Fungsi Kartu Kredit

TutorBisnis.com – Kartu kredit merupakan salah satu layanan perbankan yang menggunakan teknologi modern. Kartu kredit berupa sebuah kartu yang dikeluarkan oleh bank yang bertujuan supaya nasabah dapat membeli barang atau jasa tanpa pembayaran tunai atau secara kredit.

Nasabah melakukan transaksi belanja dengan pembayaran yang dilakukan oleh pihak bank terlebih dahulu melalui kartu kredit dan kemudian nasabah membayarnya dengan cicilan pada bank tersebut.

Bank memberikan pinjaman melalui kartu kredit kepada nasabah yang harus dikembalikan dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu pinjaman kartu kredit berdasarkan jenis barang atau jasa yang dibeli.

Bertransaksi menggunakan kartu kredit akan dikenakan bunga dengan jumlah yang berbeda untuk setiap transaksi. Nasabah juga akan dikenakan biaya iuran setiap tahun sebagai bukti keanggotaan.

Pihak bank menetapkan biaya dan bunga kartu kredit yang dikeluarkan. Sebaiknya nasabah mengetahui terlebih dulu mengenai rincian biaya dan bunga kartu kredit yang harus dibayarkan.

Setiap kartu kredit memiliki limit atau batas jumlah transaksi yang ditetapkan oleh pihak bank. Misalnya, limit kartu kredit adalah sebesar Rp. 5.000.000, maka pemilik kartu kredit bisa menggunakannya untuk berbelanja dengan total maksimal hingga Rp. 5.000.000.

Limit kartu kredit dapat dinaikkan sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh bank. Hampir semua bank besar menyediakan produk kartu kredit dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan.

Fungsi Kartu Kredit

Fungsi Kartu Kredit

Nasabah yang ingin memiliki kartu kredit harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh bank. Pemilik kartu kredit akan mendapatkan kemudahan saat bertransaksi secara online dan offline. Selain itu juga terdapat berbagai fungsi kartu kredit, yaitu:

1. Dana Darurat

Kartu kredit dapat berfungsi sebagai dana darurat yang dapat digunakan untuk kebutuhan yang bersifat mendesak. Misalnya, biaya operasi,melahirkan, dan sebagainya, tetapi belum tersedia cukup dana. Maka kartu kredit dapat digunakan terlebih dahulu untuk membayar biaya tersebut.

2. Dana Opportunity

Pinjaman dana yang disediakan pada kartu kredit juga bisa digunakan untuk mengambil peluang bisnis atau investasi saat peluang tersebut datang namun belum ada dana tunai untuk mengambilnya.

3. Akumulasi Pengeluaran

Kartu kredit juga berfungsi untuk mengumpulkan semua bentuk pengeluaran dalam satu tagihan. Jadi jumlah dana yang dikeluarkan akan menjadi llebih efisien. Contohnya, menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan listrik, telepon, air, dan lain-lain.

4. Catatan Biaya

Fungsi lain dari kartu kredit adalah sebagai catatan biaya. Catatan biaya yang dimaksud adalah pemilik kartu kredit bisa mencatat biaya yang dikeluarkan secara rutin sehingga mempermudah pengelolaan keuangan.

5. Biaya Pengeluaran Lebih Jelas

Menggunakan kartu kredit bisa lebih memperjelass pengeluaran di rekening giro sehingga pemilik kartu kredit dapat melakukan pengecekan ulang atau cross checking di rumah pada akhir bulan.

6. Layanan Asuransi

Pemilik kartu kredit bisa memanfaatkan kartu kredit yang berfungsi untuk mendapatkan layanan asuransi kesehatan, kecelakaa, perjalanan, pencurian, atau layanan asuransi lain yang dibelii menggunakan kartu kredit tersebut.

7. Membayar Transaksi Online

Kartu kredit bisa menjadi salah satu metode pembayaran dalam transaksi belanja online. Banyak toko online ternama yang menyediakan metode pembayaran menggunakan kartu kredit.

8. Kredit Barang dengan Bunga 0%

Kartu kredit dapat digunakan untuk membeli barang dengan bunga cicilan 0%. Hal tersebut merupakan keistimewaan kartu kredit jika dibandingkan dengan kartu debit. Tetapi tidak semua transaksi memberikan bunga 0% karena ketentuan tersebut tergantung dari penjual yang menerima metode pembayaran kartu kredit.

Baca juga:

Kegunaan Kartu Kredit

Kegunaan Kartu Kredit

Dari semua fungsi kartu kredit yang telah disebutkan tadi, maka bisa disimpulkan bahwa kartu kredit memiliki banyak kegunaan, yaitu:

  • Digunakan untuk bertransaksi secara online.
  • Dapat membeli barang atau jasa dengan sistem cicilan setiap bulan.
  • Bisa mendapatkan dana tunai karena limit kartu kredit bisa diuangkan.
  • Adanya berbagai promo menarik dan diskon.
  • Tersedianya jaminan kesehatan dan asuransi.

Cara Mendapatkan Kartu Kredit

Cara Mendapatkan Kartu Kredit

Untuk mendapatkan kartu kredit, nasabah harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh bank penerbit kartu kredit. Biasanya syarat yang dibutuhkan adalah kartu identitas diri berupa KTP, Paspor, KITAS, atau KITAP. Nasabah juga wajib memiliki NPWP dan memenuhi jumlah pendapatan minimum setiap bulan.

Jika persyaratan yang dibutuhkan telah disiapkan, maka selanjutnya datang ke kantor cabang bank yang diinginkan untuk membuat kartu kredit. Kemudian minta bantuan kepada petugas Customer Service di bank tersebut untuk membuat kartu kredit.

Demikian penjelasan mengenai fungsi kartu kredit. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang ingin mengetahui tentang manfaat kartu kredit.

Artikel Terkait