Cara Mengatasi Lupa Password Transaksi BNI Mobile Banking

TutorBisnis.com – Bagaimana cara mengatasi lupa password transaksi BNI Mobile Banking? Karakter password BNI Mobile Banking yang cukup panjang menyebabkan nasabah lupa dengan password tersebut ketika melakukan aktivasi mobile banking BNI.

Password tersebut sangat penting karena transaksi dapat dilakukan hanya jika memasukkan password transaksi. Selain itu ada juga MPIN yang berfungsi sebagai kode keamanan ketika mengakses aplikasi BNI Mobile Banking. Fungsinya berbeda tetapi sama-sama bertujuan untuk menjaga keamanan saat bertransaksi dengan mobile banking BNI.

Fungsi Password Transaksi BNI

Password Transaksi berfungsi sebagai kata sandi pada otorisasi transaksi finansial menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking. Ketika nasabah bertransaksi akan diminta untuk memasukkan password transaksi yang bersifat rahasia. Hanya pemilik rekening yang bisa mengetahuinya, bahkan pihak bank juga dilarang mengetahui password yang dimiliki oleh nasabah.

Jika lupa dengan password tersebut dan kemudian terblokir, maka harus diganti supaya nasabah dapat melakukan transaksi menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking.

BACA JUGA: Cara Membuat ATM BNI

Cara Mengganti Password Transaksi

Cara untuk mengatasinya sangat mudah, yaitu dengan membuat password yang baru melalui aplikasi BNI Mobile. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi BNI Mobile yang terpasang di smartphone dan terhubung dengan jaringan internet yang stabil.
  2. Pilih menu Lupa MPIN/Passwor Transaksi yang berada di bawah laman aplikasi.
  3. Selanjutnya akan diminta untuk mengisi data, seperti User ID BNI Mobile, nomor kartu debit, dan lokasi negara. Setelah diisi, pilih Ya Kirim OTP.
  4. Kemudian akan ada SMS yang berisi kode OTP dari pihak bank BNI. Pastikan nomor handphone yang terhubung dengan BNI Mobile masih aktif dan tersedia cukup pulsa.
  5. Kembali ke aplikasi BNI Mobile lalu masukkan 6 digit kode OTP yang ada di SMS. Jika kode OTP sudah kadaluwarsa, klik Kirim Ulang Kode OTP.
  6. Setelah itu akan diminta beberapa perintah yaitu Buat MPIN, Konfirmasi MPIN, Buat Password Transaksi, Konfirmasi Password Transaksi. Buat MPIN sebanyak 6 digit angka dan password transaksi berupa kombinasi angka dan huruf minimal 8 karakter hingga maksimal 12 karakter. Pengguna harus mengganti MPIN dengan yang baru, tidak bisa menggunakan MPIN yang lama. Apabila seluruh data telah sesuai, pilih Simpan.
  7. Tunggu aplikasi BNI Mobile memproses permintaan tersebut hingga menampilkan notifikasi jika proses penggantian MPIN atau Password Transaksi sudah berhasil dilakukan. Akun BNI Mobile sudah dapat digunakan untuk bertransaksi kembali.

Demikian cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala lupa password transaksi BNI Mobile Banking. Cara tersebut juga berlaku untuk masalah password transaksi BNI terblokir karena salah memasukkan password sebanyak 3 kali berturut-turut.

BACA JUGA: Cara Membuat ATM BNI Syariah

Sebaiknya pengguna BNI Mobile merahasiakan password transaksi dari siapapun demi keamanan dan kelancaran proses transaksi berikutnya. Serta ingatlah untuk menyimpan atau mencatat password transaksi supaya kendala yang sama tidak terulang lagi.

Artikel Terkait