KUR BSI

TutorBisnis.com – Apa saja syarat pengajuan KUR BSI? Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah gabungan dari Bank BRI Syariah, Mandiri Syariah, dan BNI Syariah. BSI menyediakan produk pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR).

KUR BSI berbeda jika dibandingkan KUR yang disediakan oleh bank konvensional. Bedanya adalah prosedur pengajuan dan bunga yang dibebankan. Hal yang menarik dari pinjaman KUR BSI adalah tidak dikenakan bunga.

Akan tetapi terdapat margin pinjaman yang jumlahnya setara dengan bunga KUR dari bank lain. Hal tersebut merupakan ciri khas bank syariah. Prinsip syariah digunakan oleh BSI agar nasabah terhindar dari riba. Skema pinjaman yang digunakan oleh BSI yaitu skema Muharabah, Ijarah, dan MMQ.

Skema tersebut merupakan akad saat nasabah mengajukan pinjaman KUR BSI. Tetapi pengajuan belum tentu akan diterima 100%, sebab terdapat syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman KUR BSI yang harus dipenuhi. Syarat pengajuan KUR BSI tergantung jenis pinjaman KUR yang dipilih nasabah, yaitu KUR Super Mikro, KUR Mikro, atau KUR Kecil.

Jenis KUR BSI

Jenis KUR Bank BSI

 

1. KUR Super Mikro

Jenis pinjaman ini memiliki plafon pinjaman paling rendah, yaitu maksimal hingga Rp. 10.000.000. Syarat pinjaman ini lebih mudah dan memiliki jangka waktu atau tenor pinjaman hingga 3 tahun untuk modal kerja dan 5 tahun untuk kebutuhan modal investasi.

2. KUR Mikro

Jenis pinjaman ini menggunakan akad Murabahah dan Ijarah. Plafon pinjaman yang diberikan lebih besar jika dibandingkan KUR Super Mikro, yaitu antara Rp. 10.000.000 – Rp. 50.000.000. Jangka waktu atau tenor pinjaman sama seperti KUR Super Mikro.

3. KUR Kecil

Jenis pinjaman ini memiliki plafon lebih besar jika dibandingkan dengan jenis pinjaman yang lain. nasabah dapat mengajukanpinjaman mulai dari Rp. 50.000.000 hingga Rp. 500.000.000. Tetapi nasabah wajib memiliki NPWP dan jaminan untuk bisa mengajukan pinjaman ini.

Baca juga:

Syarat Pengajuan KUR BSI

Jika tertarik untuk mengajukan pinjaman KUR BSI, maka ketahui terlebih dahulu apa saja syarat pengajuan KUR BSI. Tujuannya adalah supaya pengajuan tersebut dapat disetujui. Apabila syarat yang diberikan tidak lengkap, maka secara otomatis pengajuan akan ditolak.

Syarat pengajuan KUR BSI cukup mudah dan cepat. Sebelum mengajukan pinjaman KUR BSI, berikut ini adalah syarat-syarat yang harus disiapkan  terlebih dahulu.

Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia.
  • Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah.
  • Memiliki usaha yang aktif, produktif, dan telah berjalan minimal selama 6 bulan.
  • Memiliki riwayat kredit yang baik dan lancar.
  • Tidak sedang menanggung pinaman dari perbankan, kecuali KPR, KKB, dan kartu kredit.
  • Jika terdapat pinjaman lain maka pinjaman tersebut harus diselesaikan terlebih dahulu.
  • Memiliki jaminan senilai pinjaman.

Persyaratan Dokumen

  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi Akta Nikah jika sudah menikah.
  • Surat Keterangan Usaha dari kelurahan atau instansi terkait sebagai bukti legalitas usaha.
  • Bagi pinjaman yang berjumlah di atas Rp. 49.000.000 harus menyertakan fotokopi NPWP.
  • Fotokopi bukti jaminan, berupa BPKB atau sertifikat tanah.

Seluruh syarat tersebut wajib dipenuhi supaya pengajuan pinjaman KUR BSI dapat disetujui. Syarat utama yang paling penting yaitu harus memiliki usaha. Karena pinjaman ini hanya diberikan bagi nasabah yang memiliki usaha yang aktif dan produktif.

Usaha yang dimiliki harus terdapat bukti fisik berupa toko, ruko, atau barang jualan. Kemudian nasabah wajib memiliki riwayat kredit yang baik sebab nantinya pihak BSI akan melakukan pengecekan melalui laporan SLIK OJK.

Cara Pengajuan KUR BSI

KUR BSI

Pengajuan pinjaman KUR BSI dapat dilakukan melalui kantor cabang BSI terdekat dengan membawa persyaratan tadi. Pengajuan juga dapat dilakukan melalui aplikasi BSI Mobile. Namun sebaiknya pengajuan dilakukan di kantor cabang BSI. Karena nantinya petugas BSI akan membantu melakukan proses pengajuan KUR BSI tersebut hingga selesai.

Setelah pengajuan dilakukan, pihak BSI akan melakukan survei untuk meninau lokasi usaha nasabah. Apabila usaha yang dijalankan dinilai layak untuk mendapatkan pinjaman, maka pengajuan pinjaman KUR BSI dapat disetujui.

Pengajuan KUR BSI diterima atau tidak tergantung dari keputusan pihak BSI yang menilai kelayakan nasabah. Jika pengajuan telah disetujui, maka nasabah wajib melakukan pembayaran angsuran setiap bulan sesuai tenor pinjaman dengan jumlah cicilan yang telah ditetapkan.

Demikian penjelasan mengenai syarat pengajuan KUR BSI. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman dana dari KUR BSI.

Artikel Terkait

Kode Bank Permata

Kripa Rani Dewi Dasi

close
Shopee Promo