Persyaratan Buka Rekening Mandiri Syariah

TutorBisnis.com – Bank Mandiri Syariah adalah sebuah bank yang memberikan layanan perbankan dengan menggunakan prinsip dan dasar syariat Islam. Bank Mandiri Syariah menyediakan beberapa jenis produk tabungan dan investasi yang dapat dipilih oleh nasabah sesuai dengan kebutuhannya.

Bagi yang ingin menabung dan memiliki rekening tabungan Mandiri Syariah, maka lakukan pembukaan rekening tabungan di kantor cabang Bank Mandiri Syariah terdekat. Selain itu, bawalah persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan pembukaan rekening.

Persyaratan Buka Rekening Mandiri Syariah

Buka Rekening Mandiri Syariah

1. Tabungan Mudharabah

Tabungan Mudharabah adalah jenis tabungan yang bisa digunakan oleh semua orang dengan mata uang Rupiah. Prinsip yang digunakan pada tabungan ini adalah akad mudharabah muthalaqah yang artinya sistem bagi hasil secara kompetitif. Jadi jenis tabungan ini tidak termasuk tabungan yang menganut sistem riba.

Berikut ini adalah persyaratan yang wajib dilengkapi dan dipenuhi untuk membuka rekening tabungan Mudharabah:

  • KTP dan NPWP jika ada.
  • Uang setoran awal sebesar Rp. 100.000.
  • Setoran berikutnya minimal sebesar Rp. 10.000.
  • Saldo tertahan di rekening sebesar Rp. 50.000.
  • Biaya administrasi tiap bulan sebesar Rp. 10.000.
  • Biaya penutupan rekening sebesar Rp. 20.000.

Nasabah yang memiliki rekening tabungan Mudharabah akan mendapatkan fasilitas online yang dapat digunakan di semua kantor cabang Bank Mandiri Syariah. Selain itu, nasabah akan mendapatkan kartu ATM, e-banking berupa aplikasi Mandiri Syariah Mobile dan Net Banking.

BACA JUGA: Kode Bank Mandiri Syariah

2. Tabungan SimPel iB

Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) ditujukan bagi para pelajar yang berusia di bawah 17 tahun mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan Madrasah. Tabungan ini menggunakan akad wa’diah yad dhamanah yang artinya dana nasabah yang dititipkan ke pihak bank akan dikembalikan kepada pemiliknya secara utuh.

Tujuan dari tabungan ini adalah untuk melatih menabung dan mengenalkan layanan perbankan syariah sejak anak berusia dini. Berikut ini adalah syarat untuk membuka rekening tabungan SimPel iB Mandiri:

  • Kartu pelajar jika ada, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP orang tua/wali, Akta Kelahiran, dan dokumen perwalian.
  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Uang setoran awal sebesar Rp. 1.000.
  • Setoran berikutnya minimal sebesar Rp. 1.000.
  • Saldo tertahan di rekening sebesar Rp. 1.000.
  • Biaya penutupan rekening sebesar Rp. 1.000.

Nasabah yang memiliki rekening tabungan ini akan mendapatkan fasilitas kartu ATM, e-banking berupa aplikasi Mandiri Syariah Mobile dan Net Banking, serta fasilitas online di semua kantor cabang Bank Mandiri.

3. Tabungan Berencana

Tabungan Berencana adalah produk tabungan berjangka yang bertujuan memenuhi target keuangan nasabah di masa depan. Nasabah yang memiliki rekening tabungan ini akan mendapatkan keuntungan dari hasil nisbah berjenjang.

Tabungan Berencana menggunakan akad mudharabah muthlaqah. Nasabah bisa memilih jangka waktu 1 – 10 tahun. Berikut ini adalah persyaratan yang dibutuhkan untuk membuka rekening Tabungan Berencana Mandiri:

  • Uang setoran awal sebesar Rp. 100.000.
  • Target dana, minimal sebesar Rp. 1.200.000 dan maksimal Rp. 200.000.000.
  • Jumlah setoran tidak dapat diubah karena harus mengikuti pembagian jumlah target dengan periode yang dipilih oleh nasabah.
  • Tidak bisa melakukan penarikan saldo sebelum jangka waktu menabung berakhir.

Nasabah yang memiliki rekening Tabungan Berencana akan mendapatkan asuransi tanpa pemeriksaan kesehatan.

4. Tabungan Wadiah

Tabungan Wadiah adalah jenis tabungan yang menggunakan prinsip wadiah dengan penarikan dana berdasarkan syarat yang sudah disepakati. Berikut ini adalah persyaratan untuk membuka rekening Tabungan Wadiah Mandiri:

  • KTP dan NPWP.
  • Uang setoran awal sebesar Rp. 100.000.
  • Setoran berikutnya sebesar Rp. 10.000.

