BTPN Jenius

TutorBisnis.com – Apakah kamu ingin membuka rekening tabungan dengan mudah? Sekarang kamu memiliki BTPN Jenius, dia dapat memahami keinginan dan kebutuhan kamu. kamu tidak perlu khawatir, dan tidak perlu menunggu lama di bank untuk menggunakan fasilitas dan fungsi rekening ini.

Pada kesempatan ini, TutorBisnis.com ingin mengulas lebih dalam tentang apa itu BTPN Jenius dan mengapa BTPN sangat cocok untuk anak muda yang memiliki kebutuhan finansial yang tak terhitung saat ini.

Tentang BTPN Jenius

Tentang BTPN Jenius

BTPN Jenius semakin populer di kalangan masyarakat. Keberadaannya dapat menyelesaikan berbagai kebutuhan finansial melalui kemudahan yang diberikannya. BTPN Jenius adalah kartu debit dengan berbagai fitur menarik dan inovatif.

Namanya saja sudah jelas menunjukkan bahwa kartu debit ini dikeluarkan oleh PT Bank BTPN Tbk. Selama penggunaan, kamu dapat menggunakan kartu fisik dan aplikasi yang dapat diinstal pada ponsel cerdas kamu.

Selain menggunakan smartphone untuk membuka rekening tabungan tanpa pergi ke bank, berikutnya kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya. Kini kamu dapat memanfaatkan berbagai fitur dan kemudahan aplikasi Jenius untuk mengelola keuangan kamu dengan cara baru.

Sejarah BTPN Jenius

Bagaimana Jenius mulai memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat di era digital? Aplikasi perbankan digital bernama Jenius pertama kali dirilis pada 11 Agustus 2016. Setelah 18 bulan pengembangan dan investasi, setidaknya Rp 500 miliar.

Jenius tidak hanya mengacu pada sistem pembayaran domestik, tetapi juga sistem pembayaran internasional. Artinya, kamu dapat menggunakan kartu Jenius kamu untuk semua jenis transaksi, tidak hanya di Indonesia.

Bagaimana cara membuat kartu Jenius?

cara membuat kartu Jenius

Saya sedang membuat kartu Jenius, tetapi tidak tahu cara membuatnya? Padahal, sangat mudah untuk membuat kartu debit ini. Mohon siapkan informasi pribadi dan KTP atau dokumen identitas lainnya. Namun, perlu juga memastikan koneksi Internet yang stabil agar proses pembuatan kartu berjalan tanpa masalah di Internet.

1. Unduh Aplikasi Jenius

Seperti kebanyakan aplikasi ponsel cerdas, kamu dapat menggunakannya dengan mengunduh dan menginstal Jenius di ponsel cerdas kamu. Pengguna Android dapat mengunduhnya dari Play Store, dan pengguna iOS dapat mengunduhnya dari App Store.

2. Masukkan Informasi Pribadi Kamu

Karena Jenius adalah aplikasi perbankan yang dikeluarkan oleh BTPN, informasi pribadi yang kamu masukkan harus sesuai dengan ID kamu. Jangan lupa untuk memasukkan alamat email dan nomor ponsel yang valid. Masukkan semua informasi dalam urutan yang ditampilkan di layar ponsel dan ikuti setiap langkah.

3. Aktivasi Akun

Upaya kamu mendapatkan kartu debit Jenius tidak hanya sampai pada tahap registrasi. Untuk menggunakan akun kamu, kamu harus mengaktifkannya dengan salah satu cara berikut:

A. Lakukan panggilan video dengan karyawan Jenius

Metode aktivasi ini adalah yang paling praktis. Cukup lakukan panggilan video dengan karyawan Jenius melalui aplikasi. Kamu tinggal memberikan ID dan KTP sebagai tanda verifikasi identitas kamu. Sayangnya, proses aktivasi dengan cara ini terbatas waktu. Yaitu dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam.

