Cara Menarik Uang di ATM BNI

Cara Menarik Uang di ATM BNI – Setiap bank menyediakan mesin ATM yang berfungsi sebagai penyedia layanan proses transaksi nasabah. Sehingga tanpa harus melalui kantor bank sudah dapat melakukan transaksi keuangan yang diinginkan.

BNI adalah sebuah institusi bank milik pemerintah atau perusahaan BUMN yang menyediakan pelayanan mengenai keuangan, khususnya untuk menyimpan uang secara aman dan terpercaya.

Selain itu, BNI juga menyediakan pelayanan modern yang memberikan kemudahan bagi nasabahnya. Tersedia layanan kartu debit atau ATM yang mana semua uang nasabah yang tersimpan di rekening BNI secara otomatis masuk ke kartu ATM.

Kartu ATM memudahkan nasabah dalam menarik uang tabungannya yang tersimpan di bank BNI. Selain itu juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi lainnya seperti transfer, pembayaran merchant, dan cek saldo. Nasabah tidak perlu lagi mengantri di kantor cabang BNI karena semua itu dapat dilakukan melalui mesin ATM.

Menarik uang di ATM BNI membutuhkan waktu beberapa menit saja dan prosesnya mudah. Berikut ini adalah penjelasan dari cara menarik uang di mesin ATM BNI yang sebaiknya diketahui oleh semua nasabah BNI.

Tutorial Menarik Uang di Mesin ATM BNI

Uang di Mesin ATM BNI

1. Kunjungi Gerai ATM BNI Terdekat

Langkah pertama adalah mengunjungi gerai ATM BNI terdekat. Ada banyak gerai ATM BNI yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia sehingga mempermudah penarikan uang melalui ATM BNI.

Sebelum menarik uang di ATM, carilah pecahan nominal uang yang tertera di mesin ATM yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Pecahan nominal biasanya ditunjukkan pada stiker yang tertempel di mesin ATM, yaitu 50.000 dan 100.000.

2. Masukkan Kartu ATM

Masukkan Kartu ATM

Selanjutnya masukkan kartu ATM BNI pada slot yang tersedia. Slot yang digunakan untuk memasukkan kartu ATM tersebut berada di sebelah kanan mesin ATM yang berbentuk garis tipis yang berukuran sebesar kartu ATM.

Pastikan jika memasukkan ATM tersebut dengan benar seperti yang diperlihatkan pada stiker petunjuk di mesin ATM. Apabila salah saat memasukkan, dapat menyebabkan kartu ATM menjadi tertahan atau rusak.

3. Pilih Bahasa

Pilih Bahasa

Setelah kartu ATM sudah masuk, akan ditampilkan menu yang berisi pemilihan bahasa. Tersedia 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Pilihlah bahasa  Indonesia yang lebih mudah dimengerti dalam melakukan transaksi.

4. Masukkan PIN ATM

Masukkan PIN ATM

Langkah berikutnya adalah memasukkan PIN ATM yang terdiri dari 6 digit angka. Ingatlah dengan baik PIN ATM yanng digunakan karena jika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali maka sistem akan memblokir kartu secara otomatis. Jika hal tersebut terjadi maka satu-satunya cara untuk membuka blokiran adalah dengan mengurusnya secara manual di kantor BNI.

5. Menu Penarikan

Menu Penarikan

Kemudian akan ditampilkan menu penarikan cepat yang berisi pilihan nominal penarikan uang. Pilihlah nomial uang yang ingin diambil dengan cara menekan tombol yang ada di samping pilihan tersebut.

6. Pilih Nominal Penarikan Uang

Pilih Nominal Penarikan Uang

Jika nominal uang yang diinginkan tidak tersedia pada pilihan yang disediakan, maka pilihlah Menu Lain, kemudian pilih Penarikan Tunai.

7. Masukkan Nominal Penarikan

Masukkan Nominal Penarikan

Setelah itu akan ada perintah untuk memasukkan nominal yang diinginkan secara manual melalui pinpad. Jika sudah selesai memasukkan angka yang diinginkan dengan lengkap, pilih Benar.

8. Pilih Sumber Dana

Pilih Sumber Dana

Apabila sudah menentukan nomnal uang yang dipilih, akan tertera pilihan sumber dana untuk penarikan. Sumber dana tersebut addalah Giro dan Tabungan. Untuk mengambil uang di ATM, pilihlah Tabungan.

9. Konfirmasi Pencetakan Struk

Konfirmasi Pencetakan Struk

Saat konfirmasi pencetakan struk akan ada pertanyaan untuk mencetak struk atau tidak. Jika ingin mencetak struk, pilih menu Ya, sedangkan jika tidak perlu mencetak struk. Pilih Tidak.

10. Tunggu Uang Keluar dari Mesin ATM

Tunggu Uang Keluar dari Mesin ATM

Setelah struk sudah tercetak, tunggu uang keluar dari mesin ATM. Tunggu beberapa saat, mesin akan menghitung uang dan mengeluarkan uang sejumlah yang dipilih tadi. Uang tersebut keluar melalui slot pengeluaran uang yang ada di bawah pinpad.

11. Konfirmasi Penyelesaian Transaksi

Konfirmasi Penyelesaian Transaksi

Langkah terakhir adalah konfirmasi pertanyaan “Apakah Anda ingin melanjutkan transaksi atau tidak?” Pilih Tidak jika tidak ingin melanjutkan transaksi dan tunggu kartu ATM keluar dari mesin ATM.

Demikian informasi mengenai cara menarik uang di gerai ATM BNI dari TutorBisnis.com. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi pembaca. Ikuti TutorBisnis.com untuk mendapatkan informasi terkini seputar bisnis, keuangan, dan investasi.

Saat ini masih menjadi mahasiswi Jurusan Akuntansi di salah satu Universitas di Indonesia. Sedang mendalami materi tentang entitas berdasarkan performa keuangan, pelaporan informasi keuangan organisasi, akuntansi manajerial, dll.
close
Shopee Promo