Cara Setor Tunai di ATM BRI

TutorBisnis.com – Bagaimana cara setor tunai di ATM BRI? Bank BRI memberikan pelayanan terbaiknya kepada nasabah dalam bentuk fasilitas yang memudahkan kegiatan transaksi. Salah satu fasilitas tersebut adalah mesin ATM setor tunai.

Nasabah BRI bisa melakukan transaksi penyetoran tunai secara lebih praktis dan cepat melalui mesin ATM setor tunai. Menabung tidak harus dengan cara datang dan mengantri di Bank BRI yang menyita banyak waktu.

Penyetoran uang melalui mesin ATM setor tunai sangat tepat bagi nasabah yang tidak memiliki waktu luang untuk datang ke bank pada jam kerja. Selain itu, penyetoran melalui mesin ATM setor tunai dilakukan dalam waktu yang singkat.

Keunggulan Penyetoran Melalui Mesin ATM

Keunggulan Penyetoran Melalui Mesin ATM

Penyetoran melalui mesin ATM setor tunai memiliki beberapa keunggulan yang bisa dirasakan oleh nasabah BRI, yaitu:

  • Nasabah tidak perlu datang dan mengantri di kantor cabang BRI saat jam kerja. Penyetoran bisa dilakukan di gerai ATM BRI yang mennyediakan mesin ATM setor tunai kapan saja.
  • Nasabah bisa melakukan penyetoran pada mesin ATM setor tunai yang sedia selama 24 jam non stop.
  • Nasabah bisa transfer ke semua rekening bank tanpa harus memiliki saldo pada rekening tabungan BRI. Uang tunai yang disetorkan melalui mesin ATM bisa langsung ditransfer ke rekening tujuan jika jumlah uang yang ditransfer sesuai yang disetorkan.

BACA JUGA: Cara Mengetahui Nomor Rekening BRI

Kekurangan Penyetoran Melalui Mesin ATM

Selain keunggulan, tentu ada juga kekurangannya. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi kekurangan dalam penyetoran melalui mesin ATM setor tunai:

  • Mesin ATM setor tunai tidak menerima uang dengan kondisi terlipat, robek, tertempel isolasi atau steples.
  • Jumlah maksimal uang yang dapat disetorkan adalah 50 lembar.
  • Tidak dapat melakukan penyetoran dengan pecahan uang Rp. 20.000, karena mesin ATM setor tunai hanya menerima pecahan uang Rp. 50.000 dan Rp. 100.000.

Cara Setor Tunai di Mesin ATM

Setor Tunai di Mesin ATM

Bagi nasabah Bank BRI yang ingin melakukan penyetoran melalui mesin ATM BRI, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Datang ke gerai ATM BRI yang menyediakan mesin ATM setor tunai.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu dengan benar sesuai petunjuk yang tertera pada stiker yang tertempel di dekat slot kartu.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar. Karena jika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut, kartu ATM akan terblokir oleh sistem secara otomatis.
  5. Pilih menu Setor Tunai.
  6. Lalu pilih Lanjutkan.
  7. Masukkan uang pada box yang tersedia di dalam mesin ATM dan pastikan kondisi uang tersebut sudah memenuhi ketentuan.
  8. Tunggu mesin ATM melakukan penghitungan jumlah uang yang disetorkan.
  9. Setelah itu akan ditampilkan rincian uang yang disetorkan. Periksa kembali, jika sudah benar, pilih Setor.
  10. Mesin ATM melakukan proses transaksi setor tunai hingga muncul data yang meliputi nomor rekening, nama, dan jumlah uang yang disetorkan.
  11. Mesin ATM setor tunai akan mengeluarkan struk bukti setor tunai berhasil. Kemudian akan muncul pilihan YA dan TIDAK untuk melanjutkan transaksi.
  12. Pilih Tidak untuk mengakhiri transaksi dan ambil kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM.

Jika nasabah BRI mengalami kendala saat menyetorkan uang melalui mesin ATM setor tunai, hubungi Call Center BRI di nomor 14017 / 1500017 untuk mengatasi masalah tersebut.

BACA JUGA: Cara Memblokir ATM BRI

Demikian penjelasan mengenai cara setor tunai di ATM BRI. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah BRI yang ingin melakukan penyetoran dengan cara yang lebih praktis dan cepat.

Artikel Terkait