Cara Mengatasi ATM BNI Terblokir Tanpa Ke Bank

Cara Mengatasi ATM BNI Terblokir Tanpa Ke Bank – Bagi nasabah BNI yang mengalami kartu ATM terblokir, bisa mengatasinya tanpa harus datang ke bank. Bank Negara Indonesia atau BNI adalah sebuah bank milik pemerintah Indonesia (BUMN) yang menyediakan beberapa jenis rekening tabunganj yang bisa dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Nasabah yang memiliki salah satu jenis rekening tabungan BNI, akan mendapatkan fasilitas pelayanan kemudahan transaksi berupa kartu ATM. Pemilik rekening BNI bisa melakukan berbagai transaksi seperti setor tunai, tarik tunai, transfer, pembayaran, hingga investasi di gerai ATM BNI atau para agen ATM mini BNI yang tersebar di berbagai daerah terpencil.

Pemilik kartu ATM yang ingin melakukan transaksi harus menyertakan PIN yang berguna saat verifikasi transaksi dan juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan bertransaksi.

Tetapi kadang pemilik kartu ATM lupa dengan PIN dari kartu ATM tersebut hingga salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut. Apabila hal tersebut terjadi, maka secara otomatis kartu ATM akan terblokir oleh sistem. Kartu ATM yang terblokir tidak dapat digunakan untuk bertransaksi.

Jika hal tersebut terjadi, jangan khawatir. Saldo pada rekening dari kartu ATM yang terblokir tersebut tidak akan hilang atau habis. Untuk mengatasi terblokirnya kartu ATM BNI tersebut, simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengatasi ATM BNI Terblokir Tanpa Ke Bank

Jika terblokirnya kartu ATM BNI disebabkan oleh kesalahan saat memasukkan kode PIN sebanyak 3 kali berturut-turut, maka nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang BNI untuk mengatasinya.

Cukup dengan menghubungi layanan Call Center BNI di nomor 1500046. Sebelum menghubungi BNI Call Center, pastikan untuk ingat PIN kartu ATM yang terblokir. Karena jika lupa, tidak bisa membuka blokir pada kartu ATM tersebut dan tidak berhak mengganti PIN kartu ATM tersebut. Kemudian ikuti langkah berikut ini.

  1. Hubungi BNI Call di nomor 1500046.
  2. Ketika tersambung dengan petugas Call Center BNI, sampaikan maksud untuk mengaktifkan lagi kartu ATM yang terblokir.
  3. Selanjutnya petugas Call Center akan meminta data dan informasi yang diperlukan, seperti nomor ATM, nama, nama ibu kandung, dan nomor handphone yang didaftarkan ketika membuat rekening BNI dari ATM yang sedang terblokir.
  4. Kemudian petugas Call Center akan memeriksa data tersebut.
  5. Tunggu petugas Call Center mengaktifkan kembali ATM tersebut. Proses pengaktifan kartu ATM selama kurang lebih 10 menit. Setalah berhasil diaktifkan lagi, maka kartu ATM tersebut sudah dapat digunakan untuk bertransaksi.

Layanan BNI Call Center siap melayani nasabah yang mengalami masalah ATM BNI terblokir selama 24 jam non stop. Tetapi perlu diketahui jika setiap panggilan dikenakan tarif sesuai provider seluler yang digunakan.

BACA JUGA: Cara Menarik Uang di ATM BNI

Cara Membuka Blokir ATM BNI Melalui Kantor Cabang

Bagi nasabah yang ingin mengatasi masalah kartu ATM BNI terblokir dengan cara mengunjungi kantor cabang BNI terdekat, bawalah beberapa persyaratan berikut ini.

  1. KTP
  2. Buku tabungan
  3. Kartu ATM BNI yang terblokir.

Cara mengatasi ATM BNI terblokir ini dapat berlaku bagi nasabah yang mengalami kartu ATM rusak, hilang, atau tertelan di mesin ATM. Jangan lupa untuk menyiapkan semua persyaratan tadi, kemudian ikuti prosedur untuk membuka blokir kartu ATM BNI berikut ini.

  1. Kunjungi kator cabang BNI terdekat dengan membawa persyaratan yang disebutkan tadi.
  2. Ambil nomor antrian di mesin antri yang menuju Customer Service.
  3. Tunggulah hingga giliran nomor antrian tersebut dipanggil.
  4. Saat dipanggil, datangi petugas Customer Service dan sampaikan maksud untuk mengaktifkan lagi kartu ATM yang terblokir.
  5. Kemudian serahkan semua persyaratan yang sudah disiapkan kepada petugas Customer Service.
  6. Petugas Customer Service akan melakukan proses aktivasi ulang kartu ATM tersebut.
  7. Setelah itu, petugas akan meminta untuk memasukkan PIN ATM baru yang terdiri dari 6 digit angka. Pastikan untuk merahasiakan nomor PIN tersebut dari siapapun termasuk petugas bank.
  8. Masukkan lagi PIN ATM baru yang tadi, untuk proses verifikasi.
  9. Setelah proses aktivasi kartu ATM BNI telah berhasil, maka kartu ATM tersebut sudah dapat digunakan lagi untuk melakukan transaksi.

Petugas Customer Service BNI akan membantu nasabah mengganti PIN ATM yang terblokir supaya dapat digunakan lagi untuk bertransaksi di mesin ATM. Gantilah PIN ATM secara berkala untuk menjaga keamanan rekening BNI yang dimiliki.

Setelah mengetahui cara mengatasi ATM BNI terblokir, maka tidak usah panik, karena cara untuk mengatasinya sangat mudah. Hal yang harus dilakukan hanya menghubungi Call Center BNI dengan catatan masih ingat dengan PIN kartu ATM yang terblokir.

Jika lupa dengan PIN kartu ATM yang terblokir, maka satu-satunya cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah mendatangi kantor cabang BNI terdekat. Berikut ini adalah FAQ yang perlu untuk disimak oleh nasabah BNI terkait dengan kartu ATM terblokir.

Apa Penyebab Kartu ATM BNI Terblokir?

Penyebab masalah tersebut biasanya adalah kesalahan saat memasukkan PIN kartu ATM sebanyak 3 kali berturut-turut. Selain itu bisa juga disebabkan karena kartu ATM hilang, rusak, tertelan di mesin ATM, dan habis masa kadaluwarsa.

Apakah Kartu ATM BNI yang Terblokir Dapat Diaktifkan Kembali?

Bisa, dengan cara menghubungi Call Center BNI di nomor 1500046 atau datang ke kantor cabang BNI terdekat.

Apakah Membuka Blokir Kartu ATM BNI Dikenakan Biaya?

Biaya dibutuhkan hanya jika terpaksa harus mengganti kartu ATM. Jika hanya sekedar membuka blokir kartu ATM maka tidak dikenakan biaya sama sekali atau gratis.

Apakah Saldo Rekening Tetap Aman?

Nasabah tidak perlu khawatir saldo akan hilang karena yang diblokir hanya kartu ATM. Nasabah tetap dapat melakukan transaksi menggunakan layanan BNI lainnya, seperti mobile banking, internet banking, dan SMS Banking.

Sekian informasi mengenai cara mengatasi kartu ATM BNI yang terblokir. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi pembaca TutorBisnis.com khususnya nasabah BNI yang sedang mengalami kartu ATM terblokir.

Artikel Terkait