Pada Tabungan Wadiah, nasabah tidak akan dikenakan biaya administrasi dan biaya kartu ATM GPN. Nasabah akan diberikan fasilitas berupa kartu ATM dan e-banking berupa aplikasi Mandiri Syariah Mobile dan Net Banking.

5. Tabungan Investa Cendekia

Tabungan Investa Cendekia adalah prosuk tabungan pendidikan dengan manfaat proteksi asuransi. Prinsip yang digunakan adalah mudharabah muthlaqah. Tersedia pilihan jangka waktu menabung selama 1 – 10 tahun.

Jumlah setoran pada tabungan ini akan dipilih oleh nasabah sendiri. Bank Mandiri Syariah menetapkan setoran pada rekening Tabungan Investa Cendekia minimal sebesar Rp. 100.000 dan maksimal sebesar Rp. 10.000.000. berikut ini adalah syarat membuka rekening Tabungan Investa Cendekia:

  • KTP dan NPWP.
  • Memiliki rekening tabungan Mudharabah.
  • Calon nasabah berusia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun saat jatuh tempo.

BACA JUGA: Limit Transfer Bank Mandiri

6. Tabungan Dollar

Jenis tabungan ini ditujukan bagi nasabah Mandiri yang ingin menabung dan bertransaksi menggunakan mata uang Dollar. Nasabah yang memiliki rekening Tabungan Dollar bisa melakukan setoran dengan mata uang Rupiah.

Tabungan Dollar menggunakan akad wadiah yad dhamanah. Jumlah setoran awal minimal sebesar USD 100 dan saldo minimal sebesar USD 100 dengan biaya administrasi sebesar $0.5 atau Rp. 5.000. Syarat membuka rekening Tabungan dollar adalah KTP dan NPWP jika ada.

7. Tabungan Pensiun

Bank Mandiri Syariah bekerjasama dengan PT. Taspen untuk menyediakan fasilitas tabungan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ingin menyiapkan tabungan hari tua atau masa pensiun dan tidak bekerja. Tabungan Pensiun menggunakan sistem akad mudharabah mutlaqah. Syarat pembukaan rekening Tabungan Pensiun adalah sebagai berikut:

  • Pensiunan atau calon pensiun Pegawai Negeri Sipil, pejabat negara, hakim, TNI, dan Polri.
  • Menerima tunjangan yang sudah dibayarkan kepada PT. Taspen yaitu veteran PKRI dan KNIP.
  • Kartu identitas diri berupa KTP atau SIM.

8. Tabungan Kurban

Tabungan Kurban bertujuan untuk mewujudkan keinginan nasabah untuk melakukan qurban. Berikut ini adalah persyaratan untuk membuka rekening Tabungan Kurban Mandiri Syariah:

  • Kartu identitas diri berupa KTP/SIM
  • Uang setoran awal sebesar Rp. 50.000.
  • Setoran berikutnya minimal sebesar Rp. 50.000.

9. Tabungan Mabrur

Tabungan Mabrur adalah sebuah produk tabungan haji dari Bank Mandiri Syariah yang ditujukan bagi nasabah yang ingin menyiapkan dana untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh.

Tabungan Mabrur tidak dikenakan biaya administrasi bulanan dan dana tidak dapat dicairkan kecuali untuk melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji atau umroh. Persyaratan yang dibutuhkan untuk membuka rekening Tabungan Mabrur yaitu KTP dan NPWP jika ada, serta setoran awal sebesar Rp. 100.000.

Setoran berikutnya untuk tabungan ini adalah sebesar Rp. 100.000. Jika telah terkumpul cukup dana untuk melakukan pendaftaran haji, nasabah akan mendapatkan notifikasi. Untuk pendaftaran ke SISKOHAT, minimal saldo adalah sebesar Rp. 25.100.000 atau sesuai ketentuan dari Kementerian Agama.

BACA JUGA: Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

10. TabunganKu

TabunganKu adalah sebuah produk tabungan dari program pemerintah yang bertujuan untuk membangun minta masyarakat untuk gemar menabung. Nasabah yang memiliki rekening TabunganKu tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan.

Persyaratan untuk membuka rekening TabunganKu Mandiri Syariah adalah KTP dan NPWP serta setoran awal minimal sebesar Rp. 20.000 (tanpa kartu ATM) atau Rp. 80.000 (dengan kartu ATM).

Demikian penjelasan mengenai persyaratan buka rekening Mandiri Syariah. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca TutorBisnis.com.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo