Kode Bank Danamon

Kripa Rani

Kode Bank Danamon

TutorBisnis.com –  Bank Danamon adalah perusahaan perbankan swasta yang didirikan tahun 1956. Kemudian Bank Danamon menjadi salah satu bank pelopor pertukaran mata uang asing dan bank devisa pertama di Indonesia tahun 1976.

Selain sebagai tempat pertukaran mata uang asing, Bank Danamon juga menyediakan beberapa produk tabungan yang dapat digunakan bertransaksi oleh nasabah. Transaksi tersebut yaitu, menabung, transfer, penyetoran tunai, pengecekan salod dan mutasi rekening, serta penarikan tunai.

Kode Bank Danamon

Kode bank berfungsi untuk memproses transaksi pengiriman uang atau transfer antar bank. Karena kode bank dibutuhkan oleh sistem bank untuk melakukan identifikasi proses transfer antar bank yang dilakukan oleh nasabah.

Kode bank terdiri dari 3 digit angka. Masing-masing bank memiliki kode bank yang berbeda sebagai identitas bank tersebut dalam transaksi transfer antar bank. Sedangkan kode Bank Danamon adalah 011.

Cara Transfer

Jika nasabah dari bank lain akan melakukan transfer ke rekening nasabah Bank Danamon, maka kode Bank Danamon tadi harus digunakan dalam proses transfer. Karena jika tidak menggunakan kode tersebut, sistem bank tidak bisa melakukan identifikasi bank tujuan transfer sehingga proses transfer tidak dapat dilanjutkan.

Karena itu, penting untuk mengetahui kode Bank Danamon terlebih dahulu sebelum melakukan transfer dari rekening bank lain ke rekening Bank Danamon. Berikut ini adalah cara transfer menggunakan kode Bank Danamon:

  1. Datang ke gerai ATM terdekat dengan membawa kartu ATM dan catatan kode Bank Danamon beserta nomor rekening tujuan transfer.
  2. Masukkan kartu ATM ke slot kartu dengan posisi benar sesuai petunjuk yang tertera pada stiker yang ditempel di dekat slot kartu.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan 6 digit PIN dengan benar supaya terhindar dari pemblokiran kartu ATM secara otomatis oleh sistem karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Pilih menu Transaksi Lainnya lalu pilih Transfer dan lanjutkan dengan pilih Transfer Antar Bank Online.
  6. Masukkan kode Bank Danamon 011 diikuti nomor rekening tujuan transfer, contoh: 01134763873684.
  7. Masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer, lalu pilih YA.
  8. Setelah itu akan ditampilkan detail transaksi transfer. periksa data tersebut, jika sudah sesuai, pilih Benar.
  9. Tunggu mesin ATM melakukan proses transfer.
  10. Jika transfer telah berhasil, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transfer sudah dilakukan.
  11. Ambil kartu ATM dan struk tersebut sebelum meninggalkan gerai ATM.

Demikian penjelasan mengenai kode Bank Danamon. Kunjungi TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan, dan investasi.

Baca juga:


👉 Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari TutorBisnis di Google News.
Avatar

Kripa Rani

Content writer di Tutor Bisnis. Suka travelling, dengerin musik, dan teh. Masih kuliah dengan Jurusan Akuntansi.

Tags

Bagikan Artikel:

Artikel Terkait: