Cara Membuat Rekening BCA Online

TutorBisnis.com – Bagaimana cara membuat rekening BCA online? Bank BCA menjadi sebuah perusahaan bank swasta terbesar di Indonesia yang memberikan layanan dengan teknologi modern dan terbaru. Salah satunya adalah layanan pembuatan rekening tabungan BCA.

Bank BCA mengeluarkan layanan pembuatan rekening tabungan secara online sehingga tidak menyita banyak waktu calon nasabah yang ingin membuka rekening tabungan BCA.

Calon nasabah bisa mengikuti proses pembuatan rekening tabungan BCA melalui aplikasi BCA Mobile menggunakan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Kelebihan Membuka Rekening Melalui BCA Mobile

Membuka rekening tabungan BCA melalui aplikasi BCA Mobile memberikan kelebihan tersendiri. Calon nasabah yang melakukan pembuatan rekening tabungan BCA secara akan merasakan kelebihan tersebut, antara lain:

  1. Hanya membutuhkan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet yang stabil.
  2. Calon nasabah tidak perlu mengantri di bank karena pendaftaran bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.
  3. Nasabah bisa melakukan penarikan tunai tanpa kartu ATM.
  4. Nasabah bisa menikmati fitur mobile banking
  5. Bisa memilih jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara Membuat Rekening BCA Online

Cara Membuat Rekening BCA Online terbaru

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan calon nasabah Bank BCA jika ingin membuat rekening tabungan BCA secara onliine.

1. Unduh Aplikasi BCA Mobile

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi BCA Mobile di PlayStore atau AppStore. Pastikan smartphone terhubung dengan jaringan internet yang stabil supaya proses pengunduhan dan penggunaan aplikasi dapat berjalan lancar. Selain itu, pastikan nomor handphone yang digunakan belum pernah terdaftar BCA Mobile.

2. Buat Akun BCA Mobile

Membuat Akun BCA Mobile Online

Setelah aplikasi BCA Mobile terpasang di smartphone, lanjutkan dengan membuat akun BCA Mobile. Saat masuk ke halaman utama aplikasi BCA Mobile, pilih menu Buka Rekening Baru.

BACA JUGA: Cara Blokir ATM BCA

3. Menyiapkan Persyaratan

Syarat Buka Rekening BCA Online

Calon nasabah yang ingin membuka rekening tabungan BCA melalui aplikasi BCA Mobile wajib mempersiapkan persyaratan yang dibuthkan terlebih dahulu. Hanya saja pada pembuatan rekening tabungan BCA secara online, yang dibutuhkan adalah dokumen dan data diri berupa foto atau soft file.

Dokumen tersebut yaitu E-KTP, foto tanda tangan, dan foto pribadi. Lengkapi informasi yang dibutuhkan seperti data diri, tujuan pembuatan rekening, nama ibu kandung, status perkawinan, agama, pendidikan terakhir, pekerjaan, sumber penghasilan, pendapatan per tahun, dan lain-lain.

4. Pilih Jenis Tabungan

Memilih Jenis Tabungan

Calon nasabah akan diberikan pilihan produk tabungan dari Bank BCA. Tersedia 4 jenis tabungan yang dapat dibuat secara online, yaitu Tahapan, Tapres, Tahapan Gold, dan Tahapan Xpresi.

5. Verifikasi Nomor Handphone

Verifikasi Nomor Handphone

Langkah berikutnya adalah melakukan verifikasi nomor handphone. Setelah proses verifikasi berhasil, dilanjutkan dengan membuat kode akses yang digunakan untuk masuk ke menu Buka Rekening Baru dan m-BCA.

Jangan sampai lupa dengan kode akses tersebut supaya dapat membuka lagi aplikasi BCA Mobile. Selain itu juga berfungsi untuk mengamankan transaksiperbankan yang dilakukan melalui aplikasi BCA Mobile.

BACA JUGA: Cara Bayar Home Credit Via Mobile Banking BCA

6. Melengkapi Dokumen

Melengkapi Dokumen

Selanjutnya calon nasabah diminta untuk mengunggah dokumen yang dibutuhkan untuk membuat rekening tabungan BCA. Dokumen tersebut yaitu foto kartu E-KTP asli, foto diri dengan wajah tampak depan, dan tanda tangan di atas kertas. Calon nasabah boleh mengunggah foto kartu NPWP apabila memilikinya. Setelah itu klik Lanjut.