B. Datang ke Jenius Live

Jika kamu memilih opsi kedua, silakan pilih jenis lokasi yang paling dekat dengan tempat tinggal kamu atau lokasi kamu. Atau bisa ke cabang BTPN Jenius terdekat.

4. Dapatkan kartu ATM fisik

Setelah mengaktifkan akun melalui video call, Jenius akan mengirimkan kartu debit kamu ke alamat yang sesuai dengan informasi ID kamu. Waktu pengiriman berbeda. Tunggu saja sampai kartunya datang. kamu juga dapat melacak setelah menerima pemberitahuan dari Jenius mengenai proses pengiriman kartu debit kamu.

Jenis kartu BTPN Jenius

Jenis kartu BTPN Jenius

Salah satu keuntungan besar dari kartu debit Jenius adalah kamu dapat menggunakannya untuk fungsi yang sama seperti kartu kredit. Hal ini memungkinkan kamu untuk melakukan transaksi yang membutuhkan kartu kredit tanpa harus membuat kartu kredit. Penasaran?

Gunakan hingga 3 kartu jenius yang berbeda untuk membuat aktivitas keuangan kamu lebih praktis dan mudah. Setelah registrasi dan aktivasi, pengguna Genie akan menerima dua jenis kartu diskon: m-card dan e-card.

Kartu M adalah bentuk fisik dari kartu debit utama, dan kartu elektronik adalah kartu debit virtual. Itu terletak di fungsi pusat kartu dari aplikasi Jenius yang diinstal pada smartphone. Kartu fisik masih dikirim, tetapi kamu sebenarnya dapat menggunakan kartu elektronik.

1. m-Card

Kamu dapat menggunakan m-Card untuk memenuhi berbagai kebutuhan, seperti halnya kartu debit pada umumnya yang diterbitkan oleh bank. Kamu dapat menggunakannya untuk melakukan penarikan, pembayaran, atau transfer tunai di merchant yang menggunakan ATM atau BTPN Jenius.

Sebagai kartu Visa, kamu juga dapat melakukan pembayaran online dan offline di semua dealer Visa. Tidak hanya Rupiah, tetapi juga mata uang lainnya, seperti dolar AS dan dolar Singapura. Ini menarik, bukan.

2. Kartu Elektronik (e-Card)

Kamu dapat menggunakan kartu debit virtual atau kartu elektronik Jenius untuk meningkatkan pengalaman transaksi kartu debit kamu. Oleh karena itu, kamu dapat melakukan transaksi online dengan semua merchant Visa tanpa kartu kredit. Setelah kamu mengaktifkan akun kamu di aplikasi Jenius, kamu bisa langsung menggunakan kartu ini.

3. x-Card

Jadi apa itu x-Card? Apa bedanya dengan dua jenis kartu pertama? Sebagai kartu tambahan, x-Card memungkinkan pengguna mengelola biaya dengan mudah untuk kebutuhan tertentu (seperti transportasi). Karena ini adalah kartu debit fisik, dapat digunakan untuk menarik uang tunai.

kamu bisa mendapatkan kartu dengan warna favorit kamu, tersedia dalam 3 warna: hijau, biru dan ungu. Selain itu, aplikasi Jenius memungkinkan kamu menggunakan akun kamu untuk membuat hingga 3 kartu kapan saja.

kamu dapat memberikan salah satu x-Card kepada orang yang kamu cintai untuk memenuhi kebutuhan khusus. Kamu bisa memantau penggunaan kartu dari card center yang merupakan fitur dari aplikasi Jenius. kamu juga dapat menggunakan fungsi ini untuk mengubah batas transaksi atau memblokir kartu.

Fitur aplikasi BTPN Jenius

Fitur aplikasi BTPN Jenius

Masih tidak tertarik? Mungkin kamu perlu memahami fitur dan kelebihan Jenius agar tertarik menggunakan aplikasi perbankan unik ini. Ada beberapa fitur yang dapat meningkatkan keberadaan aplikasi kamu dan memastikan pengalaman dan kepuasan pengguna yang lebih baik. Fungsi apa saja yang tersedia? Ini adalah jawabannya!

