Tabungan Pendidikan Anak BNI

TutorBisnis.com – Bank Negara Indonesia (BNI) menyediakan tabungan pendidikan anak BNI untuk menyiapkan biaya pendidikan anak pada 2 – 3 tahun ke depan. Seperti tabungan berjangka, tabungan pendidikan anak BNI memiliki fasilitas auto debet sehingga dapat menabung secara rutin.

Tabungan tersebut bernama Tabungan Perencanaan Masa Depan (Tapenas) yang bertujuan untuk membantu perencanaan keuangan seperti pendidikan anak. Pemilik rekening Tapenas BNI akan mendapatkan perlindungan asuransi secara gratis.

Setoran tiap bulan mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 5.000.000 dan saldo yang telah disetorkan tidak bisa ditarik sebelum waktu yang ditetapkan. Nasabah dapat melakukan penyetoran dalam jumlah lebih banyak atau menambah dana tabungan di luar setoran rutin. Dana tambahan tersebut dapat ditarik sewaktu-waktu maksimal 30% dari setoran tambahan.

Bank BNI telah memiliki beberapa produk tabungan yang dikhususkan bagi nasabah berusia dini, tetapi jika ingin membuat tabungan untuk biaya pendidikan anak, sebaiknya pilihah Tapenas.

Manfaat Tabungan Tapenas BNI

Tabungan Pendidikan Anak BNI Tapenas

Pada Tapenas BNI ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh nasabah yang memiliki rekening tabungan Tapenas BNI. Hal penting yang harus diingat adalah Tapenas adalah tabungan berjangka dengan sistem penyetoran dana secara rutin setiap bulan yang harus dilakukan nasabah sesuai jangka waktu yang dipilih.

1. Masa Depan Pasti

Dengan Tapenas BNI, masa depan pendidikan anak akan menjadi lebih pasti karena orangtua telah memperkirakan dengan pasti jangka waktu yang dipilih.

2. Meningkatkan Kedisiplinan Menabung

Pemilik rekening tabungan Tapenas wajib melakukan penyetoran setiap bulan sehingga tidak ada alasan untuk tidak menabung. Sehingga menciptakan kebiasaan menabung secara lebih disiplin.

3. Asuransi Bebas Premi

Nasabah BNI yang memiliki rekening tabungan Tapenas BNI akan mendapatkan asuransi bebas premi, sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk dibayarkan sebagai asuransi.

4. Suku Bunga Lebih Tinggi

Pada tabungan Tapenas BNI memberikan suku bunga lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis tabungan BNI lainnya, yaitu nasabah akan mendapatkan suku bunga hingga 4,00% setiap tahun.

BACA JUGA: Persyaratan Buka Rekening BNI

Keunggulan Tapenas BNI

Tapenas BNI memiliki banyak keunggulan. Berikut ini adalah keunggulan dari jenis tabungan Tapenas BNI:

  • Tersedia dalam 2 pilihan mata uang, yaitu IDR dan USD.
  • Nasabah dapat menentukan jangka waktu mulai 2 tahun hingga 18 tahun.
  • Nasabah dapat melakukan penyetoran tunai setiap bulan, mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 5.000.000 dengan kelipatan Rp. 50.000 untuk mata uang Rupiah. Sedangkan untuk mata uang Dollar Amerika mulai dari $20 hingga $500 dengan kelipatan $10.
  • Nasabah boleh memiliki lebih dari 1 rekening tabungan Tapenas BNI untuk lebih dari 1 orang calon penerima manfaat.
  • Nasabah dapat menambahkan dana di luar setoran bulanan dengan menyetorkan langsung ke rekening BNI Tapenas.
  • Pilihan pembayaran klaim asuransi bersifat fleksibel yang mana setoran tiap bulan dilanjutkan hingga jatuh tempo.
  • Adanya pilihan asuransi tambahan tanpa adanya pemeriksaan kesehatan dengan manfaat asuransi lebih besar yang terdiri dari asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.
  • Nasabah boleh menambah jangka waktu dan jumlah setoran bulanan.
  • Nasabah akan mendapatkan manfaat asuransi walaupun sedang memiliki pertanggungan asuransi sejenis di lembaga asuransi yang lain.
  • Nilai asuransi untuk nasabah mencapai Rp. 1,5 Miliar atau $150.000 pada rekening nasabah dengan jumlah maksimal Rp. 6 Miliar atau $600.000.

