Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak

TutorBisnis.com – Sudah tahu cara cek rekening BRI aktif atau tidak? Simak penjelasannya di artikel ini. Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank milik BUMN yang sangat dikenal oleh masyarakat luas. Banyak orang bergabung menjadi nasabah BRI dengan harapan bisa mendapatkan dan menikmati layanan perbankan dan keuntungan yang disediakan oleh BRI.

Tetapi nasabah BRI memiliki kewajiban untuk membayar biaya administrasi setiap bulan melalui pemotongan saldo rekening secara otomatis. Karena adanya ketentuan tersebut, beberapa nasabah merasa keberatan dan memutuskan untuk berhenti menggunakan rekeningnya.

Namun mungkin saja nasabah tadi ingin kembali melakukan transaksi dengan rekening tersebut. Untuk dapat digunakan, status rekening harus aktif. Karena jika rekening tidak pernah digunakan bertransaksi dalam jangka waktu yang lama, rekening dapat berubah status menjadi tidak aktif.

Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak

Nasabah BRI dapat melakukan pengecekan status rekening tabungan BRI yang dimilikinya melalui beberapa pilihan cara berikut ini. Cara tersebut sangat mudah dan nasabah tinggal memilih salah satu cara yang paling mudah dilakukan.

1. Melalui Gerai ATM BRI

Nasabah BRI biasanya diberikan fasilitas berupa kartu ATM yang dapat digunakan untuk bertransaksi. Ternyata kartu ATM juga dapat digunakan untuk melakukan pengecekan status rekening dengan cara sebagai berikut:

  1. Datang ke gerai ATM BRI terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu yang tersedia dengan benar.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar untuk menghindari pemblokiran otomatis oleh sistem karena kesalahan memasukkan PIN kartu ATM sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Pengecekan status rekening BRI yang masih aktif atau tidak, dapat dicoba dengan melakukan transaksi seperti cek slado, transfer, tarik tunai, dan transaksi lainnya.
  6. Apabila transaksi yang dicoba tadi gagal atau ditolak, artinya rekening BRI tersebut sudah tidak aktif. Jika masih aktif, transaksi yang dilakukan akan berhasil.
  7. Saat proses transaksi gagal, pilih menu Selesai lalu ambil kembali kartu ATM dari mesin ATM.

BACA JUGA: Cara Bayar Home Credit Via BRI

2. Melalui Call Center BRI

Nasabah yang tidak ingin repot datang ke gerai ATM BRI dapat melakukan pengecekan dengan cara menghubungi nomor Call Center BRI. Berikut ini adalah cara untuk melakukan pengecekan status rekening tabungan BRI melalui Call Center BRI:

  1. Hubungi Call Center BRI di nomor 14017 atau 1500017.
  2. Setelah terhubung, ikuti instruksi untuk pemilihan layanan.
  3. Pilih layanan Info Status Rekening.
  4. Petugas Call Center akan menanyakan tujuan nasabah. Sampaikan jika ingin melakukan pengecekan status rekening BRI masih aktif atau tidak.
  5. Sebutkan nomor kartu ATM kepada petugas Call Center.
  6. Kemudian petugas Call Center akan melakukan pengecekan status rekening nasabah.
  7. Setelah pengecekan selesai, petugas Call Center akan memberitahukan status rekening nasabah.

3. Melalui Kantor Cabang BRI

Nasabah juga bisa melakukan pengecekan status rekening dengan cara mendatangi kantor cabang BRI terdekat. Nasabah akan dibantu oleh petugas Customer Service BRI. Lakukan langkah berikut ini:

  1. Datang ke kantor cabang Bank BRI terdekat dengan membawa syarat yang dibutuhkan, yaitu buku tabungan, kartu ATM, dan KTP.
  2. Ambil nomor antrian yang menuju ke Customer Service.
  3. Setelah nomor antrian tersebut dipanggil, datangi petugas Customer Service dan sampaikan keinginan untuk mengecek status rekening tabungan BRI.
  4. Petugas Customer Service akan meminta syarat yang dibutuhkan dan menanyakan nama ibu kandung nasabah. Tujuannya adalah untuk memastikan jika rekening tersebut benar-benar milik nasabah yang bersangkutan.
  5. Setelah semua data yang diberikan nasabah sama dengan data yang tersimpan di sistem Bank BRI, petugas Customer Service akan melakukan proses pengecekan status rekening nasabah tersebut.
  6. Petugas Customer Service akan memberitahukan tentang status rekening tersebut kepada nasabah.

BACA JUGA: Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI

Bisakah Rekening yang Berstatus Tidak Aktif Dapat Diaktifkan Kembali?

Hal yang perlu diketahui nasabah adalah bahwa rekening tabungan BRI yang sudah tidak aktif bisa diaktifkan kembali jika rekening tersebut pasif atau dormant. Rekening pasif yaitu rekening yang masih memiliki jumlah saldo yang cukup untuk membayar biaya administrasi tiap bulan.

Apabila rekening tabungan BRI berstatus benar-benar tidak aktif, maka nasabah hanya bisa membuat lagi rekening yang baru. Hal tersebut tentu akan membutuhkan syarat dan biaya.

BACA JUGA: Cara Bayar Shopee Lewat ATM BRI

Demikian penjelasan mengenai cara cek rekening BRI aktif atau tidak. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca TutorBisnis.com.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo