Biaya Admin Transfer Lewat Alfamart

TutorBisnis.com – Alfamart adalah salah satu mini market yang telah dikenal oleh masyarakat luas yang menjual berbagai produk dan menyediakan layanan transaksi. Salah satu transaksi yang dapat dilakukan di Alfamart yaitu pengiriman uang atau transfer. Lalu berapa biaya admin transfer lewat Alfamart?

Layanan transfer di Alfamart tersebut mempermudah masyarakat yang belum memiliki rekening tabungan di bank untuk mengirim atau menerima uang transfer. Selain itu cara transfer di Alfamart sangat mudah.

Syarat Transfer di Alfamart

Jika tertarik untuk mencoba melakukan transfer di Alfamart, maka siapkan terlebih dahulu semua persyaratan yang dibutuhkan dalam proses transfer di Alfamart. Persyaratan tersebut yaitu:

  • Kartu identitas diri berupa KTP, SIM, atau Paspor.
  • Nomor handphone milik pengirim uang.
  • Nomor handphone milik penerima uang.
  • Uang tunai untuk dikirimkan.
  • Uang tunai untuk membayar biaya administrasi.

Cara Transfer di Alfamart

Cara Transfer di Alfamart

Apabila semua persyaratan tersebut telah disiapkan, maka proses pengiriman uang atau transfer di Alfamart dapat dilakukan. Berikut ini adalah cara untuk melakukan transfer di Alfamart:

  1. Datang ke Alfamart terdekat dengan membawa persyaratan yang telah disebutkan tadi.
  2. Sampaikan ke kasir jika ingin melakukan pengiriman uang.
  3. Selanjutnya kasir akan menyediakan formulir untuk pendataan.
  4. Berikan identitas yang dibutuhkan dalam proses pengiriman uang, yaitu nomor handphone pengirim uang dan nomor handphone penerima uang.
  5. Berikan uang tunai yang akan dikirimkan beserta biaya administrasi ke kasir.
  6. Kasir akan melakukan proses pengiriman uang tersebut.
  7. Tunggu hingga muncul SMS masuk yang berisi kode MTCN berupa 10 digit angka.
  8. Kasir akan memberikan struk bukti pengiriman uang telah dilakukan beserta kode MTCN untuk penerima uang. Simpan baik-baik struk tersebut dan jangan sampai hilang.
  9. Setelah itu berikan kode MTCN tadi ke penerima uang yang sudah dikirimkan melalui Alfamart.

Biaya Admin Transfer di Alfamart

Jumlah biaya admin transfer lewat Alfamart tergantung dari jumlah uang yang ditransfer. Jumlah minimal transfer di Alfamart adalah sebesar Rp. 10.000 dan maksimal sebesar Rp. 5.000.000 per transaksi.

Transfer di Alfamart dengan jumlah di bawah Rp 1.000.000 akan dikenakan biaya administrasi sebesarrp. 15.000 per transaksi. Jika jumlah uang yang ditransfer di atas Rp. 1.000.000, maka akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 25.000 per transaksi.

Memang biaya admin transfer lewat Alfamart lebih mahal dibandingkan transfer melalui rekening bank, tetapi cara transfer uang di Alfamart dapat menjadi solusi bagi pengirim atau penerima transfer yang tidak memiliki rekening tabungan di bank.

Cara Pengambilan Uang Transfer

Bagi penerima uang yang ditransfer di Alfamart, harus mengetahui cara untuk melakukan pengambilan uang tersebut. Berikut ini adalah cara pengambilan uang yang ditransfer di Alfamart:

  1. Datang ke Alfamart terdekat dengan membawa kartu identitas diri berupa KTP, SIM, atau Paspor yang masih berlaku beserta kode MTCN yang diberikan oleh pengirim uang.
  2. Sampaikan ke kasir jika ingin melakukan pengambilan uang yang telah dikirimkan melalui Alfamart.
  3. Berikan kode MTCN ke kasir untuk proses pengambilan uang.
  4. Tunggu proses pencairan uang dilakukan oleh kasir.
  5. Jika pencairan uang telah berhasil, kasir akan memberikan uang tunai dengan struk bukti penerimaan uang di Alfamart.

Perlu diketahui bahwa kode MTCN memiliki masa berlaku hingga 30 hari. Jika penerima transfer tidak kunjung melakukan pengambilan uang transfer tersebut di Alfamart hingga lebih dari 30 hari, maka uang tersebut akan kembali kepada si pengirim.

Demikian penjelasan mengenai biaya admin transfer lewat Alfamart. Semoga informasi tadi dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya yang ingin melakukan transfer tanpa menggunakan rekening bank.

Baca juga:

Content writer TutorBisnis.com. Lulusan mahasiswi Ilmu Ekonomi di salah satu Universitas di Indonesia.
close
Shopee Promo