Cara Transfer Uang Melalui Alfamart

TutorBisnis.com – Apakah kamu ingin mengirim uang tetapi penerimanya tidak memiliki nomor rekening? Tenang saja, sekarang transfer uang bisa dilakukan melalui Alfamart. Alfamart merupakan salah satu minimarket yang cabangnya tersebar di seluruh Indonesia.

Karena lokasi Alfamart yang mudah ditemukan, maka cara ini menjadi solusi mengirimkan uang ke penerima yang tidak memiliki nomor rekening. Ikuti cara berikut ini:

1. Siapkan Data Diri dan Nomor Handphone

Pertama, siapkan sejumlah dokumen persyaratannya, yaitu kartu identitas seperti KTP, SIM atau Paspor asli dan fotokopi. Bawa salah satu saja. Selain itu, nantinya akan ditanyakan nomor handphone yang masih aktif oleh kasir. Pastikan juga membawa uang sejumlah yang akan ditransfer, bawalah uang lebih untuk berjaga-jaga jika ada tambahan biaya.

2. Datangi Alfamart Terdekat

Jika sudah tiba di Alfamart, temui kasir dan sampaikan tujuan untuk transfer uang. Selanjutnya kasir akan memberikan pengarahan dan memulai proses transfer dengan mengeluarkan formulir yang harus diisi.

Isi formulir sesuai dengan data yang benar dan lengkap, teliti lagi supaya terhindar dari kesalahan dalam memasukkan data. Setelah itu berikan formulir ke kasir dan lampirkan persyaratan yang dibawa.

3. Menyerahkan Uang yang Ditransfer

Selanjutnya kasir akan menanyakan jumlah uang yang ingin ditransfer. Sebutkan jumlahnya lalu berikan uang ke kasir. Pengiriman uang lewat Alfamart mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp. 5 juta.

Tidak ada ketentuan khusus dari Alfamart tentang pecahan uang, yang penting uang tersebut asli. Saat uang diterima kasir, maka uang diproses hingga terkirim ke penerima sesuai dengan data yang diberikan. Tunggu hingga proses transfer berhasil dilakukan.

4. Mendapatkan Kode MTCN

Kemudian kasir akan memberikan kode MTCN dan simpan kode tersebut dengan baik. Kode MTCN adalah kode penerimaan uang sebagai bukti kepada penerima jika transaksi telah selesai dilakukan.

Kode tersebut berfungsi untuk mencairkan uang yang telah dikirim ke cabang Alfamart terdekat dari alamat penerima. Karena itu kode tersebut tidak boleh hilang dan jangan diberikan kepada orang lain supaya transaksi tersebut berjalan dengan aman dan tidak merugikan pihak manapun.

5. Memberikan Kode MTCN

Kirimkan kode MTCN kepada penerima melalui chat WhatsApp atau SMS ke nomor handphone penerima. Setelah kode diterima, maka dapat digunakan untuk mengambil uang yang telah dikirimkan di Alfamart terdekat. Jangka waktu kode ini adalah 1 bulan, maka segera ambil uang tersebut begitu kode diterima.

6. Jika Kode MTCN Hilang

Jika kode MTCN hilang, segera hubungi Customer Service True Money di nomor 0804 1000 100. Saat tersambung, akan diminta keterangan mengenai data yang berkaitan dengan pengiriman uang tersebut. Jawab dengan tepat pertanyaan yang diajukan maka kode MTCN yang hilang bisa diselamatkan.

Biaya Transfer Uang Melalui Alfamart

Transfer uang melalui Alfamart dilakukan melalui True Money yang memungkinkan mengirimkan uang tunai tanpa perlu mencantumkan nomor rekening. Perlu diketahui jika transaksi yang dilakukan membutuhkan biaya administrasi sebesar Rp. 15 ribu hingga Rp. 25 ribu per transaksi yang dibayarkan beserta uang yang akan ditransfer.

Misalkan jika ingin mengirimkan uang sejumlah Rp. 1 juta dengan biaya administrasi sebesar Rp. 15 ribu, maka uang yang harus dibayarkan ke kasir sejumlah Rp. 1.015.000. sedangkan penerima tetap menerima uang sebesar Rp. 1 juta.

Demikian informasi mengenai cara transfer uang melalui Alfamart. Hal yang penting diketahui adalah data penerima secara lengkap agar dapat diproses di kasir Alfamart. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca TutorBisnis.com yang ingin mengirim uang tanpa melalui nomor rekening.

Menjadi penulis di TutorBisnis. Mahasiswi Jurusan Ekonomi Pembangunan di salah satu Universitas di Indonesia. Keuntungan terbesar dari Program Studi Ekonomi Pembangunan adalah kamu dapat mempelajari beragam ilmu ekonomi yang bisa diimplementasikan di beragam sektor ekonomi di Indonesia ataupun di luar Indonesia. Saat ini sedang mengejar gelar Sarjana Ekonomi.
close
Shopee Promo