Cara Menukar Bitcoin ke Rupiah

TutorBisnis.com – Apakah Bitcoin dapat ditarik tunai? Bitcoin dapat ditarik tunai atau withdraw, melalui transfer ke rekening bank atau e-money seperti OVO, DANA, dan GoPay.

Bitcoin masih dilarang sebagai alat pembayaran di banyak negara sehingga manfaat Bitcoin dapat dirasakan apabila ditukar ke suatu mata uang. Berikut ini cara untuk menukar Bitcoin ke Rupiah:

1. Membuka Rekening di Exchange Broker Kripto

Exchange merupakan tempat untuk melakukan transaksi cryptocurrency. Exchange Bitcoin telah legal dan diatur oleh Bappebti sehingga transaksinya tidak melanggar hukum. Sebaiknya buka rekening cryptocurrency di perusahaan yang terdaftar di Bappebti. Proses pembukaan rekening yaitu:

  • Registrasi dengan mengisi data seperti nama lengkap sesuai identitas (KTP, SIM, atau Paspor), email, dan password yang akan digunakan untuk mengakses rekening.
  • Mengunggah foto kartu identitas (KTP, SIM, Paspor) dan foto

2. Menyetorkan Uang

Selanjutnya setorkan uang ke rekening yang telah ditentukan untuk dapat melakukan jual beli. Setiap exchange menetapkan ketentuan untuk setoran minimum.

Exchange menerima deposit melalui transfer bank, virtual account, dan e-wallet. Deposit melalui virtual account dan e-wallet umumnya dikenakan biaya, sedangkan transfer bank gratis.

3. Membeli Aset Kripto

Tahap selanjutnya yaitu melakukan pembelian aset kripto. Sebagai regulator perlindungan konsumen, Bappebti menetapkan jika hanya jenis kripto tertentu yang dapat diperdagangkan di exchange Indonesia.

Investor harus memilih pair kon yang ingin ditransaksikan yang tersedia di platform. Harga Crypto merupakan hasil dari dinamika supply and demand di marketplace tersebut. Karena itu harganya bisa berbeda antar exchange.

Setelah pembelian maka saldo Bitcoin bertambah yang ditampilkan di aplikasi berupa posisi saldo dan nilai konversi Rupiah. Saldo tersimpan di wallet dan dapat ditransfer ke exchange lain.

BACA JUGA: Cara Investasi Bitcoin

4. Menjual Aset Kripto

Setiap hari nilai Bitcoin terhadap mata uang Fiat selalu berubah sebab nilai Bitcoin dalam Rupiah berubah. Pilih lagi pair (BTC/IDR) untuk menjual Bitcoin. Ada 2 pilihan order untuk menjual Bitcoin:

  • Market order. Order langsung tereksekusi dan match sesuai harga market yang berlaku.
  • Limit order. Order menunggu hingga harga pasar mencapai harga yang dipasang.

Setelah saldo hasil penjualan telah diterima, maka saldo dapat digunakan untuk membeli lagi aset kripto lainnya di exchange atau ditransfer berbentuk uang Rupiah ke rekening pribadi atau dompet digital.

5. Transfer Rekening Bank

Pilih menu withdraw yang tersedia di aplikasi untuk mencairkan saldo di exchange. Masuk ke menu withdraw lalu masukkan nomor rekening, nama, dan bank tujuan transfer. Di beberapa exchange hanya bisa transfer ke rekening yang sudah terdaftar dan diverifikasi di exchange.

Beberapa hal penting untuk diperhatikan mengenai rekening bank yaitu:

  • Bank yang didaftarkan di aplikasi exchange harus terdaftar di Indonesia.
  • Tidak dapat transfer ke bank luar negeri.
  • Withdraw diterima dan diproses 24/7 termasuk hari libur.
  • Penarikan di atas Rp. 50.000/transaksi ke bank menggunakan jaringan RTGS memerlukan waktu 1 hari kerja.

6. Transfer DANA, OVO, GoPay

Withdraw dari exchange juga dapat dilakukan ke dompet digital seperti DANA, OVO, dan GoPay. Hal yang perlu diketahui adalah rekening bank yang terhubung dengan dompet digital yang digunakan. Kemudian cantumkan rekening tersebut sebagai tujuan transfer untuk penarikan saldo dari penjualan Bitcoin.

BACA JUGA: Exchange Bitcoin Terbaik

7. Batas Jumlah Penarikan

Setiap exchange menetapkan ketentuan batas penarikan, contohnya pada beberapa exchange berikut ini:

Indodax

Minimal penarikan Rp. 100.000. Batas penarikan ke rekening bank pribadi sebesar Rp. 200.000.000 per hari. Bagi WNA, batas penarikan per hari Rp. 10.000.000.

Pintu

Minimal penarikan Rp. 50.000. Tidak ada batas penarikan pada hari kerja Senin – Jumat. Pada akhir pekan dan hari libur nasional berlaku jumlah maksimum penarikan sebesar Rp. 200.000.000 per user.

Rekeningku

Minimal penarikan Rp. 30.000. Batas penarikan sebesar Rp. 500.000.000 per hari dan di-reset setiap jam 00:00 WIB.

Luno

Minimal penarikan Rp. 50.000. Batas penarikan tergantung level:

Level 1 = Tidak bisa melakukan deposit dan penarikan

Level 2 = Penarikan setiap bulan Rp. 25.000.000

Level 3 = Tidak ada batas penarikan

8. Waktu Uang Diterima

Permintaan penarikan diproses maksimal 1 hari kerja. Setelah itu withdraw  hanya membutuhkan waktu 5 – 10 menit. Prosesnya sama seperti transfer antar rekening bank.

9. Biaya Withdraw

Setiap penarikan dikenakan biaya yang berbeda antar exchange, seperti contoh pada beberapa exchange berikut ini:

Indodax

Penarikan di atas Rp. 5.000.000 dikenakan biaya 0,5%, sedangkan penarikan di bawah jumlah tersebut dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000.

Pintu

Pintu

Biaya penarikan Rp. 4.500 flat.

Rekeningku

Penarikan dikenakan biaya 0,5% dihitung dari jumlah penarikan dengan biaya minimum Rp. 7.500.

TokoCrypto

Biaya penarikan sebesar Rp. 5.500 flat.

Luno

Biaya penarikan sebesar Rp. 15.000 flat.

BACA JUGA: Resiko Investasi Bitcoin

Bitcoin dapat ditukar ke mata uang Rupiah ataupun mata uang lainnya, seperti yang telah dijelaskan dalam artikel ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia TutorBisnis.com.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo