Bunga Shopee Pinjam

TutorBisnis.com – Bagi pengguna aplikasi marketplace Shopee, mungkin pernah mengetahui fitur Shopee Pinjam (SPinjam) di aplikasi tersebut. Shopee menyediakan layanan pinjaman dana bernama Shopee Pinjam. Bunga Shopee Pinjam tergolong ringan.

Bunga Shopee Pinjam akan dihitung berdasarkan jumlah pinjaman yang diajukan. Semakin besar jumlah pinjaman, maka bunganya juga semakin besar. Hanya pengguna Shopee yang terpilih yang dapat mengajukan pinjaman dana Shopee Pinjam.

Pengguna Shopee yang beruntung akan menemukan menu SPinjam di aplikasi Shopee. Kemudian tinggal mengaktifkan layanan tersebut. Setelah SPinjam aktif, maka pengguna tersebut dapat langsung mengajukan pinjaman sesuai limit yang didapatkan.

Setiap akun Shopee akan mendapatkan limit pinjaman yang berbeda. Jumlah maksimal pinjaman dana yang diberikan Shopee Pinjam adalah di bawah Rp. 10.000.000.

Bunga Shopee Pinjam

Bunga Shopee Pinjam

Shopee Pinjam adalah fitur yang berbeda dengan Shopee PayLater. Begitu juga dengan bunganya. Bunga Shopee Pinjam mulai dari 2,95% per bulan dan dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan yang dikeluarkan oleh Shopee.

Pada fitur Shopee Pinjam, pengguna Shopee dapat mengajukan pinjaman tunai dengan bunga rendah dan syarat mudah. Jika pengajuan telah disetujui, maka pengguna tersebut wajib membayar cicilan setiap bulan beserta bunganya.

Proses pengajuan pinjaman Shopee Pinjam cukup mudah dan dana akan dicairkan ke rekening yang didaftarkan ketika mengaktifkan Shopee Pinjam. Pengguna Shopee Pinjam biisa memilih jangka waktu pinjaman yang diinginkan. Tersedia beberapa pilihan jangka waktu, yaitu 3, 6, 9, dan 12 bulan.

Pembayaran cicilan Shopee Pinjam sudah termasuk dengan bunga. Sebaiknya pembayaran cicilan tersebut dilakukan secara tepat waktu, karena jika terlambat membayar, pengguna Shopee Pinjam akan dikenakan denda keterlambatan.

Perhitungan Bunga Shopee Pinjam

Perhitungan Bunga Shopee Pinjam

Bunga Shopee Pinjam dihitung dari besar jumlah pinjaman yang diajukan oleh pengguna Shopee. Berikut ini adalah contoh simulasi perhitungan bunga Shopee Pinjam.

Jika seorang pengguna Shopee mengajukan pinjaman dana Shopee Pinjam sebesar Rp. 6.000.000, maka bunga yang dikenakan yaitu Rp. 6.000.000 x 2,95% = Rp. 177.000.

Bunga tersebut akan ditambahkan pada jumlah cicilan Shopee Pinjam setiap bulan. Jika jangka waktu cicilan yang dipilih adalah 3 bulan,maka jumlah cicilan yang wajib dibayarkan adalah Rp. 2.177.000 setiap bulan.

Apabila selama 3 bulan pembayaran cicilan dilakukan secara tepat waktu, maka total jumlah pengembalian pinjaman menjadi Rp. 2.177.000 x 3 = Rp. 6.531.000. sehingga total bunganya adalah sebesar Rp. 531.000.

Perhitungan bunga Shopee Pinjam dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak Shopee. Untuk saat ini, pengajuan pinjaman dana melalui Shopee Pinjam akan dikenakan bunga sebesar 2,95% per bulan yang dihitung dari jumlah pinjaman yang didapatkan.

Jika telah mengetahui jumlah bunga Shopee Pinjam, sebaiknya pengguna Shopee berpikir lagi sebelum mengajukan pinjaman dana pada fitur tersebut. Apabila bunga tersebut dirasa terlalu besar,maka disarankan untuk mengajukan layanan pinjaman dana ke bank yang memiliki bunga lebih kecil,seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Demikian penjelasan mengenai bunga Shopee Pinjam. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang tertarik untuk menggunakan layanan Shopee Pinjam di aplikasi Shopee.

Baca juga:

Artikel Terkait