Cara Bayar Listrik Lewat ATM BNI

TutorBisnis.com – Bagaimana cara bayar listrik lewat ATM BNI? PLN telah bekerjasama dengan Bank BNI yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan PLN dan nasabah BNI dalam melakukan pembayaran tagihan listrik setiap bulan.

Kemudahan dalam pembayaran tagihan PLN yaitu nasabah BNI dapat membayar tagihan listrik melalui gerai ATM BNI. Sehingga pembayaran tagihan listrik tidak perlu dengan cara datang dan mengantri loket pembayaran PLN. Tinggal datang saja ke gerai ATM BNI yang telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

BACA JUGA: Cara Beli Token Listrik di Mandiri Online

Cara Bayar Listrik Lewat ATM BNI

Terdapat 2 jenis pembayaran listrik yang dapat dilakukan di ATM BNI, yaitu pascabayar dan prabayar. Masing-masing memiliki sitem yang berbeda, termasuk juga dengan cara pembayarannya.

1. Listrik Pascabayar

Pelanggan PLN lama biasanya masih menggunakan rekening listrik pascabayar. Bagi pelanggan listrik pascabayar wajib melakukan pembayaran tagihan setiap bulan dengan jumlah daya yang digunakan.

Jika pelanggan listrik pascabayar terlambat lmelakukan pembayaran tagihan, maka akan dikenakan denda bahkan aliran listrik dicabut oleh PLN. Karena itu pelanggan harus membayar tagihan listrik pascabayar tepat waktu. Apalagi sudah tersedia cara yang mudah dan cepat, yaitu cara bayar listrik lewat ATM BNI berikut ini:

  1. Datang ke gerai ATM BNI terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM BNI ke slot kartu dengan posisi benar.
  3. Masukkan 6 digit PIN dengan benar.
  4. Pilih menu Pembayaran, lalu pilih Listrik/Gas.
  5. Selanjutnya akan ditampilkan 2 pilihan menu, yaitu Tagihan PLN dan PLN Prabayar.
  6. Pilih Tagihan PLN.
  7. Setelah itu akan muncul informasi jika akan dikenakan biaya administrasi pembayaran PLN sebesar Rp. 3.000. pilih Lanjut.
  8. Masukkan 12 digit nomor ID pelanggan PLN dengan benar, lalu tekan YA.
  9. Kemudian akan ditampilkan jumlah tagihan dan biaya administrasi di layar monitor mesin ATM BNI. Periksa detail transaksi tersebut, jika sudah sesuai, pilih Bayar.
  10. Tunggu hingga transaksi pembayaran tagihan listrik berhasil diproses.
  11. Setelah pembayaran berhasil, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti pembayaran tagihan listrik telah dilakukan.
  12. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran yang sah jika terjadi permasalahan terkait pembayaran di kemudian hari.
  13. Ambil kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM BNI.

BACA JUGA: Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI

2. Listrik Prabayar

Pelanggan PLN yang menggunakan listrik prabayar juga dapat melakukan cara bayar listrik melalui ATM BNI. Perbedaan listrik prabayar dengan pascabayar adalah pembayaran yang dilakukan bukan berupa tagihan liistrik, tetapi berupa token listrik untuk pengisian ulang daya pada meteran listrik.

Pada pembayaran listrik prabayar melalui ATM BNI akan diberikan beberapa pilihan jumlah token listrik. Jika pelanggan listrik prabayar ingin melakukan pembayaran token melalui ATM BNI, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke gerai ATM BNI terdekat.
  2. Masukkan kartu ATM BNI ke slot kartu dengan posisi benar.
  3. Lalu masukkan 6 digit PIN dengan benar.
  4. Pilih menu Pembayaran, lalu pilih Listrik/Gas.
  5. Setelah itu akan ditampilkan 2 pilihan menu, yaitu Tagihan PLN dan PLN Prabayar. Pilih PLN Prabayar.
  6. Masukkan 12 digit ID pelanggan PLN dengan benar.
  7. Kemudian akan ditampilkan jumlah token untuk dipilih, antara lain Rp. 20.000, Rp. 50.000, Rp. 100.000, Rp. 200.000, Rp. 500.000, dan Rp. 10.000.000.
  8. Pilih jumlah token yang diinginkan.
  9. Selanjutnya pilih Bayar.
  10. Pastikan nama pemilik ID pelanggan PLN yang ditampilkan pada layar monitor mesin ATM sudah benar.
  11. Ketika pembelian token listrik sudah berhasil, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti pembelian token listrik dan tertera 20 digit angka untuk dimasukkan ke meteran listrik.
  12. Setelah selesai melakukan pembayaran token listrik, ambil kartu ATM sebelum meninggalkan gerai ATM BNI.
  13. Sesampainya di rumah atau di lokasi meteran listrik yang akan diisi ulang dayanya, masukkan 20 digit angka pada struk tadi ke meteran listrik. Setelah memasukkan semua nomor tersebut dengan benar, tekan tombol yang berwarna merah.
  14. Akan muncul tulisan BENAR pada meteran lsitrik tersebut dan secara otomatis daya (Kwh) akan bertambah.

Tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua mesin ATM BNI memiliki tampilan menu yang sama dan ada sedikit perbedaan. Hal yang paling penting adalah memilih menu Pembayaran lalu pilih menu Listrik dan tinggal ikuti saja instruksi berikutnya.

BACA JUGA: Cara Bayar Listrik Lewat ATM BCA

Demikian pennjelasan menngenai cara bayar listrik lewat ATM BNI. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya nasabah BNI yang ingin membayar tagihan listrik melalui ATM BNI.

Artikel Terkait

Cara Investasi Bitcoin

Kripa Rani Dewi Dasi

close
Shopee Promo