1. Fungsi Tabungan Jenius

Ketika kamu menabung, ketika kamu bisa membiasakan diri dengan semua hal yang menghemat uang, kamu akan lebih termotivasi. Lebih suka tabungan atau deposito? Jika kamu ingin memastikan keduanya berfungsi dengan baik, ada beberapa fitur tabungan jenius yang dapat mewujudkan setiap impian.

A. Flexi Saver

Salah satu fitur favorit TutorBisnis.com di aplikasi Jenius adalah Flexi Saver. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan menarik dana secara fleksibel dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Flexi Saver menawarkan tiga jenis tabungan yang dapat digunakan lebih efektif. kamu bisa mencoba menggunakannya untuk dana darurat, penghasilan tambahan, atau keperluan lainnya.

B. Maxi Saver

Selain Tabungan, deposito juga menjadi pilihan banyak orang untuk menabung. Jenius memungkinkan kamu untuk memilih deposito berjangka yang paling kamu minati. Dengan fitur tabungan yang maksimal di aplikasi Jenius, kamu bisa mengatur simpanan di smartphone kamu.

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah kamu dapat dengan bebas mengelola simpanan kamu melalui aplikasi. Ketika deposit jatuh tempo, pokok dan bunga akan secara otomatis ditambahkan ke saldo aktif kamu.

2. Dream Saver

Ingin mempunyai 5 tabungan dalam satu waktu? Menyimpan uang atau menabung dapat dikatakan sebagai tindakan yang susah-susah gampang. Tidak semua orang bisa mengatur uang dengan bijak. Jika kamu termasuk orang yang selalu punya alasan untuk membelanjakan uang daripada menabung, cobalah cara baru untuk menghemat uang.

Ya, dengan cara ini, kamu dapat menghemat 2,5% bunga tahunan secara otomatis untuk semua kartu kamu. Penabung dapat dengan bebas menentukan nilai nominal kredit tabungan, jangka waktu simpanan, tanggal kedaluwarsa, dan jumlah simpanan yang akan disetorkan secara otomatis.

3. Moneytory

Kemudahan apa yang kamu harapkan dari aplikasi tabungan? Jika kamu ingin melihat riwayat keuangan bulanan dari akun besar, kamu dapat menggunakan fungsi Moneytory. Semua transaksi dirinci, jadi kamu bisa mengatur biaya tanpa perlu mencatat secara manual.

4. Akun Bisnis dan Bisniskit

Fitur yang dapat kamu nikmati untuk mendukung kreativitas dalam berbisnis adalah akun bisnis dan bisniskit. Kamu bisa mengakses akun ini dari aplikasi Jenius. Caranya adalah dengan membuat label $Cashtag baru, lalu kamu bisa mengaktifkan akun bisnis kamu.

Namun, untuk Bisniskit, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya. Aplikasi ini menyediakan manajemen inventaris dan transaksi sederhana untuk bisnis kamu. Selain itu, kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk memantau perkembangan bisnis kamu.

Keunggulan BTPN Jenius

Seperti halnya tabungan, BTPN Jenius memiliki daya tarik tersendiri. Ada banyak manfaat yang menunjang bagi pemilik akun.

1. Setoran pertama 0

Mengapa BTPN Jenius berbeda dengan rekening lainnya? Jika kamu biasanya harus menyetor sejumlah uang sebagai setoran pertama kamu, maka ini tidak berlaku dengan Jenius. Tidak ada setoran awal, jadi meskipun dana kamu habis, kamu dapat membuka rekening tabungan kapan saja.

2. Dapat digunakan sebagai kartu kredit

Tidak semua kartu debit berfungsi sebagai kartu kredit. Kartu debit Jenius dapat digunakan sebagai kartu kredit. Ini menyederhanakan segalanya dan mengurangi kerumitan. kamu tidak perlu khawatir untuk mengajukan kartu kredit atau menolak aplikasi CC kamu.