7. Mengisi Data Diri

Mengisi Data Diri

Kemudian calon nasabah harus mengisi keterangan tujuan pembukaan rekening dan mengisi data diri, meliputi nama, status perkawinan, agama, status tempat tinggal, pendidikan terakhir, sumber penghasilan, pendapatan per tahun, dan lain-lain.

8. Pilih Jenis Kartu ATM/Paspor

Memilih Jenis Kartu Paspor

Langkah selanjutnya adalah memilih kartu ATM. Tersedia 3 jenis kartu ATM, yaitu Paspor Platinum, Paspor Gold, dan Paspor Blue. Berikut ini adalah perbedaan dari ketiga jenis kartu ATM tersebut:

  • Paspor Platinum menyediakan limit penarikan tunai per hari sebesar Rp. 7.000.000, limit transfer ke sesama BCA sebesar Rp. 25.000.000, limit transfer ke rekening bank lain sebesar Rp. 10.000.000, dan biaya administrasi sebesar Rp. 15.000 per bulan.
  • Paspor Gold menyediakan limit penarikan tunai per hari sebesar Rp. 10.000.000, limit transfer ke sesama BCA sebesar Rp. 50.000.000, limit transfer ke rekening bank lain sebesar Rp. 15.000.000, dan biaya administrasi sebesar Rp. 17.000 per bulan.
  • Paspor Blue menyediakan limit penarikan tunai per hari sebesar Rp. 10.000.000, limit transfer ke sesama BCA sebesar Rp. 100.000.000, limit transfer ke rekening bank lain sebesar Rp. 25.000.000, dan biaya administrasi sebesar Rp. 20.000 per bulan.

BACA JUGA: Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BCA

9. Pengambilan Kartu Debit

Pengambilan Kartu Debit

Masukkan alamat email yang dapat dihubungkan dengan layanan internet banking BCA. Lalu pilih alamat kantor cabang BCA terdekat untuk pengambilan kartu ATM atau Paspor.

Pengambilan kartu ATM tidak diwajibkan di hari pendaftaran. Nasabah bisa mengggunakan BCA Mobile untuk melakukan transaksi tanpa kartu ATM di gerai ATM BCA.

10. Verifikasi Data Melalui Video Call

Verifikasi Data Via Video Call

Apabila calon nasabah sudah yakin atas data yang dimasukkan tadi, maka lakukan verifikasi data diri. Calon nasabah akan diminta untuk melakukan video call ke nomor Customer Service BCA untuk proses verifikasi data.

Petugas Customer Service akan memastikan data calon nasabah ketika proses video call. Proses verifikasi data melalui video call bisa dilakukan pada jam kerja Bank BCA, yaitu jam 06.00 – 20.00.

11. Aktivasi Mobile Banking BCA

Aktivasi Mobile Banking5

Jika sudah selesai melakukan video call ke Customer Service BCA untuk verifikasi data, maka langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi mobile banking BCA. Pilih menu Aktivasi Mobile Banking yang ada di aplikasi BCA Mobile.

12. Aktivasi E-Banking BCA

Lakukan juga aktivasi e-banking BCA. Caranya sangat mudah, hanya dengan membuat PIN dan konfirmasi PIN untuk aktivasi mobile banking dan internet banking. Lalu klik Lanjut dan akan muncul pemberitahuan bahwa rekening telah aktif.

13. Membayar Setoran Awal

Langkah terakhir yaitu membayar setoran awal sejumlah ketentuan dari jenis tabungan yang dipilih. Tersedia beberapa pilihan metode pembayaran setoran awal, yaitu melalui mobile banking, internetbanking, ATM BCA, Bank BCA, ataupun gerai ATM bank lain.

Inovasi layanan pembuatan rekening BCA secara online sangat bagus karena mempermudah masyarakat yang ingin membuat rekening tabungan BCA tanpa perlu datang ke kantor cabang BCA. Jika masih terdapat pertanyaan terkait cara membuat rekening BCA online, bisa menghubungi Halo BCA di nomor 1500888.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat rekening BCA online. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca TutorBisnis.com.

Content writer TutorBisnis.com. Lulusan mahasiswi Ilmu Ekonomi di salah satu Universitas di Indonesia.
close
Shopee Promo