Syarat Pengajuan Tabungan Tapenas BNI

Tapenas BNI

Jika tertarik untuk membuat tabungan pendidikan anak melalui Tapenas BNI, maka penuhi syarat-syarat yang dibutuhkan dalam proses pembukaan rekening tabungan Tapenas berikut ini:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun saat jangka waktu berakhir.
  • Kartu identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor.
  • Memiliki tabungan Tapenas IDR berupa BNI Taplus atau BNI Taplus Bisnis Perorangan / BNI Giro Perorangan atau Tapenas USD berupa BNI Dolar atau BNI Giro USD Perorangan.
  • Mengisi formulir aplikasi BNI Tapenas.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit BNI

Ketentuan Tapenas BNI

Setelah mengetahu syarat pembukaan rekening Tapenas BNI, sebaiknya ketahui juga beberapa ketentuan yang berlaku pada tabungan Tapenas BNI:

  • Suku bunga yang didapatkan sebesar 4% per tahun untuk IDR dan 0,50% per tahun untuk USD.
  • Biaya administrasi sebesar Rp. 18.000 atau $3 per tahun.
  • Biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo sebesar 1% dari saldo akhir minimal sebesar Rp. 100.000.
  • Pajak 20% atas bunga yang dibayarkan.

Walaupun pajak yang dikenakan padda bunga tabungan cukup besar, tetapi hal tersebut sepertinya bukan menjadi masalah selama nasabah dapat menabung secara rutin demi pendidikan anak di masa depan.

Baca juga: Bank BNI Buka Sabtu dan Minggu di Jakarta

Cara Membuat Tabungan Pendidikan Anak BNI Tapenas

Pengajuan pembukaan rekening Tapenas BNI dapat dilakukan di kantor cabang BNI terdekat dengan membawa persyaratan yang telah disebutkan di atas. Ambil nomor antrian yang menuju ke Customer Service dan tunggu hingga nomor antrian tersebut dipanggil.

Setelah dipanggil, datangi petugas Customer Service dan sampaikan keinginan membuka rekening tabungan Tapenas BNI. Petugas Customer Service akan melakukan proses terhadap pengajuan pembukaan rekening Tapenas BNI setelah menerima dokumen persyaratan yang dibawa oleh calon nasabah.

Cara Setor dan Tarik Dana Tapenas BNI

Terdapat beberapa hal lain yang perlu diketahui terkait Tapenas BNI, yaitu tentang cara penyetoran dan penarikan dana Tapenas BNI.

1. Cara Melakukan Penyetoran

Penyetoran dana Tapenas BNI dilakukan setiap bulan dengan cara nasabah melakukan debet rekening inflasi setiap tanggal 5. Sehingga nasabah tidak perlu lagi melakukan penyetoran uang di kantor cabang BNI. Sedangkan penyetoran dana tambahan bisa dilakukan di kantor cabang BNI, gerai ATM, SMS Banking, atau internet banking BNI.

2. Cara Melakukan Penarikan

Dana yang terdapat di rekening Tapenas BNI tidak bisa ditarik sewaktu-waktu. Nasabah hanya dapat menarik dana dari setoran tambahan secara utuh atau secara total dari semua setoran tambahan.

Jika masih memiliki pertanyaan mengenai tabungan Tapenas BNI, hubungi BNI Call di nomor 1500046 atau melalui situs https://www.bni.co.id/id-id/personal/simpanan/bnitapenas.

BACA JUGA: Kode Bank BNI Syariah

Demikian penjelasan mengenai tabungan pendidikan Anak BNI. Semoga informasi tadi dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya orangtua yang ingin menyiapkan dana pendidikan untuk anak.

Photo of author

Kripa Rani

Content writer di Tutor Bisnis. Suka travelling, dengerin musik, dan teh. Masih kuliah dengan Jurusan Akuntansi.

Silahkan berkomentar