3. Dapatkan keuntungan dari sub-bel

Pengguna baru aplikasi Jenius mungkin belum memahami semua fitur yang tersedia, termasuk split bill. Padahal, fitur ini merupakan kelebihan menggunakan BTPN Jenius.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk berbagi faktur di ponsel cerdas kamu. Distribusi faktur dihitung secara otomatis. Pesanan kamu juga akan melacak status faktur sehingga kamu dapat mengetahui apakah faktur telah dibayar atau tertunda.

4. Keuntungan devisa

Bukankah semua transaksi dilakukan dalam rupiah? Jenius sangat memahami kebutuhan valuta asing pengguna. Selain Rupiah, kamu juga dapat menyesuaikan berbagai mata uang asing sesuai dengan kebutuhan kamu.

kamu dapat menautkan 7 opsi mata uang asing ke m-card kamu. Ini berarti kamu dapat segera memulai transaksi tanpa perlu konversi mata uang.

Kekurangan BTPN Jenius

Memiliki banyak kelebihan, dan juga memiliki beberapa kekurangan untuk melengkapi BTPN Jenius. Inilah sebabnya mengapa orang ragu untuk berubah menggunakan aplikasi Jenius.

1. ATM BTPN Terbatas

Keterbatasan ATM BTPN benar-benar merepotkan. Ini mempengaruhi transaksi yang harus diselesaikan. Jika ATM hanya di lokasi tertentu, mengakses lokasi tersebut dapat memakan waktu dan melelahkan.

2. Biaya Top Up Mahal

Account Jenius dapat dengan mudah mendanai akun tertentu. Sayangnya, biaya untuk akun ini tinggi. Jika kamu perlu topup akun DANA, ShopeePay, atau akun lainnya, kamu dapat topup dalam jumlah besar agar lebih murah.

3. Tidak ada rekening tabungan

Selain kartu kredit, ada kartu tabungan dan kartu debit, tapi sayangnya tidak ada buku besar atau buku tabungan atau rekening tabungan. Hanya gunakan fungsi yang disediakan untuk mengontrol perubahan akun melalui aplikasi. Jika pengguna Jenius tidak memiliki buku besar, misalnya membutuhkan bukti atau salinan buku besar, mereka mungkin mengalami masalah.

4. Investasi dan transfer valuta asing terbatas

Ingin berinvestasi dan memperdagangkan mata uang asing? Jenius menawarkan pilihan mata uang dalam jumlah terbatas. Hanya mata uang asing tertentu yang dapat digunakan.

5. Alamat Jenius BTPN

Sebagai salah satu bank di Indonesia, BTPN hadir di banyak tempat. Namun, untuk website Jenius BTPN, kamu dapat menelusuri website atau aplikasi tersebut. Buka aplikasi dan cari menu “Temukan Kami”, atau buka situs web dan cari menu Bantuan Jenius di bagian bawah dan pilih lokasi

Jenius BTPN berkantor pusat di Menara BTPN, Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No.Kav. 55-56, RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950..

Demikian informasi mengenai BTPN Jenius, termasuk jenis kartu, kelebihan dan kekurangannya. Apakah kamu tertarik untuk menggunakannya? Dengan berbagai perangkat dan fitur yang tersedia, tidak ada salahnya mencoba kartu debit dan kredit dengan satu kartu.

Tetap setia pada TutorBisnis.com dan dapatkan informasi keuangan, bisnis, dan investasi terkini. Kami harap informasi ini bermanfaat bagi kamu. Buat rekening tabungan Jenius dengan mudah.

Sebagai penulis di TutorBisnis. Hobi nyemil, gambar, jalan-jalan, dengerin musik, sama baca novel (apapun). Mahasiswi dari salah satu Universitas Negeri di Indonesia dengan Jurusan Perbankan. Saat ini sedang seru-serunya mendalami Ekonomi Pasar Modal, Manajemen Keuangan Bank, Reksadana, Manajemen Risiko Perbankan dan Pasar Modal, Ekonomi Lembaga Keuangan, dll.
close
Shopee Promo