mandiri

Sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi dalam bentuk deposito, setidaknya kamu bisa mempertimbangkan terlebih dahulu tips deposit yang ingin kamu manfaatkan. Dari berbagai jenis tersebut, kamu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan keadaan keuangan kamu sehingga tidak mengganggu keuangan sehari-hari.

Jadi penilaiannya adalah sebagai berikut:

1. Deposito Rupiah

Setoran Rupiah di Bank Mandiri dapat dibuka atas nama 2 orang (rekening bersama). Jenis ini dibuka dengan penempatan awal minimal Rp 10 juta di cabang dan Rp 1 juta melalui e-banking.

Dilengkapi dengan Automatic Roll Over (ARO) sehingga deposit dapat secara otomatis diperpanjang. Jangka waktu simpanan ini mulai dari 1, 3, 6, 12 hingga 24 bulan.

Baca juga: Cara Bayar Home Credit Via ATM Mandiri

Selain itu, bunga deposito dapat diterima dimuka pada saat jatuh tempo atau diinvestasikan kembali dalam jumlah pokok deposito.

2. Deposito Valas

Deposito mata uang asing adalah jenis deposito yang tersedia dalam 9 mata uang asing yaitu: USD, JPY, GBP, HKD, SGD, EUR, CHF, CNY dan AUD. Jangka waktu simpanan ini berkisar antara 1, 3, 6, 12 hingga 24 bulan dan juga dilengkapi dengan Automatic Roll Over (ARO).

Kepemilikan simpanan ini dapat didaftarkan atas nama 2 orang (rekening bersama). Nantinya, nasabah mendapat fasilitas kredit jaminan simpanan dan simpanan valas yang bisa kamu jadikan sebagai jaminan.

Keuntungan Mandiri Deposito

Nah, sebelum masuk ke pembahasan cara buka Mandiri Deposito melalui Mandiri Online, simak dulu kelebihan Mandiri Deposito di bawah ini:

  1. Kamu atau nasabah dapat memilih durasi deposit sesuai dengan kebutuhannya, mulai dari 1, 3, 6, 12 hingga 24 bulan. Namun saat ini jangka waktu deposit Mandiri online hanya tersedia dengan pilihan 1 bulan dan 3 bulan.
  2. Gratis untuk melakukan roll over deposit secara otomatis (Automatic Roll Over / ARO).
  3. Nasabah bebas menginvestasikan kembali bunga simpanan ke pokok simpanan atau mentransfernya ke rekening Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan yang dapat ditarik sewaktu-waktu.
  4. Mandiri deposito dapat dibuka atas nama dua orang (rekening bersama).
  5. Nasabah bisa mendapatkan bunga deposito dimuka, sehingga kamu tidak perlu membayar penuh sebesar yang ingin kamu masukkan ke Mandiri Deposito Rupiah.

Baca juga: Cara Bayar Indihome Lewat ATM Mandiri

Persyaratan Buka Mandiri Deposito

Seperti disebutkan di atas, ada dua cara untuk membuka rekening Mandiri Deposit. Yang pertama online dan yang kedua melalui cabang. Persyaratan Mandiri Online Deposit jauh lebih sederhana karena tidak memerlukan NPWP dan setoran minimum yang lebih rendah. Untuk mengetahui perbedaannya lihat di bawah ini.

  1. Mempunyai rekening Mandiri Tabungan atau Madiri Giro.
  2. Minimum deposit di cabang adalah Rp 10.000.000. Sedangkan Rp 1.000.000 melalui e-banking seperti Mandiri Online atau Mandiri Call.
  3. Untuk nasabah perorangan harus memenuhi persyaratan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Bagi orang asing (WNA) menunjukkan paspor dan KIMS/KITAS/KITAP (Kartu Izin Menetap Sementara/Kartu Izin Tinggal Sementara).
  4. Untuk calon deposito perusahaan harus memenuhi persyaratan KTP berupa KTP pejabat yang berwenang dan menyiapkan SIUP, NPWP, Akta Pendirian Perusahaan dan perubahan terakhir.
  5. Deposito Mandiri juga terdapat biaya materai pada saat pembukaan dan penarikan deposito sesuai ketentuan yang berlaku.
  6. Bunga simpanan Mandiri dikenakan pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Cara Daftar Deposito Mandiri Online

TutorBisnis menyarankan untuk melakukan pendaftaran Mandiri Deposito online melalui aplikasi Mandiri Online. Namun, untuk menggunakan aplikasi tersebut, kamu harus mengaktifkan Mandiri Mobile Banking terlebih dahulu.

Pada aplikasi Mandiri Online tersedia fungsi untuk membuka rekening baru. Fitur ini memungkinkan nasabah Bank Mandiri untuk membuka rekening Mandiri Deposito dan Mandiri Tabungan dengan mudah dan cepat tanpa harus ke bank.

Baca juga: Cara Mengatasi Mandiri Online Terblokir

Bagi yang saat ini tidak dapat menggunakan Aplikasi Mandiri Online, silakan merujuk ke informasi “Cara Daftar Mobile Banking Mandiri” untuk mengaktifkan layanan perbankan. Setelah aktif, coba daftar Mandiri Online Deposit.

  1. Silahkan buka aplikasi Mandiri online yang terpasang di smartphone kamu. Pastikan smartphone kamu terhubung ke jaringan internet yang stabil.
  2. Silahkan login dengan memasukkan “Username” dan “Password” Mobile Banking Mandiri kamu.Cara Daftar Deposito Mandiri Online
  3. Setelah kamu berhasil login ke aplikasi Mandiri online, silahkan pilih menu “Pembukaan Rekening Baru” pada halaman utama aplikasi.Cara Daftar Deposito Mandiri
  4. Langkah selanjutnya silahkan pilih menu “Mandiri Deposito”.Mandiri Deposito
  5. Selanjutnya silahkan baca informasi produk Mandiri Deposito dan pilih menu “Open Account” atau  “Buka Rekening“.Cara Buka Rekening Deposito Mandiri
  6. Selanjutnya akan muncul form Pembukaan Mandiri Deposit yang berisi jangka waktu Deposito Mandiri, jumlah setoran, dan petunjuk kapan jatuh tempo setoran. Untuk bagian instruksi, ada opsi perpanjangan otomatis dan non-perpanjangan otomatis untuk mengatur perpanjangan otomatis deposit.Cara Buka Deposito Mandiri Online
  7. Silahkan mengisi formulir pembukaan rekening baru yang terdiri dari rekening sumber, jangka waktu penyetoran, instruksi jatuh tempo, jumlah dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Mandiri Deposito. Setelah kamu melengkapi formulir pembukaan rekening, lanjutkan dengan memilih menu “Selanjutnya”.Cara Deposito Mandiri Online
  8. Aplikasi Mandiri Online menampilkan halaman konfirmasi transaksi. Silakan pilih menu “Konfirmasi” untuk melanjutkan pembukaan rekening Mandiri Deposito.Cara Deposito Mandiri
  9. Silakan masukkan nomor M-PIN Mandiri Online kamu untuk proses pembukaan rekening Mandiri Deposito.M-PIN Mandiri Online
  10. Setelah memasukkan M-PIN, kamu akan menerima bukti pembukaan Deposito Mandiri Online dan ini menjadi langkah akhir kamu untuk mendaftar Depostio Mandiri.

Baca juga: Syarat Pengajuan KUR Mandiri

Jangka Waktu dan Bunga

Pendaftaran Deposito Mandiri Online hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Deposito akan segera diaktifkan sesuai periode yang dipilih. Sayangnya hanya tersedia 1 bulan dan 3 bulan untuk saat ini.

Jika kamu menginginkan jangka waktu yang lebih lama, kami sarankan kamu datang langsung ke cabang Mandiri terdekat dengan opsi 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan. Selanjutnya, kamu juga dapat memilih pernyataan Perpanjangan Otomatis sehingga deposit dapat diperpanjang secara otomatis.

Kemudian bunga dihitung per tahun (1 tahun dihitung dengan 365 hari). Pada artikel ini, Bank Mandiri menawarkan suku bunga simpanan online Mandiri sebesar 3,25% per tahun. Namun, bunga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dari Bank Mandiri.

Untuk mengetahui suku bunga deposito online Mandiri terbaru, silakan kunjungi www.bankmandiri.co.id/suku-bunga-dana.

Kesimpulan

Setelah mencoba metode deposit online Mandiri di atas, kamu masih dapat menarik dana yang disetorkan kapan saja. Namun, jika ditarik sebelum batas waktu, akan dikenakan denda.

Mandiri Online Deposit dapat menjadi solusi bagi nasabah yang ingin menabung dalam bentuk deposito namun tidak sempat datang ke bank. Persyaratannya juga lebih sederhana. Bahkan minimal deposit yang dibutuhkan hanya Rp 1.000.000.

Silahkan coba tutorial di atas untuk mendaftar deposit Mandiri via mobile. Baca juga artikel sebelumnya tentang Cara Transfer Gopay ke Mandiri dan berbagai artikel bermanfaat lainnya.

Photo of author

Bram Khalid

Selain menjadi penulis di TutorBisnis.com, saya juga seorang mahasiswa yang mengambil Jurusan Ekonomi Syariah.